Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

Mengkonsumsi Makanan Mempengaruhi Diet Diabetes Melitus

Diet Diabetes Mellitus – Penderita penyakit gula darah memang dianjurkan untuk menjalani diet diabetes melitus. Diet diabetes militus yang dilakukan bertujuan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Dengan menjaga kestabilan kadar gula darah, diharapkan waktu datangnya komplikasi dapat dicegah.

Selain berfungsi menjaga kestabilan kadar gula darah, diet untuk diabetes melitus juga dapat membantu penderita dalam hal melakukan pengendalian terhadap berat badannya. Apalagi jika memang sudah diketahui bahwa penderita mengalami kesulitan dalam hal menjaga berat badannya. Diet penyakit diabetes melitus ini nantinya juga berlaku bagi penderita yang mengalami obesitas.

Makanan yang Harus Dikonsumsi

Diet untuk diabetes mellitus tentunya tidak akan terlepas dari jenis makanan yang harus dikonsumsi penderita. Dalam hal ini terdapat jenis makanan tertentu yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita ketika sedang menjalani diet untuk penderita diabetes melitus dan ada juga yang tidak boleh dikonsumsi. Berikut ini daftar makanan yang harus dikonsumsi penderita ketika sedang menjalani diabetes mellitus diet.

  • Gandum

konsumsi gandum secara rutin akan sangat bermanfaat bagi penderita kencing manis

konsumsi gandum secara rutin akan sangat bermanfaat bagi penderita kencing manis

Gandum dikenal sebagai makanan penghasil serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Karenanya konsumsi gandum secara rutin akan sangat bermanfaat bagi penderita kencing manis dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Hal ini karena serat dalam jumlah yang cukup terbukti dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah sehingga kadar gula darah akan tetap terjaga kestabilannya.

Bapak Ibu

Bagaimana dengan kandungan karbohidrat pada gandum? Karbohidrat secara umum memang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Namun perlu diketahui juga bahwa terdapat dua jenis karbohidrat. Jenis karbohidrat yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah adalah karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini tidak memerlukan proses pencernaan yang cukup lama untuk dapat dicerna menjadi gula sehingga cenderung meningkatkan pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Sementara itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam gandum merupakan karbohidrat kompleks yang tidak akan menyebabkan lonjakan pada kadar gula darah. Hal ini karena karbohidrat kompleks harus melalui beberapa kali proses pencernaan untuk dapat dicerna menjadi gula. Dengan kata lain, proses pencernaan karbohidrat kompleks cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan proses pencernaan karbohidrat sederhana. Inilah sebabnya karbohidrat kompleks justru dapat menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Klik Di Sini Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

  • Wortel

Wortel mengandung beta-carotene yang sangat bermanfaat dalam menjaga fungsi penglihatan. Sementara itu, penderita kencing manis seringkali mengeluh penglihatannya menjadi sedikit berkurang seiring dengan semakin meningkatnya kadar gula darah mereka. Karenanya dengan konsumsi wortel secara rutin, diharapkan gangguan penglihatan yang dikeluhkan dapat dikurangi secara bertahap sehingga resiko kerusakan mata dapat dihindari.

Selain mengandung beta-carotene, wortel juga kaya akan serat dan air. Serat yang cukup tentunya sangat bermanfaat dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah. Sementara itu, kadar air yang diperoleh dapat digunakan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat meningkatnya intensitas penderita dalam hal buang air kecil sehingga resiko terjadinya kekurangan cairan pun dapat dikurangi.

  • Blueberry

Blueberry dapat menjaga kestabilan kadar gula darahBlueberry tidak hanya enak dikonsumsi sebagai buah dan selai, tetapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan, khususnya dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah. Karenanya, ketika sedang menjalani diet diabetes, ada baiknya untuk menambahkan blueberry dalam daftar menu diet anda.

  • Beras Merah

Beras merah juga dikenal kaya akan serat yang sangat bermanfaat dalam hal menurunkan kadar gula darah. Fungsi serat lainnya juga meliputi, membakar lemak tubuh, meningkatkan fungsi cerna dan mencegah konstipasi. Selain kandungan seratnya yang sangat bermanfaat bagi penderita penyakit gula darah, beras merah juga memiliki kandungan hidrat arang (karbohidrat) yang merupakan penghasil energi. Namun perlu dibedakan bahwa karbohidrat yang ada dalam beras merah tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

  • Alpukat

Alpukat kaya akan serat dan lemak jenuh. Serat yang dikandungnya tersebut tentunya akan sangat bermanfaat dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah. Karenanya konsumsi alpukat justru dianjurkan untuk penderita diabetes. selain itu, alpukat juga diketahui memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

 

  • Mengkudu

Selain alpukat, buah lainnya yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah adalah mengkudu. Dalam hal ini, mengkudu yang dimaksud adalah mengkudu terbaik seperti yang digunakan sebagai komposisi salah satu obat herbal yang sudah teruji secara klinis khasiatnya, Tahitian Noni. Dalam mengatasi penyakit kencing manis, Tahitian Noni Juice tidak hanya efektif dalam hal menurunkan kadar gula darah tanpa menyebabkan terjadinya hipoglikemia, tetapi juga mampu mengatasi kedua akar penyebab penyakit gula darah sehingga hasil pengobatan yang diperoleh bersifat permanen.

 > Klik DI SINI untuk mengalahkan diabetes Anda Sekarang <

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!