Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info

Faktor keturunan diabetes melitus, Ternyata Ini Penjelasannya

Faktor keturunan diabetes melitus, Ternyata Ini Penjelasannya. Konon kabarnya kalau orang tuanya memiliki riwayat diabetes maka anak – anaknya akan ada kecenderungan dengan diabetes. Bahkan ebook yang saya baca kalau ibunya terkena diabetes maka akan menurun ke anak laki – lakinya dan sebaliknya jika Ayahnya terkena diabetes itu akan akan menurun ke anak perempuannya. Benar gak ya ? coba kita tanya ke dokter samuel.

Jadi diabetes itu memeng benar di pengaruhi oleh faktor keturunan, jadi kalau orang tuanya itu menderita diabetes anaknya harus sudah hati – hati karena kemungkinan menurun ke anaknya cukup besar. Nah kalau faktor lingkungan itu sebenarnya faktor pola hidup, jadi pola hidupnya kalau dia baik walaupun dia punya faktor keturunan tidak keluar itu tipe diabetes tipe 2. Kalau dia diabetes tipe 1 itu dari kecil sudah kena, itu faktor keturunannya kuat

Kalau sudah terkena diabetes, dapat disembuhkan tidak?

Faktor keturunan diabetes melitusDiabetes itu tidak bisa sembuh tapi kadar gula darah di buat normal bisa dengan cara apa? Ya dengan mengatur pola makan. Makannya harus kita atur, jangan memilih bahan makanan yang dapat menaikkan kadar gula darah. Di samping itu pasien diabetes di wajibkan untuk berolahraga, jadi seorang yang sudah kena diabetes bisa di control kadar gula darahnya dengan jalan mengatur makan, olahraga kemudian baru ditambah dengan obat – obatan yang penting adalah penderita diabetes harus di beri kesadaran untuk melakukan perubahan pola hidup jadi dengan jalan seperti itu kadar gula darah terkontrol tetapi buat sembuh tidak mungkin karena begitu pola hidupnya kembali tidak benar gula darahnya akan tinggi lagi.

Bapak Ibu

Tapi pasti bukan hanya saya saja yang penasaran, Anda juga pasti penasaran bagaimana sih makanan yang boleh di makan dan mana yang tidak boleh dimakan oleh orang yang punya penyakit diabetes ? daripada kita menerka – nerka saya akan mengajak anda membaca buku yang di tulis oleh seorang ahli gizi dari rumah sakit haffa husada namanya rofiul a’la dalam buku itu dia menyebutkan ada beberapa katergori makanan yang harus di perhatikan oleh mereka yang menderita diabetes.

Bahan makanan yang perlu dihindari ketika diabetes

  1. Glukosa / karbohidrat
    pada intinya makanan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes adalah golongan karbohidrat diantaranya berbagai jenis gula murni, gula pasir, gula aren, gula merah atau gula batu.
  2. Olahan makanan kaleng
    buah kaleng, ikan kaleng, dendeng, atau makanan yang mengandung pengawet dan perasa kimia
  3. Hindari minum susu kental manis, susu full cream, ice cream dan creamer
  4. Kue manis seperti cake, tar dan sejenisnya
  5. Untuk buah bagi penderita diabetes tidak boleh makan buah yang rasanya manis, seperti mangga, manggis, nangka, sawo, rambutan, kelengkeng, durian, atau jeruk manis.

Bahan makanan yang diperbolehkan dengan jumlah yang sangat terbatas 100 gram persekali makan diantaranya segala bentuk olahan beras seperti nasi, lontong, bubur, ubi jalar, singkong, talas, kentang dan sagu serta mie, bihun, macaroni dan berbagai jenis tepung. Untuk sayuran bisa mengkonsumsi daun papaya, kacang panjang, wortel, buncis dan daun melinjo

Tidak semua bahan makanan harus dibatasi bagi diabetes, masih ada beberapa bahan makanan yang diperbolehkan dengan jumlah yang wajar diantaranya makanan berkarbohidrat kompleks. Misalnya beras merah, beras hitam, gandum atau sereal, daging ayam, sapi tanpa lemak, tahu, tempe, ataupun kacang merah kalau untuk buah- buahan bisa makan pisang semangka,salak, jambu biji, apel, belimbing, gedondong, atau jambu air. Yang suka dengan sayuran kamu bisa makan gambas, rebung, terong, papaya muda, kangkung, atau tauge.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!