Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

4 Macam Makanan Untuk Diabetes Bernutrisi Tinggi

Makanan untuk Diabetes – Makanan diabetes merupakan jenis makanan yang dikhususkan untuk dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Tujuan dianjurkannya konsumsi makanan diabetes melitus tersebut tentu saja untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Hal ini untuk mengimbangi pengobatan medis yang sedang dijalani penderita sehingga diharapkan hasilnya akan lebih maksimal.

Terkait dengan jenis makanan yang harus ada dalam daftar makanan untuk penyakit diabetes, sebenarnya tidak ada jenis makanan tertentu yang dilarang. Namun konsumsi makanan dengan kandungan gula yang sangat tinggi akan lebih baik jika dikurangi atau bahkan dihindari. Hal ini sesuai dengan fakta yang ada bahwa makanan tersebut dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Namun bukan berarti bahwa konsumsi makanan yang mengandung  gula tersebut secara berlebihan merupakan penyebab utama kencing manis.

Penyebab utama kencing manis adalah gangguan produksi insulin dan gangguan fungsi insulin yang kemudian menyebabkan metabolisme gula menjadi terganggu. Akibatnya gula gagal diubah menjadi energi dan cadangan makanan dan masuk ke dalam aliran darah. Inilah kemudian yang mengakibatkan tingginya kadar gula darah. Karenanya kemudian konsumsi makanan untuk diabetes melitus dianjurkan guna mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah secara terus menerus. Lalu makanan apa saja yang dapat dikategorikan sebagai makanan diabet?

Cabai

cabai dapat membantu menurunkan kadar gula darahKonsumsi cabai memang seringkali dihindari akibat rasanya yang pedas. Namun jika ternyata cabai dapat membantu menurunkan kadar gula darah, apakah anda tetap akan menghindari konsumsi cabai? Jika memang rasa pedas cabai membuat anda menghindarinya, maka pertimbangkan kembali konsumsi cabai untuk menurunkan kadar gula darah anda yang sedang mengalami peningkatan. Hal ini karena cabai tergolong sebagai salah satu makanan diabetes mellitus.

Bapak Ibu

Cabai dengan rasa pedas yang ditimbulkannya ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Terbukti setelah mengkonsumsi makanan pedas, orang akan cenderung berkeringat. Ini menandakan bahwa di dalam tubuh sedang terjadi proses metabolisme yang kemudian menghasilkan energi panas sehingga menghasilkan keringat tersebut. Selain berkeringat, orang yang mengkonsumsi makanan pedas terbukti detak jantungnya lebih cepat dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi makanan pedas. Ini membuktikan bahwa kerja jantung semakin optimal dengan konsumsi makanan pedas tersebut. Karenanya anda mungkin perlu menambahkan sedikit cabai pada masakan anda.

Klik Di Sini Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Makanan yang Kaya Akan Potasium

Makanan yang kaya akan potasium juga termasuk ke dalam daftar makanan untuk penyakit gula. Alasannya tentu saja karena potasium dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan semakin meningkatnya metabolisme tubuh, maka secara otomatis akan semakin banyak gula yang dapat dicerna dan diubah menjadi energi dan cadangan makanan. Dengan begitu, kadar gula darah pun akan tetap stabil.

Salah satu contoh makanan yang baik untuk diabetes karena kandungan potasiumnya adalah pisang dan alpukat. Namun perlu diingat bahwa konsumsi pisang pada penderita kencing manis cenderung tidak disarankan karena kandungan gula pada pisang cenderung lebih tinggi. Berbeda halnya dengan alpukat yang kandungan gulanya sangat rendah sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Sementara itu, alpukat juga diketahui memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi. Karenanya konsumsi alpukat mungkin perlu dibatasi beberapa kali dalam seminggu guna menghindari resiko meningkatnya kolesterol jahat di dalam tubuh.

