Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Info

Pengertian Diabetes Mellitus – Pahami Definisinya, Kenali Gejalanya dan Temukan Solusi Yang Tepat

Pengertian Diabetes Mellitus – Sebagian besar orang hanya tahu pengertian diabetes, tetapi mereka tidak tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai esensi penyakit diabetes. Hal inilah yang perlu diluruskan mengingat bahaya penyakit diabetes. Ketahuilah bahwa diabetes dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Karena itulah pemahaman akan pengertian diabetes melitus yang diikuti dengan pemahaman secara lebih detil akan penyakit kiranya akan sangat bermanfaat sekali dalam menekan resiko diabates.

Pengertian penyakit diabetes ialah gangguan metabolisme tubuh dalam proses metabolisme gula yang menyebabkan gula gagal diserap dan dimanfaatkan oleh sel. Banyak hal yang dapat memicu timbulnya diabetes pada seseorang yang diketahui lewat kadar gula darahnya yang meningkat tajam. Hal yang paling umum yang ditengarai sebagai faktor pemicu diabetes adalah penimbunan lemak di daerah yang dekat dengan pankreas.

Selain penimbunan lemak, faktor keturunan juga dapat mempertinggi resiko seseorang terserang diabetes. Sebagai orang yang mempunyai riwayat keluarga penderita diabetes mungkin anda merasa khawatir dengan resiko tersebut. Jika demikian halnya, hendaknya dilakukan perubahan gaya hidup, pola makan dan olahraga yang teratur untuk memperkecil resiko anda terserang diabetes nantinya. Hal ini mengingat faktor resiko diabetes akibat keturunan terbukti dapat dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup, pola makan dan penambahan aktifitas fisik seperti halnya olahraga teratur.

Gejala Diabetes

Gejala diabetes yang umumnya dijumpai meliputi sering buang air kecilGejala diabetes yang umumnya dijumpai meliputi sering buang air kecil, rasa lemas, penurunan berat badan, cepat haus dan cepat lapar. Penyebab dari timbulnya gejala-gejala tersebut hanya satu yaitu tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula darah yang meningkat tersebut direspon oleh tubuh dengan cara mengeluarkannya lewat urin sehingga mengakibatkan penderita kehilangan banyak cairan atau dehidrasi.

Bapak Ibu

Gula yang dibuang bersama dengan urin tersebut sebenarnya berfungsi sebagai energi dan cadangan makanan bagi tubuh. Namun karena kerusakan sel beta pankreas sebagai penghasil utama insulin di dalam tubuh dan atau terjadinya resistensi sel reseptor insulin terhadap insulin, gula yang dihasilkan dari makanan tidak dapat diserap dan dicerna oleh sel. Akibatnya tubuh mengalami kekurangan zat-zat makanan atau nutrisi. Hal ini merupakan alasan mengapa penderita akan mengalami penurunan berat badan dan cepat merasa lapar.

Tipe dan Jenis Diabetes

Diabetes tipe I dan tipe II merupakan jenis diabetes yang paling sering dijumpai. Namun bukan berarti tidak adanya kemungkinan bagi seseorang untuk terserang diabetes tipe khusus dan diabetes kehamilan. Intinya perubahan gaya hiduplah yang dapat mengurangi resiko diabetes.

Diabetes tipe khusus belum diketahui penyebabnya namun ditengarai disebabkan oleh penyakit pada pankreas, infeksi, penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang lama, tubuh yang terpapar bahan kimia dan gangguan endokrin lainnya. Berbeda dengan diabetes tipe khusus, diabetes kehamilan hanya terjadi pada ibu hamil dan biasanya resiko ini meningkat pada ibu hamil yang sebelumnya pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg.

Diabetes tipe I diakibatkan oleh rusaknya sel beta pankreas yang merupakan penghasil insulin utama bagi tubuh. Dengan rusaknya sel beta pankreas, tubuh tidak lagi mempunyai insulin untuk membantu proses metabolisme glukosa yang dihasilkan dari makanan. Akibatnya glukosa tetap berada dalam darah sehingga kadar gula dalam darah menjadi meningkat.

