Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Gaya Hidup

Cara Praktis Melakukan Diet Untuk Diabetes

Diet untuk Diabetes – Penderita diabetes memang perlu melakukan diet guna mengontrol kadar gula darahnya. Hal ini mengingat di dalam tubuh penderita sudah tidak ada lagi yang bertugas mengontrol kadar gula darahnya. Penyebabnya adalah karena gangguan produksi insulin sehingga insulin yang dihasilkan jumlahnya berkurang. Sementara itu, insulin yang tersisa di dalam tubuh pun tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik akibat gangguan fungsi insulin yang terjadi.

Dengan dilakukannya diet diabetes, maka diharapkan upaya menjaga kestabilan kadar gula darah dapat berhasil maksimal selain juga melalui konsumsi obat dokter dan/atau pemberian insulin buatan. Namun perlu diingat bahwa pengobatan media yang diberikan tersebut hanya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah bukan mengatasi akar penyebab penyakitnya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa diet untuk penderita diabetes perlu dilakukan guna menjaga kestabilan kadar gula darah.

Diet Seperti Apa yang Perlu Dijalani?

Perbaiki pola makan agar mencegah kerusakan sel beta pankreasTerkait dengan pentingnya menjalani diet bagi penderita diabetes guna menjaga kestabilan kadar gula darah, mungkin sebagian anda berpikir bahwa penderita harus menjalani diet ketat. Memang diet ketat selalu identik dengan penderita diabetes. Namun maksud dari diet ketat yang harus dijalani bukanlah dengan mengurangi konsumsi makanan sampai pada porsi minim, namun lebih berarti pada pengaturan porsi makanan yang akan dikonsumsi.

Perlu diingat bahwa asupan makanan apapun akan dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Apalagi ditambah dengan adanya jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Tentunya usaha menjaga kestabilan kadar gula darah akan semakin sulit untuk dicapai, namun bukan tidak mungkin untuk dicapai.

Bapak Ibu

Diet diabet yang harus dijalani penderita nantinya hanya akan mengurangi porsi makanan jenis tertentu. Umumnya yang akan dikurangi porsinya adalah makanan-makanan dengan kandungan gula tinggi, termasuk juga di dalamnya buah-buahan dengan kandungan gula yang tinggi. Artinya diet ketat yang dijalani penderita nantinya tidak akan menyebabkan tubuh menjadi kehilangan banyak nutrisi.

Makanan Penurun Gula Darah

Guna mendapatkan hasil yang optimal dalam menjalani diet tersebut, perlu diketahui bahwa terdapat jenis makanan tertentu yang dapat menurunkan kadar gula darah tanpa mengurangi jumlah nutrisi yang dapat diperoleh tubuh. Berikut ini daftar makanan diet untuk diabetes yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Apel

Apel mengandung zat quersetin yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan juga diabetes. Karena kandungan zat inilah kemudian konsumsi apel dianjurkan pada penderita diabetes untuk membantu menurunkan kadar gula darahnya yang meningkat. Selain manfaatnya tersebut, secara umum memang buah apel baik dikonsumsi untuk kesehatan.

Jeruk

kandungan vitamin C pada buah jeruk ini terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh

kandungan vitamin C pada buah jeruk ini terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Buah jeruk dikenal karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Sementara itu, kandungan vitamin C pada buah jeruk ini terbukti dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat proses pemulihan. Karenanya konsumsi buah jeruk kemudian dianjurkan pada penderita diabetes guna membantu menstabilkan kadar gula darahnya dan juga memperbarui fungsi sel serta jaringan yang rusak.

Gandum

Gandum merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia timur. Sementara itu, sebagian besar masyarakat Indonesia lainnya mengkonsumsi nasi. Padahal nasi justru dapat meningkatkan kadar gula darah, apalagi jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karenanya konsumsi nasi pada penderita diabetes perlu dikurangi. Atau jika memang perlu, konsumsi nasi dapat digantikan dengan gandum yang kaya akan serat.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi tersebut, gandum akan dapat menjaga kestabilan kadar gula darah penderita. Selain itu, serat yang ada dalam gandum juga berfungsi membakar lemak berlebih yang justru akan mengurangi penimbunan lemak di dalam tubuh sehingga sensitifitas sel terhadap insulin dapat kembali ditingkatkan.

Beras Merah

Beras merah juga kaya akan serat dan nutrisi. Karenanya guna menjaga kestabilan kadar gula darah, penderita diabetes perlu mempertimbangkan konsumsi beras merah secara rutin untuk dietnya. Dengan begitu, kadar gula darah yang mendekati normal pun dapat segera diupayakan sehingga resiko komplikasi diabetes dapat dikurangi.

Brokoli

serat yang ada dalam brokoli juga terbukti mampu menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah Brokoli dan sayuran hijau lainnya memiliki kandungan nutrisi yang cukup guna memenuhi kebutuhan harian tubuh akan nutrisi. Selain itu, serat yang ada dalam brokoli juga terbukti mampu menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah tetap stabil. Karenanya konsumsi brokoli dan juga sayuran hijau lainnya sangat dianjurkan pada penderita diabetes  guna memperoleh kestabilan kadar gula darahnya kembali.

Mengkudu

Mengkudu memang dapat menurunkan kadar gula darah. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya mengkudu jenis terbaik mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang bukan hanya terbatas pada menurunkan kadar gula darah? Berdasarkan hasil penelitian terhadap buah mengkudu Tahiti (Noni) ditemukanlah kandungan suatu zat beserta ratusan senyawa lainnya yang dapat memperbarui kerusakan sel dan jaringan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan stamina dan mengoptimalkan kembali kerja pankreas.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut kemudian Tahitian Noni hadir sebagai salah satu obat herbal yang penggunaannya telah direkomendasikan oleh dokter-dokter di seluruh dunia. Karenanya konsumsi Tahitian Noni secara teratur merupakan solusi terbaik bagi anda dalam hal mengatasi berbagai penyakit, khususnya diabetes.

KLIK DI SINI Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Incoming search terms:

  • bagaimana cara diit ketat bagi penderita dm
  • makanan yg di anjurkan atau yg dikurangi pada penderita dm

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!