Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info Penting

Inilah Obat Tradisional Penyakit Diabetes Melitus yang Sangat Direkomendasikan Oleh Dokter Senior

Pengobatan alternatif diabetes melibatkan banyak tanaman herbal seperti kunyit, labu putih, labu parang, cermai, sambiloto, pare, ginseng dan noni. Masyarakat pun lebih percaya terhadap khasiat obat tradisional yang tidak hanya ditujukan sebagai terapi diabetes saja.

Bahkan orang-orang di zaman dahulu mengandalkan tanaman herbal dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang muncul. Artikel ini akan membahas mengenai obat tradisional penyakit diabetes yang telah menjadi warisan dari nenek moyang.

Mengenal buah noni

Nama latin nya Morinda citrofolia atau disebut buah noni. Dalam bahasa Indonesia, noni dikenal dengan mengkudu. Siapa yang tidak kenal buah ini? Bau menyengat dan rasa yang tidak enak dimiliki oleh buah ini.

Namun khasiatnya sangat luar biasa. Bahkan bisa dikatakan bahwa buah ini mengandung manfaat bagi semua jenis penyakit. Berbagai suku bangsa mempercayai khasiat buah ini untuk terapi pengobatan.

Di setiap wilayah, buah noni dikenal dengan manfaatnya masing-masing, adalah:

  • Di kawasan Asia Tenggara, noni digunakan sebagai obat penyakit mulut serta gusi.
  • Di Kepulauan Karibia, noni disebut sebagai pohon penahan sakit. Karena fungsinya yang mampu meredakan rasa sakit akibat bengkak, patah tulang, keseleo dan demam.
  • Sementara masyarakat Filipina percaya bahwa noni sangat berfungsi sebagai pembersih usus sehingga perut terhindar dari parasit.
  • Masyarakat Melayu menggunakan noni sebagai obat gangguan ketika buang air kecil, batuk, diabetes serta pendarahan.
  • Untuk Myanmar, noni dimasak menjadi gulai dari buah yang muda. Sedangkan buah matang dimakan mentah-mentah bersama dengan garam.

obat tradisional penyakit diabetesBuah noni memiliki lebih dari 80 spesies dan tersebar di hutan tropik. Akan tetapi tidak semua buah noni memiliki khasiat yang sama dalam hal pengobatan diabetes. Karena hanya noni yang hidup di Kepulauan Polynesia saja yang mengandung nutrisi lengkap. Sebab, dulu kepulauan ini masuk ke dalam gugusan gunung api. Alam membentuk pulau ini kaya akan unsur hara, sehingga noni yang berupa pohon adaptogen menyerap sebanyak mungkin unsur hara

yang ada. Noni berkualitas tinggi ini digunakan masyarakat penghuni sejak 2000 tahun lalu sebagai bahan obat untuk berbagai penyakit. Noni sebagai obat tradisional penyakit diabetes melitus bukanlah tanpa alasan. Di tahun 1950-an, seorang peneliti bernama Dr. Ralph M. Heinicke, Ph.D., mempunyai suatu temuan bahwa noni mengandung 230 unsur bioaktif di mana 157 berupa super nutrisi (phyto Nutrisi), 11 vitamin, 17 asam amino esensial dan 11 mineral.

Apa sajakah manfaat dari buah noni?

Tanaman noni sangat mudah tumbuh di wilayah tropis. Ia dapat ditemukan di pekarangan rumah maupun pinggir jalan. Wujud dari buah noni adalah berwarna hijau ketika muda dan mulai memutih di saat sudah matang. Buah ini sangat mudah dikenali dari totol di sekujur kulit buah dan bau yang menyengat.

Noni ternyata tidak sekedar menjadi obat tradisional penyakit diabetes. Ia memiliki banyak khasiat di antaranya:

  • Meningkatkan daya tahan

Keseimbangan begitu sempurna di buah noni membuatnya sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

  • Mengurangi rasa sakit

Noni mengandung analgesik sebesar 75% dan berfungsi sebagai morfin sufat dalam mengurangi rasa nyeri. Khasiat ini telah terbukti empiris bahwa noni mampu mengurangi rasa sakit, nyeri sendi dan nyeri akibat sakit kepala.

  • Anti radang serta anti infeksi

Kandungan anti inflamasi pada buah noni dapat mencegah terjadinya peradangan serta menurunkan risiko terjadinya serangan jantung.

  • Anti bakteri

Buah noni mengandung senyawa skopoletin, terpana dan antrakuion yang berguna sebagai anti bakteri, anti jamur dan anti parasit. Kandungan zat ini sangat baik bagi kesehatan kulit serta pencernaan.

  • Mencegah kanker dan tumor

Senyawa methoxy dan trihydroxyanthraquinone di buah noni bermanfaat untuk menjaga sel tubuh dari kerusakan. Kedua senyawa tersebut juga sangat bermanfaat melawan sel kanker.

Buah noni sebagai obat tradisional penyakit diabetes

Secara klinis, telah dibuktikan bahwa kandungan buah noni sangat baik bagi penderita diabetes melitus semua tipe. Buah ini dapat menurunkan gula darah secara cepat. Selain itu adanya kandungan ProXeronine di buah Noni menjadi penyebab pulihnya sel beta pankreas yang mengalami kerusakan.

Di dalam tubuh manusia, ProXeronine diubah menjadi Xeronine di mana akan menyatukan peptide atau asam amino menjadi sebuah protein. Pada pankreas yang rusak, protein banyak terpecah. Nah, Xeronine mampu memperbaiki sel pankreas yang mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi di pankreas, tidak lain karena banyak sel penyusunnya yang mati. ProXeronine dalam buah noni dapat merevitalisasi sel penyusun organ pankreas tersebut dan membuatnya pulih kembali. Sedangkan pada kasus resistensi insulin, ProXeronine mampu meregenerasi sel tubuh sehingga tidak menolak insulin.

Obat tradisional penyakit diabetes melitus dari buah noni dapat anda temukan pada produk herbal Tahitian Noni. Dengan jus noni asli, anda akan mendapat manfaat buah noni secara utuh.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!