Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

Baik Buruknya Lemak Dalam Makanan Penderita Diabetes

Apakah selama ini anda beranggapan bahwa makanan penderita diabetes melitus memang harus bebas dari lemak? Apakah anda menganggap bahwa lemak adalah kandungan berbahaya yang harus dihindari?

Memang banyak orang salah mengerti mengenai peranan lemak di dalam tubuh. Mayoritas orang terutama penderita DM mempercayai bahwa lemak memang sangat berbahaya.

Namun sebenarnya, tidak semua lemak berbahaya. Ada beberapa jenis lemak yang justru bermanfaat bagi tubuh kita.

Lalu apa hubungan antara peranan lemak dengan makanan penderita diabetes melitus? Dikarenakan ada beberapa jenis lemak yang baik untuk tubuh, maka makanan yang mengandung lemak baik tersebut justru sangat disarankan dikonsumsi oleh penderita DM.

Bapak Ibu

Apakah anda masih belum jelas mengenai apa saja lemak baik dan lemak jahat tersebut? Bagi anda yang masih bingung mengenai hal tersebut, anda bisa mempelajarinya di sini.

Mengenal Jenis Lemak Baik dan Jahat yang Ada di Dalam Tubuh

Di dalam tubuh kita, memang tidak hanya ada lemak jahat saja. Di dalam tubuh kita juga terdapat lemak baik yang manfaatnya sangat besar.

Contoh lemak baik yang ada di dalam tubuh kita adalah trigliserida dan juga kolesterol. Kedua jenis lemak tersebut dapat memberikan berbagai macam manfaat penting seperti:

Manfaat dari trigliserida bagi tubuh

  • Memberikan rasa hangat.
  • Menjaga dan melindungi organ penting di dalam tubuh.
  • Menjadi sumber energi tubuh.

Manfaat dari kolesterol bagi tubuh

  • Makanan Penderita DiabetesKolesterol merupakan bahan pembentuk pembuluh darah di dalam tubuh.
  • Kolesterol juga merupakan bahan penting yang dibutuhkan tubuh saat memproduksi hormon testosteron, kortisol, dan juga estrogen.
  • Kolesterol juga merupakan salah satu bahan pembentuk asam empedu yang ada di dalam organ hati.

Kolesterol sendiri memang dibagi menjadi 2 macam jenis. Ada kolesterol baik yaitu yang sering disebut dengan kolesterol HDL. Selain itu juga ada kolesterol jahat atau sering disebut dengan kolesterol LDL.

Yang perlu diwaspadai adalah kolesterol LDL. Karena jika jumlah kolesterol LDL terlalu besar, maka resiko untuk menderita berbagai macam penyakit berbahaya akan meningkat.

Khusus untuk penderita diabetes melitus, mereka harus benar-benar mengatur pola makan untuk menjaga agar kadar kolesterol jahat di dalam tubuh tidak meningkat.

Untuk mencegah meningkatnya kadar kolesterol jahat, ada beberapa jenis bahan makanan yang tidak disarankan masuk sebagai bahan makanan penderita diabetes.

Apa Saja Bahan Makanan Berbahaya yang Tidak Disarankan Penggunaannya Dalam Makanan Penderita Diabetes?

Untuk anda yang menderita penyakit diabetes melitus, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan beberapa macam bahan makanan yang mengandung kolesterol jahat.

Berikut adalah beberapa jenis bahan makanan yang tidak disarankan digunakan dalam makanan penderita diabetes:

  • Bahan makanan yang mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh ada di dalam beberapa bahan makanan seperti: mentega, whipped cream, telur, susu, minyak kelapa, kelapa, daging hewan, dan juga keju.

  • Bahan makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans banyak ditemukan di beberapa bahan makanan seperti margarin. Selain itu juga hindari untuk memakan makanan seperti biskuit, makanan cepat saji, dan juga donat.

Incoming search terms:

  • jenis makanan lemak untuk diabetes

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!