Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Gaya Hidup

7 Kebiasaan Penyebab Diabet yang Wajib Anda Hindari

Selama ini ternyata banyak orang yang salah menganggap bahwa faktor keturunan merupakan faktor penyebab diabet yang paling perlu diwaspadai. Faktanya, ada lebih banyak faktor lain yang dapat memicu penyakit diabetes melitus yang juga perlu anda waspadai.

Dari fakta tersebut, sebaiknya anda tidak lagi meremehkan penyakit diabetes melitus. Karena penyakit diabetes tersebut bisa diderita oleh siapa saja meskipun mereka tidak memiliki faktor genetik penderita DM.

Mengapa semua orang berpotensi menjadi penderita diabetes melitus? Karena ternyata penyakit diabetes melitus juga bisa muncul akibat penggunaan pola hidup yang tidak sehat.

Beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan setiap hari ternyata merupakan faktor penyebab diabet. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mulai mengurangi kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit DM tersebut.

Bapak Ibu

Apa saja kebiasaan buruk yang dapat memicu penyakit diabetes melitus tersebut? Baca selengkapnya di artikel ini.

Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penyebab Diabet

Inilah beberapa macam kebiasaan buruk yang telah dinyatakan sebagai faktor penyebab diabet yang perlu anda hindari:

  1. Bekerja terlalu keras hingga menyebabkan stres berat

Stres berat adalah salah satu hal yang sebaiknya anda hindari. Karena orang yang sering mengalami stres akan jauh lebih berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus.

Penyebab DiabetMengapa? Karena ketika anda mengalami stres berat, efeknya adalah produksi hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon kortisol ketika anda mengalami stres berat.

Padahal tubuh tidak hanya membutuhkan kortisol. Ada beberapa macam hormon lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti salah satunya adalah hormon insulin.

  1. Sering kurang tidur

Kurang tidur memang tampaknya tidak memiliki hubungan dengan munculnya penyakit diabetes melitus.

Namun jika dilihat lebih seksama, ternyata memang kurang tidur memberikan efek buruk yang dapat memicu munculnya penyakit diabetes melitus.

Ketika anda sering kurang istirahat, maka organ-organ yang ada di dalam tubuh bisa mengalami penurunan fungsi. Jika sampai organ pankreas yang mengalami penurunan fungsi atau bahkan sampai mengalami disfungsi, anda bisa menderita penyakit diabetes melitus karena tubuh kekurangan hormon insulin.

  1. Kurang olahraga

Kami mengetahui bahwa kebanyakan dari anda tidak memiliki waktu luang karena tuntutan pekerjaan. Namun jangan sampai anda kurang berolahraga. Karena kurang berolahraga dapat meningkatkan potensi anda untuk mengalami masalah obesitas.

Jangan remehkan masalah obesitas. Karena obesitas merupakan faktor pemicu penyakit diabetes melitus tipe 2 paling besar saat ini.

  1. Penggunaan pil pencegah kehamilan

Pil pencegah kehamilan sebaiknya juga tidak terlalu sering dikonsumsi. Karena di dalam pil pencegah kehamilan terdapat hormon estrogen dan juga progresteron yang dapat memicu kemunculan penyakit diabetes melitus.

  1. Terlalu sering minum minuman bersoda

Penyebab Diabet MelitusAnda yang sering meminum minuman bersoda sebaiknya mulai mengurangi atau bahkan tidak lagi meminum minuman tersebut.

Karena pemanis yang digunakan di dalam mayoritas minuman bersoda adalah pemanis yang sangat berbahaya. Terlalu banyak meminum minuman bersoda beresiko meningkatkan kemungkinan anda menjadi penderita diabetes melitus.

  1. Kurang vitamin D

Vitamin D ternyata tidak hanya baik untuk menjaga kekuatan tulang saja. Vitamin D juga dapat mencegah munculnya penyakit diabetes melitus.

Oleh sebab itu, jangan malas untuk berjemur di pagi hari ketika sinar matahari masih belum begitu terik.

  1. Terbiasa minum teh dan kopi manis

Kopi dan teh manis adalah minuman yang umumnya dikonsumsi di pagi hari. Tahukah anda bahwa terlalu sering meminum kopi dan juga teh manis dapat meningkatkan resiko anda untuk menderita penyakit diabetes?

Kurangi konsumsi gula pasir mulai dari sekarang. Karena gula pasir memang sudah dinyatakan sebagai pemanis yang berbahaya.

Jika saat ini anda belum menderita penyakit diabetes melitus, maka sebaiknya mulai hindari berbagai macam kebiasaan buruk penyebab diabet tersebut. Karena dengan menghindari semua kebiasaan buruk tersebut, anda memiliki kesempatan untuk terhindar dari menderita penyakit berbahaya satu ini.

Pengunjung juga mencari:

  • penyebabdiabet

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!