Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info Penting

Fakta Seputar Diabetes Dan Pengobatannya

Diabetes Dan Pengobatannya – Pemahaman sebagian besar masyarakat Indonesia akan diabetes dan pengobatannya bisa dibilang masih sangat kurang. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah penderita diabetes di Indonesia. Peningkatan jumlah penderita DM tersebut juga diperparah dengan kurangnya rasa kepedulian masyarakat akan bahaya penyakit diabetes. Jadi pemahaman akan diabetes dan pengobatannya sebenarnya bukanlah satu-satunya penyebab meningkatnya jumlah penderita diabetes. Meski demikian, pemahaman masyarakat memang ada baiknya segera ditingkatkan, baik melalui penyuluhan maupun cara lainnya. Salah satunya dengan membaca informasi yang kami bagikan berikut ini.

Mengenal Diabetes Lebih Dekat

Diabetes Dan PengobatannyaPenyakit diabetes merupakan penyakit gangguan metabolisme yang sifatnya progresif. Artinya penyakit ini akan terus berkembang, sehingga ketika penyakit tidak segera diatasi, dampaknya akan semakin  negatif bagi tubuh. Hal ini terjadi karena tubuh sudah tidak mampu lagi mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup serta menurunnya kepekaan sel terhadap insulin yang ada. Insulin sendiri merupakan hormon yang fungsinya membantu proses metabolisme glukosa di dalam tubuh, sehingga nantinya dapat terbentuk energi. Sementara itu, kepekaan sel terhadap insulin nantinya diperlukan untuk membantu meningkatkan kinerja insulin. Dengan kepekaan sel yang cukup tinggi, maka glukosa yang masuk ke dalam aliran darah nantinya dapat diserap kembali ke dalam sel, sebelum akhirnya diubah menjadi energi. Dari penjelasan singkat tersebut dapat diketahui bahwa berkurangnya sekresi insulin dan kepekaan sel terhadap insulin merupakan penyebab penyakit diabetes melitus. Keduanya kemudian akan memicu lonjakan gula darah yang cukup drastis. Jadi lonjakan gula darah yang dialami penderita sebenarnya bukanlah penyebab DM. Ia merupakan gejala diabetes yang harus segera diatasi dengan obat diabetes mellitus.

Beberapa Bentuk Pengobatan DM

Sesuai janji kami di awal artikel tadi, kali ini kami akan membahas mengenai diabetes dan metode pengobatannya. Berikut ini beberapa contoh metode pengobatan diabetes yang nantinya dapat diupayakan oleh penderita, sehingga harapannya penderita dapat memperkaya pemahamannya terkait diabetes dan metode pengobatannya.

 1.      Insulin Buatan

Bapak Ibu

Insulin buatan merupakan obat untuk diabetes yang umumnya digunakan untuk mengatasi diabetes tipe 1. Meski demikian, penderita diabetes tipe 2 nantinya juga dapat diberikan insulin buatan, khususnya bagi yang telah menderita penyakit tersebut lebih dari lima tahun.

 2.      Obat Hipoglikemik Oral

Obat hipoglikemik oral biasanya akan lebih sering diberikan pada penderita diabetes tipe 2. Pemberian obat ini nantinya juga disertai dengan anjuran untuk menerapkan pola makan sehat. pola makan sehat yang dimaksud salah satunya dapat ditempuh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat penderita diabetes dan menghindari hal hal yang menjadi pantangan diabetes melitus.

 3.      Jenis Pengobatan Lain

Selain menggunakan insulin dan obat diabetes oral, pengobatan DM juga dapat dilakukan dengan jalan transplantasi sel beta pankreas, operasi sedot lemak, penggunaan obat herbal dan metode akupunktur.

Incoming search terms:

  • seputar diabetes
  • seputar diabetes melitus
  • seputar diabetes miletus
  • seputar tentang diabetes

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!