Terapi Terbaik untuk Mengatasi Diabetes Melitus

Madu Dan Diabetes – Tidak Semua Madu Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah

Madu sudah lama dikenal sebagai obat herbal yang karena khasiatnya dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, konsumsi madu akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Terkait dengan hal ini, sebagai penderita diabetes mungkin anda akan bertanya apakah penderita diabetes juga boleh mengkonsumsi madu? Bukankah kandungan gula dalam madu justru dapat meningkatkan kadar gula darah penderita?

Konsumsi madu pada penderita diabetes memang mengundang kontroversi. Hal ini mengingat madu dengan kandungan gulanya ditengarai dapat meningkatkan kadar gula darah penderita. Namun apakah memang demikian halnya? Berdasarkan hasil penelitian Waili ternyata madu tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Namun perlu dibedakan bahwa madu yang diteliti oleh Waili dalam penelitiannya yang hasilnya juga telah dipublikasikan dalam The Journal of Medical Food pada tahun 2004 adalah madu murni.

Konsumsi Madu dan Anjuran Untuk Selalu Menjaga Kestabilan Kadar Gula DarahMadu murni adalah jenis madu yang kandungan gulanya murni berasal dari madu itu sendiri. Artinya rasa manis madu bukan berasal dari campuran pemanis lainnya, seperti halnya gula buatan. Lain halnya dengan madu buatan yang rasa manisnya selain berasal dari madu itu sendiri juga berasal dari gula buatan. Madu buatan inilah yang seharusnya dihindari oleh penderita diabetes guna menjaga agar kadar gula darahnya tetap mendekati normal.

Konsumsi Madu dan Anjuran Untuk Selalu Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Penderita diabetes harus selalu menakar kadar gula darahnya. Karenanya diet ketat pun perlu dijalani guna menjaga agar kadar gula darahnya dapat selalu mendekati normal. Karenanya konsumsi madu mungkin memang seharusnya dibatasi. Hal ini terkait dengan fakta bahwa tidak semua madu yang ada itu sama khasiatnya. Apalagi ditambah dengan adanya madu campuran. Tentunya khasiatnya jelas akan berkurang bagi kesehatan terutama bagi penderita diabetes.

Bapak Ibu

Bahkan dengan adanya madu buatan tersebut, jika penderita tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsinya maka akan dapat menimbulkan lonjakan kadar gula darah yang justru semakin memperparah penyakit diabetes yang diderita. Perlu diingat bahwa tujuan utama mengontrol kadar gula darah adalah untuk memperkecil resiko komplikasi. Namun perlu digarisbawahi disini bahwa dengan melakukan kontrol terhadap kadar gula darah harian bukan berarti dapat seutuhnya terbebas dari komplikasi yang ada.

Kontrol terhadap gula darah justru sebenarnya dilakukan guna memperlambat datangnya komplikasi. Ini juga berarti memberi kesempatan bagi penderita untuk dapat mengubah gaya hidupnya, pola makan serta melakukan pengendalian berat badan sehingga nantinya komplikasi dapat benar-benar dihindari.

Zat Apa Saja Yang Terkandung Dalam Madu Yang Bermanfaat Bagi Tubuh?

Mengingat besarnya manfaat madu bagi kesehatan tubuh, maka mungkin anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan zat yang terkandung di dalam madu. Madu sebenarnya kaya akan peptida. Selain itu, madu juga merupakan penghasil karbohidrat seperti halnya nasi, roti, mie dan pasta. Hanya saja karbohidrat yang terdapat di dalam madu bukanlah karbohidrat sederhana seperti halnya yang terdapat di dalam nasi, mie, roti dan pasta melainkan karbohidrat kompleks.

Zat Apa Saja Yang Terkandung Dalam Madu Yang Bermanfaat Bagi Tubuh?Karena kandungan karbohidrat kompleks inilah maka madu memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik ini berkaitan dengan peningkatan kadar gula darah yang terjadi setelah masuknya makanan ke dalam tubuh. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh memiliki indeks glikemik yang tinggi maka nantinya akan dapat meningkatkan kadar gula darah. Berbeda halnya dengan makanan yang berindeks glikemik rendah seperti halnya madu yang tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Karena memiliki indeks glikemik rendah inilah nantinya madu akan melewati proses pencernaan yang memerlukan waktu yang lama sebelum akhirnya dapat diubah menjadi gula darah. Inilah alasan mengapa madu tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Makanan Obat Lainnya Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Selain madu tentunya masih banyak makanan obat lainnya yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam hal mengatasi serangan berbagai jenis infeksi penyakit. Salah satunya adalah mengkudu. Mengkudu ini memiliki nama yang berbeda beda di setiap negara. Seperti halnya di Tahiti, mengkudu disebut dengan Noni.

Mengenai khasiat buah noni dari Tahiti ini, ternyata ia dapat mengatasi berbagai macam penyakit akibat kandungan Iridoid dan ratusan senyawa penting lainnya. Selain itu, buah noni juga telah lama digunakan oleh orang Eropa jaman dulu untuk menurunkan kadar gula darah mereka. Khasiat buah noni yang sangat luar biasa ini kemudian mengundang perhatian para ahli medis untuk melakukan penelitian lebih lanjut sehingga akhirnya lahirlah Tahitian Noni.

Tahitian Noni sendiri telah secara klinis terbukti dapat mengatasi berbagai macam penyakit, khususnya diabetes. Hal ini tentu saja bukan perkara mudah guna membuktikan khasiat Tahitian Noni karena terlebih dahulu harus melewati ratusan kali penelitian yang sangat rumit yang tentunya memakan waktu yang sangat lama. Dari hasil penelitian tersebutlah kemudian pihak Uni Eropa dan badan kesehatan dunia di bawah bendera PBB (WHO) telah menganjurkan pemakaian Tahitian Noni guna mengatasi diabetes.

>> KLIK DI SINI agar gula darah Anda tetap stabil <<

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>