Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info

Hasil Tanya-jawab Tentang Gejala Awal Diabetes

Gejala Awal Diabetes – Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit berbahaya. Hal ini karena tidak jarang penderita mengalami kematian dini akibat penyakit diabetes yang dideritanya. Kematian dini sebenarnya bukan karena parahnya penyakit yang diderita melainkan akibat komplikasi yang dipicu oleh diabetes.

Komplikasi yang dipicu oleh diabetes, umumnya muncul setelah menderita diabetes dalam jangka waktu yang lama. Bahkan resiko komplikasi akan meningkat jika diabetes yang diderita tidak mendapatkan penanganan yang tepat. Karena itulah mengapa pemahaman akan gejala munculnya komplikasi sangatlah penting guna mengurangi resiko diabetes. Namun alangkah baiknya jika pemahaman tersebut disertai dengan pemahaman akan gejala awal diabetes melitus sehingga resiko diabetes sekaligus resiko komplikasi akibat diabetes dapat dicegah. Lalu apa sajakah yang termasuk gejala diabetes awal?

Apakah Perlu Melakukan Pemeriksaan Kadar Gula Darah Ketika Sering Buang Air Kecil?

Apakah Perlu Melakukan Pemeriksaan Kadar Gula Darah Ketika Sering Buang Air KecilKetika ditemui gejala poliuri atau sering buang air kecil, terutama pada malam hari dengan jumlah urin yang dikeluarkan sangat banyak, maka pemeriksaan kadar gula darah perlu dilakukan. Hal ini guna mengetahui dengan pasti apakah gejala tersebut merupakan gejala awal diabetes.

Umumnya poliuri memang identik dengan penderita diabetes. Hal ini mengingat tingginya kadar gula darah akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan kelebihan tersebut melalui urin. Mengapa hal ini terjadi? Perlu diketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi harus selalu diimbangi dengan jumlah insulin yang cukup.

Bapak Ibu

Insulin merupakan hormon yang disekresikan oleh sel beta pankreas. Insulin berfungsi dalam proses metabolisme gula sehingga nantinya gula dapat diserap dan dimanfaatkan oleh sel sebagai energi untuk beraktifitas maupun sebagai cadangan makanan. Sayangnya akibat sesuatu hal, tubuh tidak memperoleh jumlah insulin yang dibutuhkan untuk mencerna gula sehingga gula pun tetap berada di dalam darah. Inilah yang menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Penyebab kadar gula darah umumnya ialah karena rusaknya sel beta pankreas dan resistensi sel terhadap insulin. Rusaknya sel beta pankreas yang merupakan penghasil utama insulin bagi tubuh akan menyebabkan terhentinya produksi insulin di dalam tubuh sehingga insulin yang dihasilkan berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Sementara itu, akibat resistensi sel terhadap insulin, gula tidak dapat diserap oleh sel sehingga gula tetap berada dalam aliran darah. Padahal di dalam tubuh insulin dapat diproduksi dalam jumlah yang cukup guna membantu metabolisme gula. Namun akibat resistensi sel terhadap insulin, kerja insulin sebagai pembuka gerbang sel menjadi terhambat.

Rasa Cepat Lapar Haruskah Selalu Dianggap Gejala Awal Diabetes?

Rasa cepat lapar dengan disertai porsi makan yang meningkat harus selalu diwaspadai sebagai salah satu gejala awal diabetes. Mengapa demikian? Hal ini mengingat tingginya kadar gula darah seseorang akan memaksa tubuhnya untuk membuang kelebihan gula tersebut melalui  urin. Padahal gula yang dihasilkan dari makanan seharusnya diubah menjadi energi dan cadangan makanan yang dapat digunakan oleh tubuh untuk menunjang aktifitasnya.

Rasa Cepat Lapar Haruskah Selalu Dianggap Gejala Awal Diabetes

Rasa Cepat Lapar Haruskah Selalu Dianggap Gejala Awal Diabetes?

Akibat tidak adanya jumlah insulin yang cukup dan/atau resistensi sel terhadap insulin, maka proses metabolisme gula di dalam tubuh menjadi terhambat. Hal ini berkaitan dengan tugas dan fungsi insulin sebagai pembuka gerbang sel. Akibat terhambatnya proses metabolisme gula, maka gula tidak dapat masuk ke dalam sel sehingga gula pun tetap berada dalam aliran darah.

Seperti yang telah disinggung di awal tadi  bahwa kelebihan gula dalam darah akan dibuang tubuh melalui urin. Akibat dibuangnya gula bersama urin ini maka tubuh akan mengalami malnutrisi. Tubuh yang kekurangan nutrisi akan mengirimkan pesan rasa lapar ke otak sehingga penderita pun merasa lapar. Otak sebagai pusat saraf meneruskan pesan lapar tadi ke otot yang nantinya akan membuat penderita melakukan reaksi terhadap rasa lapar yang ia rasakan, yaitu dengan cara makan dalam jumlah yang banyak.

Bagaimana Dengan Rasa Lemas? Apakah Juga Termasuk Gejala Awal Diabetes?

Rasa lemas dan tidak bertenaga yang dikeluhkan penderita merupakan akibat dari malnutrisi dan dehidrasi. Tubuh yang mengalami malnutrisi dan dehidrasi secara otomatis akan mengalami disfungsi. Hal ini juga terjadi pada organ-organ yang ada di dalamnya. Sehingga tidak heran jika penderita akan merasa lemas dan tidak bertenaga.

Ketika menemui gejala ini, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah agar dapat diketahui apakah gejala yang dikeluhkan merupakan salah satu gejala awal diabetes. Hal ini guna mengurangi resiko diabetes maupun komplikasi. Karena hanya melalui pemeriksaan kadar gula darahlah diabetes baru bisa dideteksi.

Mengingat dengan mengenali gejala awal diabetes, anda sudah dapat mengurangi resiko diabetes sekaligus resiko komplikasi maka tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak mengenali gejalanya sejak dini.

Klik Di Sini agar gula darah Anda tetap stabil

Pengunjung juga mencari:

  • pertanyaan tentang diabetes melitus tipe 2
  • pertanyaan tentang diabetes melitus
  • yhsm-plushome_001
  • pertanyaan tentang diabetes
  • pertanyaan diabetes melitus
  • cepat lapar gejala apa
  • tanya jawab diabetes melitus
  • pertanyaan seputar diabetes melitus
  • pertanyaan diabetes
  • pertanyaan tentang penyakit dm
  • petanyaan antidiabetes
  • pertayaan tentantang antidiabetes
  • pertanyaan untuk penyakit diabetes
  • pertanyaan ttg penyakit DM
  • pertanyaan tentang gula darah
  • pertanyaan tentang diabetes militus
  • diabetes melitus pertanyaan
  • pertanyaan penykt dm
  • pertanyaan seputar DM II
  • Pertanyaan pertanyaan mengenai penyakit diabetes melitus tipe 2\

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!