Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Mencegah Diabet

6 Tips Mudah Untuk Melakukan Pencegahan Diabetes

Pencegahan Diabetes – Diabetes merupakan penyakit yang dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Hal ini mengingat peningkatan kadar gula darah cenderung mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah. Akibat penyempitan pembuluh darah tersebut, maka tekanan darah pun naik sehingga penderita akan lebih rentan terhadap resiko hipertensi.

Terkait dengan penyempitan pembuluh darah yang dipicu oleh tingginya kadar gula darah serta dengan adanya resiko komplikasi diabetes, maka sudah sewajarnya jika upaya pencegahan diabetes melitus segera dilakukan. Semakin cepat upaya pencegahan diabetes mellitus dilakukan, maka semakin besar manfaatnya terhadap menurunnya resiko diabetes, khususnya jika anda mempunyai riwayat penderita diabetes dalam keluarga anda.

Tentunya dengan adanya riwayat penderita diabetes dalam keluarga, maka resiko anda untuk terkena diabetes akan semakin besar. Lalu guna mengurangi resiko tersebut upaya pencegahan apa yang dapat dilakukan? Simak saja uraian berikut.

Jaga Berat Badan Anda Agar Tetap Ideal

Jaga Berat Badan Anda Agar Tetap Ideal

Jaga Berat Badan Anda Agar Tetap Ideal

Demi mencegah diabetes, anda perlu melakukan pengendalian terhadap berat badan anda. Usahakan berat badan anda untuk selalu ideal dengan berolahraga secara teratur dan mengurangi konsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi. Dengan begitu, penimbunan lemak akan dapat dikurangi sehingga sensitifitas sel terhadap insulin pun akan tetap terjaga dengan baik.

Bapak Ibu

Hal ini mengingat penimbunan lemak di dalam tubuh akan memicu resistensi sel terhadap insulin yang nantinya akan menghambat proses metabolisme glukosa di dalam tubuh. Proses metabolisme tersebut akan sangat memerlukan suplai insulin yang cukup dari dalam tubuh. Namun meskipun nantinya tubuh dapat memenuhi kebutuhan akan insulin hasilnya tetap akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan sensitifitas sel yang cukup baik terhadap insulin yang ada.

Ubah Gaya Hidup Anda

Gaya hidup seseorang ternyata berpengaruh terhadap resiko diabetes. Mengapa demikian? Hal ini mengingat faktor pemicu diabetes yang paling umum adalah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat yang meliputi merokok, konsumsi alkohol berlebihan, konsumsi makanan instan yang berlebihan serta kurangnya aktifitas fisik akan memicu kerusakan sel beta pankreas dan juga resistensi sel terhadap insulin.

Ketahuilah bahwa kebiasaan merokok akan memicu penyempitan pembuluh darah. Jika penyempitan pembuluh darah ini menimpa pembuluh darah yang menuju pankreas maka akibatnya akan sangat berpengaruh pada kinerja pankreas itu sendiri, khususnya sel beta pankreas. Konsumsi alkohol dan makanan instan yang berlebihan juga dapat mengganggu fungsi pankreas. Hal ini mengingat keduanya dapat merebut jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh dengan cara memaksa tubuh menggunakan cadangan makanan yang ada guna mencerna zat yang masuk.

Akibatnya tubuh akan mengalami malnutrisi yang berdampak pada kinerja organ. Jika yang terganggu adalah pankreas, maka proses metabolisme gula nantinya akan terhambat mengingat produksi insulin juga terhambat. Oleh karena itu, ubahlah gaya hidup anda guna mengurangi resiko diabetes.

Perbaiki Pola Makan Anda

Perbaiki pola makan agar mencegah kerusakan sel beta pankreasPola makan yang tidak teratur juga dapat memicu kerusakan sel beta pankreas dan juga resistensi sel terhadap insulin. Mengapa demikian? Hal ini sangat erat sekali hubungannya dengan nutrisi yang diperoleh tubuh. Dengan pola makan yang tidak teratur, maka tubuh nantinya akan mengalami keterlambatan penerimaan nutrisi. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka akibatnya akan sangat fatal karena dapat menghambat kinerja organ.

Berolahragalah Secara Teratur

Olahraga secara teratur perlu sekali dilakukan guna mencegah diabetes. Karenanya usahakan untuk meluangkan waktu sejenak dari rutinitas harian untuk berolahraga. Cukup luangkan waktu 30 menit tiga kali dalam seminggu untuk berolahraga. Pilihlah olahraga yang sesuai dengan kemampuan anda, khususnya olahraga yang anda senangi. Dengan begitu, anda akan memperoleh manfaatnya yang berhubungan dengan menurunnya resiko diabetes.

Kurangi Konsumsi Makanan Instan

Makanan instan memang sangat menarik dan menggugah selera. Namun ada satu hal yang tidak akan anda dapatkan ketika mengkonsumsi makanan jenis ini, yaitu nutrisi penting dalam jumlah yang cukup. Perlu diketahui bahwa untuk menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh anda memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Jika anda terus menerus mengkonsumsi makanan  instan maka secara otomatis tubuh akan mengalami malnutrisi akibat tidak tersuplainya tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkannya.

Jika malnutrisi terjadi terus menerus, maka nantinya akan menghambat kinerja tubuh, terutama organ-organ di dalamnya. Kerusakan sel beta pankreas, dalam hal ini, juga dapat dipicu oleh kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh sehingga regenerasi sel gagal diupayakan guna mengganti sel yang rusak tersebut.

Perbanyak Konsumsi Sayur Dan Buah

Konsumsi serat yang cukup akan sangat bermanfaat sekali guna mencegah diabetes. Hal ini mengingat serat dapat mengurangi penimbunan lemak di dalam tubuh dan dapat melancarkan proses pencernaan. Guna memperoleh serat yang cukup, perbanyaklah konsumsi sayuran hijau dan buah. Namun perlu diingat untuk selalu memilih sayuran dan buah organik. Hal ini mengingat sayuran dan buah yang beredar di pasaran mungkin mengandung pestisida atau bahkan membawa bakteri.

Selain upaya pencegahan DM yang telah disebutkan, mungkin anda masih akan menemukan beberapa upaya pencegahan lainnya. Yang terpenting disini adalah untuk terus melakukan upaya pencegahan tersebut dan tetap waspada terhadap setiap gejala diabetes yang muncul guna mengurangi resiko diabetes.

=> KLIK DI SINI agar gula darah Anda tetap stabil <=

Incoming search terms:

  • pencegahan diabetes
  • cara pencegahan diabet
  • cara pencegahn DM pdf

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!