Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Mencegah Diabet

3 Cara Mengatasi Gula Darah dengan Berolahraga

Obat anti diabetes merupakan cara mengatasi gula darah yang paling sering digunakan oleh penderita diabetes. Cara mengatasi gula darah yang mengalami lonjakan cukup drastis tersebut memang terbukti efektif membantu menurunkan gula darah. Namun untuk mengatasi penyebabnya, ia belum mampu mengupayakannya. Karenanya penderita hendaknya tidak terlalu bergantung pada obat diabetes tersebut. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan obat diabetes, penderita dapat mengimbangi penggunaannya dengan berolahraga secara rutin. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan ketika berolahraga.

Sesuaikan Jenisnya dengan Kemampuan

olahragaSebagai salah satu cara mengatasi penyakit gula darah atau penanggulangan diabetes, olahraga yang nantinya dilakukan penderita hendaknya disesuaikan jenisnya dengan kemampuan fisik penderita. Hal ini untuk mencegah terjadinya hipoglikemia yang biasanya dialami penderita saat berolahraga. Karenanya penyesuaian jenis olahraga yang hendak dilakukan dengan kemampuan fisik penderita sangat penting untuk lebih diperhatikan.

Sementara itu, jenis olahraga yang sangat disarankan untuk dilakukan penderita diabetes adalah senam diabetes. Senam ini nantinya dapat membantu mengatasi diabetes melitus dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh meningkat, maka dampaknya akan semakin positif bagi kadar gula darah penderita.

Berolahragalah Secara Rutin

Sebagai salah satu cara mengatasi penyakit gula darah, olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin. Jadi untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam hal menurunkan gula darah, olahraga harus dilakukan secara rutin dengan durasi normalnya antara 30 menit sampai satu jam. Hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan harapan penderita agar dapat segera sembuh dari diabetes. Dengan penggunaan obat yang tepat serta olahraga yang dilakukan secara rutin, maka upaya untuk meningkatkan hasil pengobatan tentunya tidak akan sia sia dilakukan.

Imbangi dengan Makanan yang Tepat

Mengkonsumsi makanan yang tepat nutrisi dan porsinya juga merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan penderita. Makanan yang tepat nutrisi serta porsinya tersebut nantinya dapat berperan sebagai suplemen diabetes yang manjur dalam hal menurunkan gula darah sekaligus mencukupi kebutuhan tubuh akan nutrisi. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tubuh secara tidak berlebihan, maka tubuh pun akan menjadi lebih sehat.

Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, kebutuhan nutrisi yang terpenuhi juga nantinya dapat membantu tubuh dalam hal memperbaiki sel serta jaringan yang rusak. Hal ini tentunya dapat semakin meningkatkan kinerja sel dan jaringan tersebut, sehingga fungsinya dapat kembali optimal, khususnya dalam hal metabolisme glukosa.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!