Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Makanan dan Nutrisi

Benarkah Menu Makanan Untuk Penderita Gula Darah Sangat Rumit?

Apakah benar bahwa menu makanan untuk penderita gula darah sangat rumit? Sering orang berpikiran bahwa menu makanan yang baik untuk penderita diabetes sangatlah rumit. Mungkin kebanyakan orang yang berpikiran seperti itu karena mengambil kesimpulan dari tingginya kemungkinan kadar glukosa darah meningkat ketika seorang penderita diabet memakan makanan yang tidak semestinya dikonsumsi.

Sebenarnya, menu makanan untuk penderita gula darah tidaklah serumit yang anda bayangkan. Justru makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes bisa dikatakan menu makanan yang paling sederhana.

Penasaran dengan menu makanan untuk penderita gula darah tersebut? jika anda memang selama ini mencari informasi mengenai seperti apa sebenarnya menu makanan untuk penderita gula darah yang tepat, maka anda bisa mendapatkan infonya secara lengkap di sini.

Makanan Untuk Penderita Gula Darah yang Dapat Membantu Mengontrol Penyakit Diabetes

Jika selama ini anda berpikiran bahwa menu makanan untuk penderita gula darah sangatlah rumit, mungkin anda akan sedikit kurang percaya bahwa sebenarnya penderita DM hanya disarankan untuk memakan makanan rendah lemak dan tinggi serat saja.

Ya, dengan memakan makanan rendah lemak dan tinggi serat, penderita diabetes melitus akan lebih mudah mengontrol penyakit yang dideritanya.

Apakah benar dengan rutin dan disiplin memakan makan rendah lemak dan tinggi serat saja sudah dapat membantu mempermudah mengontrol penyakit diabetes melitus? Anda masih belum begitu percaya dengan hal tersebut? Baca penjelasannya berikut ini:

  • Makanan rendah lemak

Makanan Untuk Penderita Gula DarahDengan memakan makanan rendah lemak, maka kadar lemak yang masuk di dalam tubuh akan berkurang. Dengan berkurangnya lemak yang masuk di dalam tubuh, maka penumpukan lemak yang ada di dalam tubuh bisa di kurangi.

Penumpukan lemak sangat berbahaya bagi penderita DM. Karena hal tersebut dapat memicu penyakit kolesterol.

Apa saja makanan rendah lemak yang baik dikonsumsi oleh penderita DM? Penderita DM bisa mulai memakan makanan rendah lemak seperti tahu, nasi, roti gandum, pepaya, brokoli, dan juga kacang merah.

  • Makanan tinggi serat

Makanan tinggi serat juga tidak kalah bermanfaat dengan makanan rendah lemak. Makanan tinggi serat selain dapat memperlancar buang air besar juga dapat meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Peningkatan kinerja sistem metabolisme di dalam tubuh jelas sangat menguntungkan. Karena hal tersebut dapat membantu mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh.

Apa saja macam makanan berserat tinggi yang baik dikonsumsi oleh penderita DM? Penderita DM bisa mulai memakan makanan berserat tinggi seperti padi-padian, sayuran, buah-buahan, dan juga kacang-kacangan.

Bagaimana Dengan Suplemen Fiber? Bolehkah Penderita DM menggunakannya?

Suplemen fiber seringkali digunakan sebagai pengganti makanan berserat oleh beberapa penderita DM. Sebenarnya hal tersebut kurang tepat.

Karena serat yang ada di dalam suplemen dengan serat yang dimiliki oleh makanan berserat tinggi jelas sangat berbeda.

Sebaiknya, jangan gunakan suplemen fiber untuk menggantikan peranan makanan berserat tinggi. Suplemen tersebut sebaiknya hanya digunakan untuk menambah serat saja.

Selain itu, pastikan untuk berkonsulitasi dengan dokter mengenai produk suplemen yang akan anda konsumsi. Karena banyak produk suplemen yang masih menggunakan bahan berbahaya bagi penderita DM.

Semoga dengan semua penjelasan mengenai makanan untuk penderita gula darah ini, anda semakin memahami bahwa hidup sehat untuk penderita DM itu tidaklah sesulit yang anda bayangkan selama ini.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!