Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info

Apakah Minum Terlalu Sering Dapat Memicu Diabetes?

Sebagian besar orang masih ada yang beranggapan bahwa minum air terlalu sering dapat menyebabkan diabetes. Benarkah anggapan tersebut? Anggapan tersebut memang perlu diluruskan mengingat penyebab diabetes bukanlah karena minum air terlalu sering. Penyebab kencing manis yang sebenarnya adalah gangguan produksi insulin, gangguan fungsi insulin atau gabungan dari keduanya. Jadi minum air terlalu sering bukanlah penyebab kencing manis.

Dalam artikel ini, Anda akan mendapat jawaban untuk pertanyaan pertanyaan berikut:

  • Mengapa penderita diabetes sering minum?
  • Apa efeknya bagi tubuh?
  • Bagaimana peranan air pada penderita diabetes?
  • Apa akibatnya jika penderita diabetes dehidrasi?
  • Dan masih banyak lagi

Air Dapat Mencegah Sekaligus Mengatasi Dehidrasi pada Diabetisi

Air secara umum dapat mencegah sekaligus mengatasi dehidrasi. Ini berlaku untuk penderita diabetes maupun non-penderita diabetes. Khusus untuk penderita diabetes dengan mengkonsumsi air, penderita akan dapat menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Hal ini sesuai dengan fungsi air itu sendiri yang merupakan zat pelarut.

Penderita diabetes sering mengalami dehidrasi akibat terlalu sering buang air kecil. Meningkatnya frekuensi buang air kecil pada penderita merupakan akibat dari meningkatnya kadar gula darah. Artinya semakin tinggi kadar gula darah, maka akan lebih banyak gula yang dibuang melalui urin. Guna mengencerkan urin yang akan dikeluarkan tersebut, tubuh akan secara otomatis menarik cairan yang dimilikinya ke dalam urin. Jika cairan tubuh terlalu sering digunakan untuk hal tersebut, maka tubuh akan semakin rentan untuk mengalami dehidrasi.

Bapak Ibu

Dehidrasi yang dialami penderita dapat berdampak negatif pada tubuhnya, sebab tubuh yang mengalami dehidrasi akan lebih cenderung menjadi kurang fit. Kondisi seperti ini tentunya dapat menghambat aktifitas harian penderita kencing manis. Karenanya kemudian diperlukan air dalam jumlah yang cukup guna mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut sekaligus mengatasi dehidrasi yang dialami.

Jadi kesimpulannya, sering minum air ternyata justru sangat bermanfaat dalam hal mencegah terjadinya dehidrasi pada penderita diabetes. Dengan kata lain, minum air terlalu sering bukanlah penyebab meningkatnya kadar gula darah.

Air Dapat Meringankan Kerja Ginjal

Fungsi dan peranan ginjal bagi tubuh sangatlah penting. Karenanya ginjal harus selalu dijaga agar tidak mengalami gangguan atau bahkan kerusakan. Namun gangguan dan bahkan kerusakan ginjal tersebut seringkali tidak dapat dihindari oleh penderita kencing manis. Mengapa bisa terjadi demikian? Perlu diingat bahwa tugas ginjal adalah mengeluarkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh bersama dengan urin.

Normalnya, urin yang dikeluarkan sifatnya encer. Namun ketika menderita diabetes, urin akan lebih pekat akibat kelebihan gula darah yang ikut dibuang bersama dengan urin. Kelebihan gula darah tersebut terpaksa disaring oleh ginjal dan dibuang lewat urin agar tidak mengganggu fungsi organ lainnya, seperti pembuluh darah. namun justru dengan menyaring kelebihan gula alam darah untuk dibuang lewat urin tersebut, ginjal menjadi sangat rentan mengalami kerusakan.

Guna mengurangi beban kerja ginjal, maka dapat disiasati dengan sering minum air. Air yang masuk nantinya akan mengikis kelebihan gula dalam darah, sehingga tugas ginjal dalam hal menyaring kelebihan gula dalam darah akan sedikit berkurang. Selain membantu melarutkan kelebihan gula dalam darah, air juga dapat melancarkan pengeluaran zat-zat yang bersifat racun hasil metabolisme keluar tubuh, sehingga zat tersebut tidak menumpuk di dalam ginjal.

Fungsi Air Dalam Hal Menjaga Suhu Tubuh

Sering minum air ternyata juga dapat menjaga suhu tubuh. Karenanya kebiasaan sering minum air hendaknya tidak dikurangi atau bahkan ditinggalkan, mengingat manfaatnya banyak sekali, baik bagi penderita diabetes maupun non-penderita. Khusus untuk penderita diabetes, fungsi air yang satu ini nantinya juga akan bermanfaat dalam hal mencegah dehidrasi.

