Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

Gula Pasir atau Madu? Mana yang Lebih Aman Digunakan Dalam Makanan Buat Diabetes?

Makanan buat diabetes memang boleh sesekali ditambahkan dengan pemanis. Pada umumnya, orang mengenal ada 2 macam pemanis yaitu madu dan juga gula pasir.

Antara madu dan gula pasir, mana yang lebih aman untuk digunakan pada makanan buat diabetes? Sebenarnya, kedua pemanis tersebut bukanlah pemanis yang aman digunakan oleh penderita diabetes melitus.

Mungkin ada beberapa dari anda yang merasa heran mengapa madu bukanlah pemanis yang baik untuk penderita DM. Padahal jika dilihat secara sekilas, memang madu adalah pemanis yang terbuat dari bahan alami.

Lalu mengapa madu dan juga gula pasir bukanlah pemanis yang baik digunakan oleh penderita DM? Baca penjelasan selengkapnya mengenai bahaya madu dan juga gula pasir sebagai pemanis di sini.

Bapak Ibu

Mengapa Gula Pasir dan Madu Berbahaya Digunakan Dalam Makanan Buat Diabetes?

Ya, memang gula pasir dan juga madu bukanlah pemanis yang baik digunakan pada makanan buat diabetes.

Lalu apa alasannya? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai mengapa madu dan juga gula pasir tidak tepat bila dijadikan pemanis makanan yang dikonsumsi oleh penderita DM:

  • Gula pasir

Gula pasir memang sudah sejak dulu dinyatakan sebagai pemanis yang buruk bagi penderita DM. Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik dari gula pasir memang sangatlah tinggi.

Oleh sebab itu, penderita DM yang menggunakan gula pasir sebagai pemanis biasanya akan mengalami peningkatan kadar gula darah. Bahkan efeknya bisa langsung dirasakan.

  • Madu

Makanan Buat DiabetesSebenarnya madu memang aman untuk dikonsumsi oleh penderita DM. Madu bahkan memiliki cukup banyak manfaat.

Namun hal tersebut hilang ketika madu mulai dicampur dengan air dan juga gula pasir. Mengapa madu tidak lagi dikatakan aman untuk penderita DM adalah karena mayoritas madu yang ada di pasaran sudah bukan madu asli.

Namun meskipun madu dan gula pasir bukanlah pemanis yang aman untuk penderita DM, anda tidak perlu cemas karena masih ada beberapa macam gula yang aman untuk penderita DM.

Gula Stevia dan Aren, Gula yang Aman Untuk Penderita DM

Jika anda adalah orang yang menderita diabetes melitus, maka sebaiknya mulailah mengganti pemanis anda menggunakan gula stevia maupun gula aren.

Karena kedua jenis gula tersebut adalah pemanis yang paling aman digunakan untuk penderita diabetes melitus.

Lalu apa yang membuat gula aren dan gula stevia aman digunakan sebagai pemanis makanan buat diabetes? Semua itu dikarenakan gula aren dan juga gula stevia memiliki indeks glikemik yang sangat rendah.

Oleh sebab itu, kedua macam gula tersebut tidak akan menyebabkan kadar gula darah meningkat. Namun meskipun memang dinyatakan aman untuk penderita DM, andapun tetap harus mengontrol penggunaannya.

Karena apapun yang aman namun dikonsumsi secara berlebihan pasti akan menimbulkan efek negatif.

Pengunjung juga mencari:

  • pemanis yang aman untuk DM

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!