Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Gaya Hidup

Lakukan Olahraga Ini Untuk Penderita Diabetes

Jangan takut berolahraga ketika mengidap diabetes, justru penelitian membuktikan bahwa gerakan olahraga sangat membantu penderita diabetes agar terhindar dari komplikasi penyakit lain. Dengan rutin melakukan latihan, bisa menormalkan kadar gula darah. Ini merupakan bagian dari pengobatan disamping dengan mengkonsumsi obat-obatan.

Dengan berolahraga, massa otot terbentuk sehingga membantu menyedot kelebihan glukosa. Dalam keadaan normal, seharusnya glukosa diserap oleh sel sebagai sumber energy tetapi pada penderita diabetes, glukosa justru menumpuk, membuat tubuh terasa lemas. Olahraga tidak hanya membantu menormalkan gula darah tetapi juga memperbaiki kemampuan glukosa bisa diserap sel dengan baik.

Jenis Olahraga Untuk Penderita Diabetes

Ada tiga macam latihan yang cocok dilakukan penderita diabetes, yaitu:

senam diabetes1. Latihan senam.Senam adalah salah satu olahraga yang mudah dan menyenangkan. Apalagi sekarang sudah banyak tutorial senam yang bisa didownload dan dipraktekkan sendiri di rumah. Lakukan senam dengan pemanasan terlebih dahulu, kemudian gerakan inti, terakhir pendinginan. Olahraga ini harus rutin dipraktekkan seminggu tiga kali maksimal 30-45 menit.

2. Latihan angkat beban.

Penderita diabetes disarankan untuk melakukan latihan angkat beban. Alasannya untuk menambah massa otot. Peran otot ini sangat penting untuk membantu proses pembakaran lemak dan glukosa lebih mudah diserap oleh sel tubuh. Latihan angkat beban ada banyak jenisnya mulai dari sit up, push up, plank dan lain-lain. Angkat beban bisa dilakukan setiap hari atau setelah latihan senam maksimal 30 menit.

3. Latihan peregangan.

Latihan peregangan seperti stretching bermanfaat untuk melemaskan otot-otot yang kram dan kaku. Membuat tubuh rileks dan menghilangkan stress. Yoga merupakan salah satu jenis latihan peregangan yang direkomendasikan bagi penderita diabetes. Lakukan yoga setiap hari maksimal 30-45 menit. Pemula sebaiknya mencari gerakan yoga yang mudah untuk mulai menyesuaikan karena latihan ini membutuhkan kelenturan tubuh.

Petunjuk Sebelum Berolahraga

Bagi seorang penderita diabetes, olahraga sebaiknya jangan dianggap sebagai pengobatan melainkan bagian dari gaya hidup. Sudah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat olahraga adalah menghindari munculnya komplikasi penyakit lain. Oleh sebab itu, penderita diabetes harus disiplin mengatur waktu untuk berolahraga rutin setiap harinya.

Kegemukan merupakan musuh besar bagi penderita diabetes karena berat badan yang bertambah biasanya terjadi lonjakan gula darah yang tinggi dan aliran darah tidak mengalir lancar. Tetapi, pada saat akan berolahraga ada beberapa hal yang harus dilakukan penderita diabetes agar kegiatan olahraga ini berjalan aman dan lancar.

1. Olahraga dilakukan setelah makan dimana tubuh sudah memperoleh energi. Jangan lupa untuk mengecek terlebih dulu kadar gula darah. Caranya menggunakan alat tes yang kini sudah banyak dijual di apotik. Bila kadar gula darah melonjak drastic kurangi waktu berolahraga.

2. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Dari tiga jenis olahraga di atas pilih olahraga mana yang tidak membebani tubuh dan mudah dilakukan. Ada baiknya memulai olahraga dengan melakukan peregangan terlebih dahulu untuk menghindari cedera.

3. Bila tubuh Anda mulai merasakan pusing atau kelelahan segera berhenti. Minumlah jus jeruk atau minuman manis untuk meningkatkan insulin.

4. Minum air putih yang cukup. Jangan biarkan Anda terkena dehidrasi selama berolahraga yang justru akan meningkatkan gula darah.

5. Periksa tubuh Anda setelah berolahraga bila terdapat luka atau memar. Penderita diabetes rentan terhadap luka karena bisa menyebabkan infeksi.

Pola makan harus tetap dijaga yaitu makanan yang bergizi seimbang dan memiliki indeks glikemiks rendah. Bagi penderita diabetes, olahraga, pola makan adalah bagian pola hidup yang tidak bisa dipisahkan.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!