Perlu diingat bahwa ketika suhu tubuh meningkat, maka pengeluaran cairan tubuh dalam bentuk keringat maupun urin akan semakin besar. Tujuannya memang menjaga suhu tubuh selain mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme. Namun jika hal tersebut terjadi terus menerus tanpa diimbangi dengan asupan cairan pengganti (air), maka dampaknya akan semakin meningkatkan resiko dehidrasi pada penderita.

Air Dapat Mencegah Gangguan Pada Pembuluh Darah

Seperti yang sudah pernah disinggung pada poin sebelumnya bahwa air dapat mencegah gangguan pada pembuluh darah, khususnya pada penderita diabetes yang mengalami kelebihan gula dalam darah. Kelebihan gula dalam darah tersebut nantinya akan dapat menyumbat jalannya aliran darah. Ketika aliran darah terganggu, maka tekanan darahpun meningkat. Kondisi ini disebut dengan hipertensi.

Intinya, ketika kelebihan gula darah menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah, maka penyumbatan yang terjadi akan memicu timbulnya masalah lainnya. Guna mencegah hal tersebut terjadi, maka minum air dalam jumlah yang cukup dapat membantu mengikis kelebihan gula dalam darah, sehingga pembuluh darah dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya.

Berapa Banyak Air yang Seharusnya Dikonsumsi Tiap Hari?

Sekalipun air sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, namun porsi juga harus diperhatikan. Segala sesuatu yang berlebihan juga tidak baik. Menurut American Diabetic Association, kebutuhan air bagi penderita diabetes pada umumnya sama dengan orang normal. Jadi sekitar 3 liter untuk pria dan 2.2 liter untuk wanita.

Jika penderita diabetes sudah terkena komplikasi yang cukup parah, seperti ginjal, dll maka jumlah air yang sebaiknya dikonsumsi adalah sesuai anjuran dokter (karena kondisinya bisa berbeda – tergantung masing masing kasus).

Cara Tepat Mengatasi Kelebihan Gula dalam Darah

Bagi penderita diabetes, pengobatan medis memang terbukti efektif dalam hal menurunkan gula darah. Gula darah memang bisa diturunkan, tapi tetap tidak stabil (naik turunnya drastis). Hal ini sangat berbeda dengan orang normal.

Dampaknya tentu kurang baik bagi pasien. Karenanya perlu diupayakan jenis pengobatan lain yang mampu menjaga kestabilan gula darah, sehingga tidak memicu terjadinya hipoglikemia.

Terkait dengan hal tersebut, saat ini sudah hadir produk kesehatan herbal Tahitian Noni yang sangat efektif dalam mengatasi diabetes sampai ke akar akarnya. Jadi ia tidak menyebabkan penurunan yang cukup drastis terhadap gula darah, sehingga tidak memicu hipoglikemia.

Tahitian Noni memulihkan fungsi sel beta pankreas dan membuat insulin dapat diterima tubuh dengan baik. Jika kedua hal ini terjadi pada penderita diabetes, maka mereka sudah bisa dinyatakan sembuh dari diabetes karena fungsi tubuh mereka sudah sama dengan orang normal. Jika kondisi tersebut sudah dicapai, maka penderita diabetes bisa lepas/bebas dari suntik insulin ataupun obat dokter.

KLIK DI SINI – Miliki Gula Darah yang Normal & Stabil Serta Bebas dari Obat Dokter

Pengunjung juga mencari:

  • air nira untuk diabetes
  • air putih untuk diabetes
  • bolehkah penderita diabetes minum air es
  • manfaat air putih untuk diabetes
  • gambar orang minum air putih
  • cairan tubuh pada penderita diabetes melitus
  • Apa bisa air putih bisa menetralkan gula dalam darah
  • Minum air aren yg gula darahx tinggi ngk apa2 kh
  • kenapa orang yang terkena kencing manis urinnya banyak jelaskan
  • pasien dm bisa bebas insulin
  • Apakah air dapat mengobati diabetes
  • Vegeta memicu gula darah
  • ap sj mampaat air aren untuk diabet
  • airputih menyembuhkan sakit gula
  • air yg baik untuk penderita gula
  • air putih menurunkan diabetes
  • air putih mencegah diabetes
  • air nira bhaya ngk buat diabet
  • air mineral buleh ke penyebab gula dlm darah
  • air es ubtuk penderita diabetes melitus

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!