Sayuran Hijau

konsumsi sayuran hijau secara rutin sangat baik bagi penderita kencing manis

konsumsi sayuran hijau secara rutin sangat baik bagi penderita kencing manis

Sayuran hijau kaya akan nutrisi. Karenanya konsumsi sayuran hijau secara rutin akan sangat baik bagi penderita kencing manis, khususnya dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah. Hal ini tentu saja akibat kandungan seratnya yang tinggi. Serat yang tinggi memang terbukti dapat mengontrol kadar gula darah dengan cara menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Inilah alasan mengapa kemudian konsumsi makanan yang kaya akan serat sangat dianjurkan.

Selain kandungan seratnya yang tinggi, sayuran hijau juga diketahui memiliki kandungan lutein yang cukup. Lutein sendiri merupakan senyawa yang fungsinya sama dengan karotenoid. Dengan kandungan lutein tersebut, sayuran hijau dapat membantu memperbaiki dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah pada retina. Dengan begitu, resiko kebutaan permanen pada penderita kencing manis dapat dikurangi.

Labu Pahit

Labu pahit juga dikenal dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Namun perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi labu pahit setelah mengkonsumsi obat penurun kadar gula darah. Hal ini karena konsumsi keduanya dalam waktu yang bersamaan akan dapat menyebabkan hipoglikemia, yaitu menurunnya kadar gula darah dengan sangat drastis. Jika hal ini terjadi, akibatnya bisa sangat fatal karena dapat menyebabkan koma diabetik atau hilangnya kesadaran penderita.

Karena konsumsi labu pahit bersamaan dengan konsumsi obat penurun kadar gula darah dapat menyebabkan reaksi hipoglikemia, maka ada baiknya jika menggunakan alternatif lain dalam hal menurunkan kadar gula darah. Dalam hal ini, buah mengkudu dapat secara efektif menurunkan kadar gula darah tanpa menimbulkan reaksi hipoglikemia. Karena khasiatnya tersebut kemudian muncullah suatu gagasan untuk memanfaatkan ekstrak mengkudu tersebut untuk media pengobatan diabetes.

Setelah melalui beberapa kali penelitian, kemudian ditemukanlah buah mengkudu pilihan yang tidak hanya mampu menurunkan kadar gula darah, tetapi juga dapat memberantas akar penyebab kencing manis. Hasil dari penelitian tersebut kemudian berupa sebuah produk kesehatan herbal yang diberi label Tahitian Noni. Secara khasiat, jus buah mengkudu ini telah mendapatkan sebanyak 52 hak paten khasiat. Artinya, khasiat yang diberikan memang benar-benar terbukti sehingga anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih produk herbal yang satu ini sebagai solusi terbaik untuk penyakit diabetes anda.

KLIK DI SINI untuk mencabut akar penyebab diabetes Anda

Incoming search terms:

  • manfaat cabe bagi diabet
  • cabe dan diabetes
  • akar cabai untuk obat diabet
  • Makanan pedas penderita diabetes
  • makanan pedas untuk penderita gula darah
  • obat untuk penyakit gula pedas
  • pasien yang dianjurkan makan cabai
  • pengidap diabetes boleh makan pedas
  • pengobatan diabet dengan cabe
  • penyakit diabetes boleh makan pedas pedas
  • sambal pedas dan penyakit gula
  • Sambal pedas untuk diabet
  • lombok untuk penyakit diabetes
  • kencing manis cadangan makanan
  • akar cabe buat obat diabet
  • apa hubungannya kencing manis dengan makanan pedas
  • apakah penyakit diabetes bolh makan makanan pedas
  • apakahmakanan pedas boleh bagi penderita guladarah tinggi
  • bagaimana cabai merah bisa mebgobati diabetes melitus
  • bagi penderita diabetes apakah boleh makan yg pedasdan hangat
  • boleh kh lombok dikomsumsi olej diabetes
  • diabetes ga boleh makan pedas
  • efek makan cabai pada penderita gula darah
  • kadar cabe buat diabetes
  • sambal untuk diabetes

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!