Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info

Benarkah masalah obesitas penyebab diabetes melitus?

Benarkah masalah obesitas penyebab diabetes melitus? Seiring berkembangnya kemajuan teknologi membuat seseorang suka dengan hal yang instan. Mulai dari makanan hingga untuk aktivitas sehari-hari. Pola makan dan gaya hidup yang salah akan meningkatkan resiko penyakit yang kronis salah satunya adalah diabetes. Angka kejadian diabetes melitus, terutama jenis diabetes melitus tipe 2 saat ini semakin meningkat.

obesitas penyebab diabetes melitusTidak hanya di negara maju tapi juga negara berkembang seperti indonesia. Menurut dosen bidang ilmu bidang biokimia doktor desak madewi handani obesitas merupakan salah satu faktor resiko seseorang mengalami diabetes selain dipengaruhi faktor genetik. Doktor desak madewi handani saat ini terdapat dua tipe penyakit diabetes yakni diabetes melitus tipe 1 disebabkan oleh penyakit autoimun dimana tubuh seseorang membentuk anti bodi terhadap sel-sel beta pankreas yang menghasilkan insulin.

Insulin berfungsi menurunkan kadar gula seseorang. Diabetes tipe ini biasanya menyerang usia muda, sementara diabetes tipe 2 yang non insulin. Diabetes melitus biasanya menyerang orang dewasa diatas usia 30 tahun keatas. Diabetes ini disebabkan karena aktivitas dan diet seseorang walaupun genetik juga berperan. Orang yang beresiko terkena diabetes adalah mereka yang mengalami kegemukan atau obesitas yang angkanya meningkat tajam sampai saat ini.

Faktor-faktor resiko untuk orang yang mengalami diabetes adalah obesitas. Obesitas itu sekarang menjadi pandemi diseluruh dunia. Jadi angka obesitas itu meningkat tajam. Sementara obesitas itu menurunkan sensitivitas dari reseptor insulin ini sehingga tidak bisa bekerja sempurna jadi diabetes.

Bapak Ibu

Dengan meningkatnya angka obesitas maka angka diabetes juga akan meningkat. Jadi yang bisa kita lakukan di hulunya adalah meningkatkan aktivitas fisik dan menjaga diet ya pola makan. Meningkatnya angka obesitas saat ini seiring dengan angka penderita diabetes. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi obesitas dengan melakukan aktivitas fisik dan menjaga diet dan memperhatikan pola makan.

Angka obesitas turun akan menurunkan pola angka diabetes. Mulai dari sekarang kita wajib menjaga gaya hidup yang kurang sehat menjadi lebih baik. Agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!