Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

Diabetes Diet: Adakah Manfaat Membatasi Kalori Bagi Penderita DM?

Diabetes diet memang sudah menjadi satu kesatuan. Semua itu dikarenakan penyakit diabetes melitus akan semakin mengganas jika penderitanya sama sekali tidak mengontrol pola makan.

Namun sayangnya, meskipun sebenarnya sudah cukup sering disarankan, banyak sekali penderita DM yang masih belum mampu menjalankan atau bahkan meremehkan diet tersebut.

Sebenarnya apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh penderita DM yang benar-benar mau tekun mengatur pola makannya? Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan penderita DM yang mau lebih mengontrol pola makannya.

Salah satu keuntungan menjalankan diabetes diet adalah semakin mudahnya mengontrol penyakit diabetes melitus.

Bapak Ibu

Bagi anda penderita DM yang masih belum mengetahui apa saja manfaat dari menjalankan diet, maka anda bisa mempelajarinya secara lebih detail di sini.

Ragam Manfaat Diabetes Diet Jika Dilakukan Secara Teratur

Tahukah anda bahwa diet untuk diabetes melitus tidak hanya memiliki manfaat jangka panjang saja? Ya, penderita diabetes yang mau teratur menjaga pola makan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk merasakan manfaatnya. Karena diabetes diet memang memiliki manfaat jangka pendek.

Bagi anda penderita diabetes melitus yang mau diet secara teratur akan merasakan beberapa manfaat seperti:

Diabetes Diet

  • Menurunnya kadar glukosa di dalam darah sehingga gejala-gejala penyakit diabetes melitus juga semakin berkurang.
  • Berkurangnya pengeluaran glikogen dari dalam organ hati secara cepat.

 

Selain manfaat jangka pendek, tentunya diet yang dilakukan secara teratur juga akan memberikan manfaat jangka panjang bagi penderita DM. Penderita DM yang bisa mendisiplinkan diri untuk menjalankan diet dengan benar akan mendapatkan beberapa macam manfaat jangka panjang seperti:

  • Berkurangnya kemungkinan untuk mengalami serangan jantung akibat penyakit diabetes melitus yang semakin mengganas.
  • Kolesterol LDL berkurang dan kolesterol HDL bertambah.
  • Tekanan darah di dalam tubuh berkurang sehingga resiko untuk menderita penyakit hipertensi semakin kecil.

Selain bermanfaat, tahukah anda bahwa diabetes diet juga memiliki banyak sekali segi positif bagi penderita DM? Apa saja segi positif dari program diet untuk penderita diabetes melitus? Pelajari selengkapnya di sini.

Segi Positif Diet Untuk Penderita DM

Mengapa penderita DM disarankan untuk melakukan diet? Semua itu dikarenakan adanya segi positif yang cukup banyak dari menjalankan diet. Berikut adalah segi positif yang bisa ada di dalam diabetes diet yang perlu anda ketahui:

  • Meningkatkan produksi hormon insulin di dalam tubuh.
  • Meningkatkan kepekaan sel sehingga dapat menerima hormon insulin.
  • Mengurangi berbagai macam faktor resiko yang dapat meningkatkan kemunculan komplikasi diabetes melitus.
  • Mempermudah penderita DM untuk mengontrol penyakit yang dideritanya.

Melihat dari semua fakta mengenai diet untuk penderita diabetes melitus tersebut, bukankah diet dapat meningkatkan harapan hidup bagi penderita DM? Lalu mengapa anda tidak mulai menjalankannya mulai dari sekarang jika memang diet sudah terbukti mampu membantu anda mengatasi penyakit yang anda derita?

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!