Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info Penting

Apa yang Harus Dipersiapkan Penderita DM yang Akan Bepergian Jauh?

Apakah benar penderita DM harus melakukan persiapan tertentu sebelum melakukan perjalanan jauh? Ya, untuk mencegah terjadinya masalah selama bepergian, penderita diabetes melitus memang harus melakukan persiapan.

Karena memang banyak penderita diabetes melitus yang mengalami masalah seperti peningkatan maupun penurunan kadar glukosa dalam darah ketika mereka bepergian. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada anda, maka sebaiknya lakukan persiapan sebelum bepergian.

Sudah tahukah anda mengenai persiapan penderita diabetes melitus sebelum bepergian? Bila anda memang masih belum mengetahui seperti apa persiapannya, maka anda bisa mempelajarinya di sini.

Beberapa Hal yang Perlu Dipersiapkan Penderita DM Sebelum Bepergian

Untuk menjaga agar penyakit diabetes melitus yang anda derita tidak menyebabkan berbagai macam masalah selama anda bepergian, maka sebaiknya anda mempersiapkan beberapa hal seperti:

Bapak Ibu
  • Obat-obatan dan suntikan insulin

Bawalah obat-obatan dan juga suntikan insulin jika memang anda penderita diabetes melitus yang membutuhkan suntikan insulin buatan. Pastikan untuk membawa obat dan suntikan insulin dalam jumlah yang lebih banyak dari yang dibutuhkan selama anda bepergian.

Hal tersebut akan memudahkan anda ketika anda tidak bisa pulang sesuai dengan waktu yang anda rencanakan. Anda tidak perlu kebingungan mencari obat atau suntikan insulin jika hal tersebut anda alami.

  • Alat pengukur kadar gula darah

traveling-with-diabetesPenderita diabetes melitus memang seharusnya lebih sering mengecek kadar glukosa darah selama bepergian. Karena dengan sering mengecek kadar glukosa, maka anda akan lebih mudah mencegah terjadinya masalah akibat penurunan atau peningkatan kadar gula darah.

Anda bisa memilih berbagai macam alat pengukur gula darah. Namun pastikan untuk membawa alat pengukur yang cukup praktis.

  • Makanan kecil yang mengandung karbohidrat

Karena ada kemungkinan tubuh anda mengalami kelelahan selama perjalanan jauh, maka disarankan juga untuk membawa makanan kecil yang mengandung karbohidrat. Karena makanan kecil tersebut bisa digunakan untuk menjadi penanganan pertama ketika anda mengalami hipoglikemia.

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Penderita DM yang Bepergian Jauh

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kesehatan bagi penderita diabetes melitus ketika bepergian jauh. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini secara disiplin:

  • Minum obat sesuai dengan jadwal yang disarankan oleh dokter. Jika anda penderita DM yang membutuhkan suntikan insulin buatan, suntikkan insulin sesuai dengan jadwal yang disarankan dokter.
  • Atur pola makan anda meskipun anda sedang bepergian. Karena dengan mengatur pola makan, maka anda akan lebih mudah mengontrol penyakit diabetes melitus.
  • Lakukan olahraga setidaknya selama 30 menit di fitness center yang ada di hotel tempat anda menginap. Namun jika tidak ada, anda bisa berolahraga ringan di sekitar lokasi hotel.
  • Jaga kebersihan kaki karena kemungkinan besar kaki anda lebih lembab dari biasanya ketika bepergian.
  • Pastikan untuk beristirahat. Jangan memaksakan tubuh anda karena jika sampai tubuh mengalami kelelahan, anda bisa saja mengalami hipoglikemia.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!