Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

4 Buah Bebas Gula yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit kronis yang berbahaya bagi tubuh jika tidak ditangani dengan baik. Diabetes terjadi ketika gula dalam darah meningkat dan melonjak sehingga tubuh mengalami resistensi insulin. Keadaan ini membuat tubuh tak bisa mengolah glukosa dan kalori dari makanan menjadi energi. Penderita diabetes akan menjadi lemas dan tak bertenaga lantaran tak mendapatkan energi yang seharusnya bisa didapat dari makanan.

Menambah asupan makanan justru tidak baik karena dikhawatirkan terjadi penumpukan gula yang menambah kadar bahaya bagi penderita. Pada diabetes yang kronis, penderita dapat mengalami gagal ginjal serta gangguan jantung yang mengarah pada komplikasi. Oleh karena itu, penyakit diabetes cukup ditakuti oleh banyak orang.

Ciri penderita diabetes

Untuk mengetahui gejala penyakit ini cukup mudah karena diabetes dapat dikenal secara fisik. Ciri-ciri tersebut antara lain:

1.    Tubuh letih dan lemas

Bapak Ibu

Tubuh penderita akan terasa letih dan lemah sehingga tidak mampu beraktivitas seperti biasnaya. Mudah mengantuk juga menjadi pertanda dari penyakit ini. Hal ini terjadi karena tubuh tak mampu mengolah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan tubuh

2.    Mudah lapar dan haus

Meskipun sering makan dan minum, penderita diabetes akan sering mengalami rasa haus dan lapar yang amat sangat. Rasa haus dan lapar ini terjadi akibat energi yang tak dapat dihasilkan oleh makanan.

3.    Tangan kesemutan

Tak hanya kedua hal diatas, penderita diabetes juga sering mangalami kesemutan tanpa sebab. Peredaran darah yang kurang lancar menjadi penyebab dari kesemutan ini.

4.    Sering kencing

Penderita diabetes juga memiliki frekuensi kencing yang lebih sering dari biasanya. Penyebabnya, ginjal tak sanggup menampung gula terlalu berlebih sehingga akan dikeluarkan melalui kencing.

Cara mengatasi diabetes

Pada dasarnya daabetes tidak dapat diobati, namun bisa dikontrol kadarnya dengan cara lebih memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Diet makanan manis dan bergula tinggi dapat dilakukan untuk mengatasi diabetes agar tak semakin parah.

Sering mengontrol gula dalam darah juga bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini. Dokter pun biasanya akan memberikan obat kencing manis atau suntik insulin untuk mengatasi diabetes.

Buah-buahan untuk penderita diabetes

Karena penderita diabetes tidak diperbolehkan untuk makan makanan yang manis, maka solusi terbaik untuk penderita adalah memberikan makanan bebas gula yang tetap bergizi. Contohnya adalah buah-buahan bebas gula yang tidak mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat.

Inilah 4 macam buah bebas gula yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1.    Jeruk

jeruk diabetesJeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Rasa jeruk yang kecut dan masam cukup aman bagi penderia diabetes. Jika jeruk biasa ada kadar manisnya sedikit, maka jeruk bali yang lebih hambar bisa menjadi pilihan tepat untuk penderita.

2.    Alpukat

Alpukat tidak mengandung rasa manis. Gula juga tidak terdapat pada buah ini sehingga cocok untuk penderita diabetes. Lemak yang tedapat pada buah ini justru bagus untuk jantung dan peredaran darah. Namun hindari mengkonsumsi buah ini dengan gula atau madu karena dapat meningatkan kadar gula dalam darah.

3.    Tomat

Tomat merupakan buah segar yang tidak mengandung gula. Rasa tomat agak sedikit kecut karena mengandung vitamin. Jadi, buah ini akan untuk penderita diabetes yang harus diet gula.

4.    Pepaya

Meskipun manis, namun pepaya tetap aman untuk penderita diabetes. Karbohidrat di dalamnya berguna untuk menambah energi pada penderita yang sering lemas.

Pengunjung juga mencari:

  • makanan penambah insulin penderita diabetes
  • obat penambah tenaga bagi obat sakit gula
  • Obat yg baik untuk tambah tenaga untuk penderita diabetes

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!