Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

Beberapa Alternatif Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

Apakah ada alternatif makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes? Mengapa penderita diabetes melitus harus mencari makanan alternatif untuk menggantikan nasi? Apakah nasi memang berbahaya dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus?

Ya, ternyata memang nasi bukanlah makanan sehat untuk penderita diabetes melitus. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan karbohidrat yang ada di dalam nasi justru dapat meningkatkan kadar gula darah.

Karbohidrat yang ada di dalam nasi adalah karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang paling cepat dicerna oleh tubuh. Ketika tubuh mulai mencerna dan merubah karbohidrat menjadi energi, karbohidrat akan dirubah terlebih dahulu menjadi glukosa.

Karena karbohidrat sederhana adalah karbohidrat yang dicerna cepat, maka tubuh akan dibanjiri oleh glukosa. Akibatnya, kadar gula darahpun meningkat tak terkendali.

Bapak Ibu

Karena itulah, penderita diabetes melitus selalu disarankan untuk mulai menggunakan berbagai macam makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes. Karena hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan peningkatan kadar gula darah.

Apa saja makanan alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi oleh penderita diabetes melitus? Anda bisa membaca penjelasan selengkapnya mengenai makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes tersebut di artikel ini.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks Adalah Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah jenis makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang lama dicerna oleh tubuh.

Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita DiabetesKarena proses pencernaan makanan karbohidrat kompleks jauh lebih lama dari karbohidrat sederhana, maka kemungkinan kadar gula darah meningkat karena memakan makanan berkarbohidrat kompleks akan semakin kecil.

Apakah ada cukup banyak pilihan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tersebut? Anda yang menderita penyakit diabetes melitus tidak perlu khawatir. Ada cukup banyak pilihan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.

Apa saja pilihan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes tersebut? Baca selengkapnya di artikel ini.

Berbagai Macam Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Berikut adalah beberapa macam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang sangat baik digunakan sebagai makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes:

  • Beras Merah

Beras merah adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang paling umum digunakan. Kebanyakan orang menggunakan beras merah untuk program diet.

Karena memang selain tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah, beras merah juga kaya akan serat dan vitamin B.

  • Beras Hitam

Beras hitam sebenarnya adalah jenis beras yang sama dengan beras putih yang biasa kita konsumsi. Namun bedanya adalah beras hitam tidak digiling terlalu sering sehingga nutrisi yang ada di dalam beras hitam masih jauh lebih besar dari nutrisi beras putih.

  • Beras Cokelat

Beras coklat sebenarnya adalah jenis beras yang sama dengan beras putih dan beras hitam. Yang membedakan hanyalah proses penggilingannya. Oleh karena itu, beras coklat juga memiliki manfaat yang hampir sama seperti beras hitam.

  • Roti Gandum

Roti gandum merupakan makanan berkarbohidrat kompleks kedua yang paling umum dikonsumsi. Roti gandum bukan hanya bermanfaat karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks saja.

Roti gandum juga memiliki serat dan juga protein nabati yang tinggi. Serat yang ada di dalam roti gandum dapat membantu meningkatkan kepekaan sel-sel di dalam tubuh untuk menerima hormon insulin.

Selain itu, protein nabatinya juga dapat mencukupi kebutuhan protein yang dibutuhkan di dalam tubuh.

Incoming search terms:

  • pengganti nasi untuk diabetes
  • makanan alteratif pengganti nasi putih utk fiabetes
  • makanan gantinya nasi untuk deabet
  • makanan pengganti karbohidrat bagi penderita diabetes
  • makanan pengganti nasi putih untuk diabetes
  • makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes melitus
  • pengganti nasi putih untuk penderita diabetes

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!