Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Akibat

Beragam Jenis Penyakit Kulit Karena Diabetes Melitus yang Harus Diwaspadai

Ada beberapa jenis penyakit kulit karena diabetes melitus yang sangat perlu diwaspadai kemunculannya oleh penderita penyakit DM. Perlu anda ketahui, bahwa penyakit kulit tidak hanya bisa diderita oleh seseorang yang sudah cukup lama menderita penyakit DM.

Anda yang belum lama menderita penyakit DM juga sangat beresiko menderita penyakit kulit. Selain itu, penyakit kulit yang muncul akibat penyakit diabetes melitus juga tidak bisa diremehkan begitu saja.

Karena beberapa jenis penyakit kulit karena diabetes melitus tersebut bisa memicu berbagai macam masalah lain yang lebih berbahaya jika tidak segera diatasi dengan benar.

Sudah tahukah anda mengenai apa saja jenis penyakit kulit karena diabetes melitus tersebut? Jika anda belum mengetahui mengenai apa saja jenis penyakit kulit yang dapat dialami oleh penderita DM tersebut, anda bisa mempelajarinya di sini.

Bapak Ibu

Jenis Penyakit Kulit Karena Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus memang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit kulit muncul. Berikut adalah beberapa jenis penyakit kulit yang bisa muncul akibat penyakit diabetes melitus tersebut:

  • Vitiligo

Penyakit Kulit Karena DiabetesVitiligo merupakan penyakit kulit yang disebabkan hilangnya pigmen kulit. Penderita penyakit ini biasanya mengalami pemudaran warna kulit di beberapa bagian tubuh. Penyakit kulit ini sering muncul pada penderita penyakit DM tipe 1.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui bahwa penyakit vitiligo bukanlah penyakit kulit yang mudah untuk diatasi. Sebaiknya anda harus lebih berhati-hati dengan penyakit ini.

  • Memar

Penderita penyakit DM tipe 1 juga sangat rentan mengalami masalah memar kebiruan di kulit. Hal tersebut bisa terjadi karena suntikan insulin sering mengenai pembuluh darah.

  • Hipertrofi insulin

Penderita penyakit DM tipe 1 juga sangat mudah mengalami masalah kulit hipertrofi insulin. Gejala dari munculnya masalah kulit ini adalah timbulnya penumpukan jaringan lemak di sekitar lokasi penyuntikan insulin.

Untuk mencegahnya, sebaiknya penyuntikan insulin tidak diberikan pada lokasi yang sama secara terus menerus.

  • Infeksi jamur

Infeksi jamur biasa diderita oleh penderita penyakit DM terutama di bagian sela-sela jari kaki. Untuk mencegahnya, sebaiknya jangan membiarkan kaki anda basah setelah mencucinya. Pastikan untuk mengeringkan kaki terutama sela-sela jari kaki.

  • Acanthosis nigricans

Bagi anda yang belum lama menderita penyakit DM tipe 2, anda juga perlu waspada dengan masalah kulit Acanthosis Nigricans. Masalah kulit tersebut ditandai dengan munculnya pigmen gelap di belakang leher dan juga ketiak.

Faktor Pemicu Munculnya Masalah Kulit Pada Penderita DM

Bagi anda yang tidak ingin menderita penyakit kulit karena diabetes melitus, maka anda juga perlu mengetahui sebenarnya apa saja faktor pemicu masalah kulit tersebut.

Menurut beberapa penelitian, ada beberapa macam faktor yang dapat memicu munculnya masalah kulit pada penderita penyakit DM. Berikut adalah beberapa faktor pemicunya:

  • Faktor komplikasi penyakit diabetes melitus

Bagi anda yang masih sulit mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh, maka anda perlu berhati-hati. Karena tingginya kadar gula darah di dalam tubuh akan memicu masalah komplikasi.

Komplikasi diabetes melitus tersebut juga dapat menyebabkan munculnya berbagai macam jenis masalah kulit.

  • Efek samping dari obat-obatan

Seorang penderita penyakit DM memang cenderung sering meminum berbagai jenis obat-obatan. Mulai saat ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai apakah obat-obatan yang anda minum memiliki efek samping yang dapat memicu munculnya berbagai macam masalah kulit.

Pengunjung juga mencari:

  • penyakit kulit yg biasa diderita pd orang diabet

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!