Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info Penting

Mengenal Penyakit Katarak Sebagai Akibat Gula Darah Tinggi dan Pencegahannya

Sudahkah anda mengetahui mengenai penyakit katarak sebagai akibat gula darah tinggi dan pencegahannya? Bila anda merupakan penderita penyakit diabetes melitus, maka anda wajib mengetahui mengenai mengapa seorang penderita penyakit diabetes sangat rawan menderita penyakit katarak tersebut.

Selain itu, jika anda sudah cukup lama menderita penyakit diabetes melitus, maka anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah agar jangan sampai menderita penyakit katarak.

Hal itu dikarenakan semakin lama seseorang menderita penyakit diabetes melitus, maka akan semakin tinggi pula resikonya untuk menderita penyakit katarak.

Apakah anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai penyakit katarak yang bisa muncul sebagai akibat gula darah tinggi dan pencegahannya? Jika anda memang tidak ingin menderita penyakit katarak, maka sebaiknya anda mempelajari mengenai hubungan penyakit katarak dan penyakit diabetes lebih lanjut di sini.

Bapak Ibu

Mengapa Penyakit Diabetes Melitus Beresiko Menyebabkan Penyakit Katarak?

Mungkin saja anda masih merasa bingung mengapa penyakit katarak bisa muncul disebabkan karena penyakit diabetes melitus.

Bila anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai penyakit katarak yang muncul akibat gula darah tinggi dan pencegahannya, maka anda bisa memulai dengan mempelajari apa hubungan antara penyakit katarak dan diabetes melitus tersebut.

Akibat Gula Darah Tinggi dan PencegahannyaPenyakit katarak dan penyakit diabetes melitus sebenarnya memiliki hubungan yang sangat erat. Karena penyakit diabetes melitus yang biasanya meningkatkan kadar gula di dalam darah dapat merusakkan berbagai macam organ penting di dalam tubuh, dan salah satu organ tersebut adalah organ mata.

Kadar gula darah yang terlalu tinggi lama kelamaan akan mengikis dinding pembuluh darah halus atau mikrovaskuler. Mikrovaskuler adalah pembuluh darah yang memberikan suplai darah ke organ mata.

Jika pembuluh darah tersebut mengalami kerusakan, maka organ matapun lama kelamaan akan mengalami kerusakan. Organ mata yang mengalami kerusakan akan menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan mata seperti salah satunya katarak.

Oleh karena itu, tidak aneh jika seorang penderita penyakit diabetes melitus terutama yang tidak mampu menjaga kadar gula darah beresiko menderita penyakit katarak.

Akibat Gula Darah Tinggi dan Pencegahannya Untuk Penyakit Katarak

Lalu jika memang penderita penyakit diabetes melitus rawan menderita penyakit katarak, adakah cara untuk mencegahnya?

Ada beberapa cara untuk mencegah munculnya penyakit katarak akibat penyakit diabetes melitus. Berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang bisa anda gunakan:

  • Kontrol kadar gula darah anda

Jika anda tidak ingin menderita penyakit katarak, maka mulai sekarang jagalah kadar gula darah anda dengan disiplin. Jangan biarkan gula darah anda meningkat tak terkendali.

  • Rutin memeriksakan kesehatan mata

Karena penderita penyakit diabetes melitus sangat rentan menderita gangguan mata, maka mulai sekarang sebaiknya andapun rutin memeriksakan kesehatan mata anda. Sebaiknya minimal 1 tahun sekali anda memeriksakan kesehatan mata di dokter mata.

Semoga setelah mengetahui informasi mengenai tingginya potensi seorang penderita penyakit diabetes melitus untuk menderita penyakit katarak akibat gula darah tinggi dan pencegahannya, anda bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!