Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

Madu dan Diabetes: Apakah Madu Boleh Dikonsumsi Penderita DM?

Madu dan diabetes memang sering dikira bertentangan. Padahal sebenarnya, penderita diabetes melitus boleh meminum madu. Namun memang hanya madu murni saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Karena madu murni memang masih mengandung zat-zat yang aman untuk penderita diabetes melitus. madu murni bahkan dapat memberikan manfaat bagi penderita diabetes melitus.

Madu murni terbukti dapat membantu meningkatkan produksi hormon insulin di dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan madu murni memiliki kandungan gula jenis fruktosa.

Namun sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari madu oleh penderita diabetes melitus. Karena memang madu dan diabetes bukanlah hal yang bertentangan.

Bapak Ibu

Penasaran dengan apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh penderita DM dari madu murni? Pelajari apa saja manfaatnya secara mendetail di sini.

Madu dan Diabetes: Apa Saja Manfaatnya?

Madu dan diabetes memang adalah dua macam hal yang sebenarnya tidak bertentangan. Karena memang penderita diabetes melitus sebenarnya bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari madu murni.

Manfaat dari madu murni bahkan sudah diteliti secara medis. Berikut adalah manfaat dari madu murni bagi penderita DM dilihat dari segi medis:

  • Memberikan energi tambahan pada tubuh. karena memang madu merupakan sumber energi seketika.
  • Berperan aktif sebagai antimikroba dan juga antibakteri.
  • Madu dan DiabetesDapat berperan sebagai antiseptik alami.
  • Menghambat perkembangan penyakit degeneratif seperti penyakit diabetes melitus, penyakit jantung, dan juga penyakit kanker.
  • Membantu pemulihan fungsi saraf yang mengalami kerusakan di dalam tubuh.
  • Mencegah terjadinya penuaan dini.
  • Melindungi pencernaan dan juga mengatasi masalah kelebihan asam lambung.
  • Meningkatkan stamina tubuh.
  • Memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Memiliki enzim yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka.
  • Mampu membantu meredakan rasa nyeri.

Memang madu murni memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi penderita diabetes melitus. Bahkan WHO pun sudah mengakui manfaat dari madu murni tersebut.

Namun sayangnya, saat ini tidak mudah untuk mendapatkan madu murni. Karena banyak sekali penjual madu yang melakukan kecurangan. Banyak sekali madu yang dijual sudah dicampur dengan air dan gula.

Madu yang dicampur dengan air dan gula jelas sudah tidak baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. karena gula yang dicampurkan di dalam madu dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam darah.

Adakah cara membedakan madu murni dengan madu yang sudah dicampur dengan air dan gula tersebut? Ada beberapa cara mudah untuk membedakan mana madu murni dan mana madu yang sudah dicampur. Pelajari bagaimana cara membedakan madu tersebut di sini.

Cara Membedakan Madu Murni Dengan Madu Campuran

Memang benar madu dan diabetes bukanlah pantangan. Namun madu yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus hanyalah madu murni. Penderita diabetes sebaiknya tidak meminum madu selain madu murni.

Tapi memang tidak mudah untuk menemukan madu murni tersebut. karena saat ini mayoritas madu yang dijual di pasaran adalah madu yang sudah dicampur dengan air dan gula.

Namun anda masih bisa membedakan mana madu murni dan madu campuran tersebut menggunakan beberapa cara berikut ini:

  • Madu murni memiliki kandungan air yang tidak melebihi 18%. Hal tersebut membuat madu murni menjadi sangat sulit untuk dituangkan.
  • Madu murni juga tidak disukai oleh semut. Karena di dalam madu murni terdapat zat aktif yang dapat membunuh semut.
  • Madu murni tidak akan menyebar ketika dituang di atas kertas.
  • Warna madu murni juga jauh lebih pekat karena memang kandungan nutrisi dan mineralnya masih berlimpah.
  • Madu murni harganya jauh lebih mahal daripada madu yang sudah dicampur. Oleh sebab itu, hati-hati jika anda ditawari madu yang harganya murah.

Pengunjung juga mencari:

  • mana madu yg aman dikonsumsi

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!