Diabetes tipe II diakibatkan oleh adanya reaksi penolakan sel terhadap insulin yang ada. Reaksi penolakan ini dikenal dengan istilah resistensi insulin yang mana karena sesuatu hal sel reseptor insulin menjadi resisten terhadap insulin sehingga glukosa tidak dapat masuk dan dicerna oleh sel. Perlu diingat bahwa insulin disini berfungsi sebagai pembuka gerbang sel. Ketika sel penerima insulin mengalami resistensi, insulin sendiri akan kesulitan dalam melakukan fungsinya sebagai pembuka gerbang sel sehingga glukosa tidak dapat diserap oleh sel tersebut.

Akar Permasalahan Diabetes

Akar permasalahan diabetes terletak pada pankreasAkar permasalahan diabetes sebenarnya terletak pada ketidakmampuan sel beta pankreas dalam memproduksi insulin. Hal ini terjadi pada diabetes tipe I. Pada diabetes tipe II, akar permasalahannya justru terletak pada resistensi sel terhadap insulin. Dengan mengetahui akar permasalahan diabetes tersebut diharapkan penderita dapat menemukan solusi yang tepat untuk menuntaskan akar permasalahan diabetes tersebut sehingga ia dapat mengurangi ketergantungan terhadap insulin buatan maupun obat dokter.

Pengobatan Medis Bagi Penderita

Sebagai upaya untuk menstabilkan kembali kadar gula darah yang meningkat drastis, dokter akan memberikan suplai insulin dari luar tubuh pada penderita diabetes tipe I sedangkan pada penderita diabetes tipe II hanya akan diberikan obat. Fungsi utama pemberian insulin pada penderita diabetes tipe I ialah menggantikan insulin yang seharusnya diproduksi oleh sel beta pankreas yang rusak. Pada diabetes tipe II, pemberian obat dimaksudkan untuk meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin yang ada.

Sebagian besar dari anda mungkin menganggap bahwa pemberian insulin buatan dan obat merupakan suatu upaya penyembuhan bagi penderita diabetes. Kenyataannya kedua upaya tersebut hanya mampu memberikan efek sembuh sementara bagi penderita sehingga nantinya penderita akan bergantung pada pemberian insulin buatan maupun obat dokter yang sebenarnya tidak menuntaskan akar permasalahan diabetes.

Kemungkinan Penderita Untuk Sembuh

Kemungkinan penderita untuk sembuh kecil sekali jika hanya bergantung pada pemberian insulin buatan maupun obat dokter, apalagi jika hal tersebut tidak diimbangi dengan perubahan gaya hidup, pengaturan pola makan dan penambahan aktifitas fisik. Perlu diingat bahwa pemberian insulin buatan maupun obat dokter tidak akan menuntaskan akar permasalahan diabetes meskipun keduanya berhasil menunjukkan efek positif. Namun ketahuilah bahwa efek tersebut hanya bersifat sementara.

Metode Efektif Untuk Menuntaskan Akar Permasalahan Diabetes

Karena ketidakefektifan upaya medis dalam menyelesaikan akar permasalahan diabetes, metode pengobatan diabetes lain sangatlah diperlukan. Obat penyakit diabetes ini sebenarnya sudah ditemukan sejak beratus tahun yang lalu namun sayangnya penggunaannya hanya terbatas pada kalangan tertentu sehingga khasiatnya pun tidak diketahui secara luas.

Namun dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, telah dilakukan riset ulang terhadap obat diabetes tersebut dan hasilnya secara klinis menunjukkan efek positif. Hal ini karena obat tersebut dapat merangsang sel beta pankreas untuk bekerja normal kembali sekaligus meningkatkan sensitifitas sel terhadap insulin sehingga nantinya penderita dapat mengurangi ketergantungannya terhadap pemberian insulin dari luar tubuh dan pemakaian obat dokter.

Klik Di Sini untuk mencabut akar penyebab diabetes Anda

Incoming search terms:

  • arti penggunaan obat pada diabetes melitus
  • gambar sel beta pankreas yang rusak

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!