Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info Lengkap

Perkembangan Kasus Diabetes Melitus Di Indonesia

Kasus Diabetes Melitus di Indonesia – Kasus diabetes melitus ternyata tidak hanya ditemukan di negara-negara  maju. Di negara berkembang seperti Indonesia pun juga ditemukan kasus serupa dengan prevalensi yang semakin meningkat setiap tahunnya. Dengan prevalensi diabetes yang semakin meningkat setiap tahunnya, maka seharusnya upaya pencegahan terhadap penyakit gula darah ini semakin digalakkan. Hal ini karena penyakit tersebut dapat mengundang kehadiran berbagai macam penyakit yang lebih dikenal dengan istilah komplikasi diabetes.

Komplikasi diabetes yang muncul tentu saja berhubungan erat dengan adanya peningkatan kadar gula darah. Namun perlu diketahui bahwa peningkatan kadar gula darah bukanlah akar penyebab kencing manis. Peningkatan kadar gula darah hanyalah efek dari gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin yang terjadi di dalam tubuh penderita. Kedua akar penyebab diabetes inilah yang kemudian membuat metabolisme glukosa terganggu dan akibatnya kadar gula darah pun meningkat.

Di awal tadi telah dijelaskan bahwa penyakit diabetes dapat mengundang kehadiran berbagai macam komplikasi. Jenis komplikasi yang umumnya ditemukan pada penderita penyakit gula darah di Indonesia adalah sebagai berikut:

Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan merupakan salah satu bentuk komplikasi akibat diabetesGangguan penglihatan merupakan salah satu bentuk komplikasi akibat diabetes yang sering dikeluhkan oleh penderita. Awalnya penderita hanya mengeluh penglihatannya berkurang. Sebagai indikasi, biasanya penderita akan sering bergonta ganti kacamata. Pada tahap lanjut, gangguan penglihatan yang terjadi dapat menyebabkan kerusakan pada retina. Jika hal ini sampai terjadi maka penderita dapat mengalami kebutaan permanen. Kerusakan pada retina yang kemudian menyebabkan kebutaan permanen sudah tidak dapat diperbaiki lagi.

Bapak Ibu

Lain halnya ketika kerusakan retina yang terjadi masih tergolong ringan. Umumnya penanganan medis yang diberikan adalah dengan menggunakan teknik koagulasi. Cara ini terbukti efektif memperbaiki kerusakan pada retina yang masih tergolong ringan. Karenanya ketika kerusakan yang terjadi masih tergolong ringan, alangkah baiknya jika penderita melakukan pemeriksaan mata secara rutin untuk meminimalisir kerusakan retina yang lebih parah.

Nafsu Makan Berkurang

Nafus makan penderita kencing manis umumnya berkurang. Hal ini sebenarnya berhubungan dengan tubuh penderita yang kurang fit. Tubuh yang kurang fit memang cenderung berpengaruh terhadap nafsu makan seseorang. Penyebab utamanya adalah metabolisme tubuh yang terganggu. Perlu diingat bahwa ketika seseorang menderita penyakit gula darah, tubuhnya mengalami gangguan metabolisme glukosa, lemak dan juga protein.

Tubuh Menjadi Kurang Fit

Penderita diabetes seringkali tampak lemah. Bahkan mereka sendiri merasa tubuhnya menjadi kurang fit sehingga berpengaruh terhadap aktifitas hariannya. Tubuh yang kurang fit tersebut sebenarnya sangat dipengaruhi oleh jumlah nutrisi yang diperoleh tubuh. Sementara itu,  nutrisi yang dapat diperoleh tubuh dengan gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin yang terjadi semakin berkurang jumlahnya. Akibatnya tubuh menjadi lemas seolah tidak bertenaga.

Klik DI SINI Sekarang Juga untuk memiliki badan yang fit dan kembali bertenaga

Gangguan pada Ginjal

Gangguan pada Ginjal untuk penderita diabetesGangguan pada ginjal terjadi akibat banyaknya gula yang terbuang bersama dengan urin. Selain itu, gangguan pada ginjal juga dapat terjadi karena penyempitan pembuluh darah akibat kelebihan gula dalam darah. Gangguan ginjal yang dialami awalnya tergolong ringan. Namun jika tidak segera dideteksi dan mendapat penanganan yang tepat, maka gangguan yang terjadi akan semakin parah. Gangguan pada ginjal yang sudah sampai taraf akut dapat menyebabkan gagal ginjal, dimana ginjal sudah tidak dapat menjalankan fungsinya lagi dengan baik.

Ketika gagal ginjal terjadi, umumnya dokter akan menyarankan penderita untuk melakukan cuci darah. Hal ini dilakukan guna mengganti tugas ginjal. Namun bukan berarti cuci darah dapat menjamin fungsi ginjal akan kembali seperti sediakala. Cuci darah hanya dilakukan selama penderita belum mendapatkan cangkok ginjal untuk mengganti ginjalnya yang rusak.

Gangguan pada Jantung

Gangguan pada jantung umumnya terjadi akibat penyempitan pembuluh darah jantung. Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka gangguan pada jantung dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, biasanya sebelum terjadi gangguan pada jantung, penyempitan pembuluh darah yang terjadi dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ini menjadi salah satu bukti bahwa diabetes dapat mempertinggi resiko seseorang untuk terkena hipertensi.

Ulkus Diabetes

Ulkus diabetes atau gangren merupakan luka yang awalnya dapat dikategorikan sebagai luka biasa. Mengapa kemudian menjadi gangren? Penyebabnya tentu saja akibat peningkatan kadar gula darah penderita. Dengan banyaknya gula yang terakumulasi dalam aliran darah, maka secara otomatis akan dapat menyuburkan pertumbuhan bakteri dan jamur di area luka tersebut. Bakteri dan jamur inilah yang kemudian membuat luka yang awalnya ringan menjadi gangren atau borok.

Cegah Komplikasi Diabetes dengan Tahitian Noni

Pengobatan medis yang diberikan pada penderita kencing manis ternyata hanya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah. Sementara itu, kedua akar penyebab kencing manis belum tersentuh sama sekali. Alasan inilah kemudian yang menyebabkan penderita mulai melirik obat herbal. Memang khasiat obat herbal belum teruji secara klinis, tetapi obat herbal terbukti aman digunakan.

Jika memang anda tertarik untuk mencoba khasiat obat herbal yang ada untuk mencegah munculnya komplikasi atau bahkan untuk terbebas dari diabetes, maka pilihlah obat herbal yang sudah teruji secara klinis khasiatnya. Satu-satunya yang sudah teruji secara klinis adalah Tahitian Noni yang menggunakan mengkudu pilihan sebagai komposisinya. Karenanya pastikan jus buah mengkudu yang satu ini menjadi pilihan anda untuk mengatasi kencing manis yang anda derita.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan diabetes Anda Sekarang

Incoming search terms:

  • kasus diabetes
  • perkembangan penyakit diabetes
  • kasus penyakit diabetes melitus
  • kasus penyakit diabetes
  • kasus diabetes melitus
  • kasus DM secara lengkap
  • kasus diabetes militus
  • kasus diabetes melitus di indonesia
  • perkembangan pengobatan penyakit diabetes melitus
  • perkembangan penyakit diabetes melitus

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!