Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info

Cara Mencegah Penyakit Diabetes Yang Mudah Dan Efektif

Cara Mencegah Penyakit Diabetes – Sebagai salah satu penyakit berbahaya yang belum ditemukan obatnya, sudah sewajarnya jika upaya mencegah diabetes mulai dilakukan sejak dini. Hal ini khususnya bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes karena mereka memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena diabetes dibanding mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga penderita diabetes. Namun hal ini bukanlah suatu jaminan bahwa mereka pasti akan terkena diabetes. Terbukti upaya mencegah diabetes melitus yang dilakukan sejak dini dapat mengurangi resiko tersebut.

Sebenarnya diabetes dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Karena itu resiko diabetes akibat keturunan maupun akibat non keturunan tidak dapat dijadikan patokan. Namun yang sangat mengejutkan justru adanya fakta bahwa pencegahan diabetes yang dilakukan sejak dini dengan cara yang benar dapat menurunkan resiko bahkan meniadakan resiko tersebut. Lalu apa sajakah yang perlu anda lakukan untuk menghindari diabetes? Berikut ini beberapa tips mencegah diabetes.

Lakukanlah Perubahan Pada Gaya Hidup Anda

Kurangi makan makanan instan guna Mencegah Penyakit DiabetesTips mencegah diabetes melitus yang perlu anda lakukan pertama kali adalah melakukan perubahan gaya hidup. Hal ini mengingat gaya hidup orang-orang pada umumnya cenderung pada gaya hidup instan dengan mengonsumsi makanan-makanan instan dan yang rendah nutrisi. Belum lagi kebiasaan merokok dan minum kopi.  Hal ini semakin diperparah dengan kurangnya aktifitas fisik yang dilakukan sehingga tubuh mengalami penumpukan lemak.

Dengan gaya hidup seperti ini tentu saja akan dapat memicu seseorang terkena diabetes jika tidak segera dilakukan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Apalagi jika orang tersebut mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes. Gaya hidup yang tidak sehat seperti yang telah disebutkan di atas akan sangat berdampak pada tingginya resiko diabetes sehingga menyebabkan orang tersebut semakin rentan terhadap diabetes.

Bapak Ibu

Karena itulah mengapa perubahan gaya hidup ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan. Usahakan untuk berhenti merokok karena merokok dapat merangsang penyempitan pembuluh darah yang dapat memicu stroke, penyakit jantung dan penyakit gangguan pernapasan. Biasanya kebiasaan merokok ini akan disertai dengan kebiasaan buruk lainnya yaitu minum kopi.

Kebiasaan minum kopi dapat meningkatkan jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh. Kafein berapapun jumlahnya dapat berbahaya sehingga lebih baik jika anda tidak minum kopi. Hal lain yang perlu dilakukan adalah memperbanyak konsumsi sayuran dan buah terutama sayuran berwarna hijau gelap dan buah berwarna kuning. Namun usahakan untuk selalu memilih sayuran dan buah organik untuk menghindari sisa pestisida masuk ke dalam tubuh.

Selain sayuran dan buah, konsumsilah gandum karena kandungan serat di dalamnya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan juga membantu metabolisme lemak di dalam tubuh. Hal ini tentu saja dapat mengurangi penimbunan lemak di jaringan tubuh sehingga resiko resistensi sel terhadap insulin juga dapat dikurangi.

Ubah Pola Makan Anda

Selain melakukan perubahan gaya hidup, perubahan pola makan juga perlu dilakukan. Usahakan untuk makan secara teratur. Hal ini untuk memastikan bahwa tubuh dapat menerima jatah nutrisi yang diperlukan. Pola makan yang tidak teratur tentunya akan sangat berdampak pada kinerja tubuh karena pola makan yang tidak teratur menghambat penyerapan nutrisi. Akibatnya tubuh tidak mendapat nutrisi sesuai jatah yang diperlukannya. Jika hal ini terjadi maka tubuh akan lebih rentan terhadap infeksi virus  maupun bakteri dan juga penyakit.

Berolahragalah Secara Teratur

penambahan aktifitas fisik diperlukan guna mengurangi resiko diabetes

penambahan aktifitas fisik diperlukan guna mengurangi resiko diabetes

Telah disebutkan sebelumnya bahwa penambahan aktifitas fisik diperlukan guna mengurangi resiko diabetes. Penambahan aktifitas fisik ini dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga secara teratur maka anda sudah membantu tubuh anda sendiri dalam hal membakar lemak sehingga penimbunan lemak berlebih dapat dicegah.

Selain membantu membakar lemak berlebih, olahraga teratur juga dapat membantu mempercepat tersampaikannya nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Hal ini tentu saja akan berdampak pada kinerja tubuh yang akan tetap dapat terjaga dengan baik dengan adanya asupan nutrisi yang tepat waktu. Karena itulah lakukanlah olahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit tiap sesinya.

Hindari Makanan Yang Dapat Memicu Diabetes

Makanan yang dikonsumsi ternyata juga dapat mempengaruhi resiko diabetes seseorang. Terbukti seseorang yang sering mengonsumsi makanan instan, makanan yang digoreng, makanan olahan pabrik dan makanan dengan kadar kalori rendah dan lemak tinggi lainnya, memiliki resiko lebih tinggi terhadap diabetes. Karena itulah ubahlah kebiasaan anda mengonsumsi makanan-makanan tersebut di atas yang dapat memicu diabetes. Gantilah dengan sayuran hijau dan buah yang berwarna kuning. Jika perlu konsumsilah gandum karena kandungan seratnya dapat membantu menstabilkan kadar gula darah.

=> Klik Di Sini agar gula darah Anda tetap stabil <=

Incoming search terms:

  • cara mencegah diabetes keturunan
  • cara menghindari diabetes keturunan
  • Hal apa sajakah yang perlu dilakukan untuk mencegah penyakit diabetes militus

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!