Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Mencegah Diabet

Tidak Semua Menu Diet Untuk Penderita Diabetes Itu Sulit Ditemukan

Menu Diet untuk Penderita Diabetes – Menu diet diabetes harus selalu mempertimbangkan jenis makanan yang dapat membantu menjaga kestabilan kadar gula darah penderita. Hal ini sesuai dengan tujuan dianjurkannya penderita diabetes untuk menjalani diet tersebut. Dengan terjaganya kestabilan kadar gula darah, maka waktu datangnya komplikasi akibat diabetes dapat dihambat. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada penyakit yang diderita mengingat komplikasi justru akan semakin memperburuk penyakit tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi bahwa menu diet diabetes melitus harus mencakup beberapa jenis makanan yang dapat menjaga kestabilan kadar gula darah penderita. Makanan yang harus ada dalam menu diet penderita diabetes tersebut nantinya paling tidak harus banyak mengandung serat. Hal ini karena serat dalam jumlah yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan kadar gula darah.

Selain kandungan serat yang cukup, makanan dalam menu diet diabetes mellitus haruslah dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini karena dengan meningkatkan metabolisme tubuh, maka pemanfaatan gula sebagai energi akan semakin tinggi sehingga resiko terjadinya lonjakan kadar gula darah dapat dikurangi atau bahkan dicegah. Dengan begitu diharapkan kadar gula darah penderita dapat terjaga kestabilannya. Lalu makanan apa saja yang harus ada dalam menu diet untuk diabetes tersebut?

Beras Merah

Kandungan karbohidrat beras merah tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darahBeras merah kaya akan serat dan karbohidrat. Karbohidrat merupakan zat tepung penghasil energi terbesar bagi tubuh. Karenanya asupan karbohidrat sangatlah penting bagi tubuh guna memperoleh energi. Namun perlu diketahui bahwa terdapat jenis karbohidrat yang dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Karbohidrat tersebut adalah karbohidrat sederhana yang umumnya ditemukan pada nasi, mie, roti dan pasta.

Bapak Ibu

Bagaimana halnya dengan kandungan karbohidrat pada beras merah? Kandungan karbohidrat beras merah tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah karena merupakan jenis karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks ketika masuk ke dalam tubuh akan cenderung memperlambat proses pencernaan sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah akan dapat dikurangi. Dengan begitu, kadar gula darah penderita dapat tetap terjaga kestabilannya.

Gandum

Seperti halnya beras merah, gandum juga kaya akan serat. Serat yang ada pada gandum ini fungsinya sangat penting dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah. Selain untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, serat gandum juga berfungsi untuk membakar lemak berlebih dan mencegah konstipasi dengan meningkatkan fungsi saluran cerna.

Bagaimana dengan kandungan karbohidratnya? Sama seperti karbohidrat yang dimiliki beras merah, karbohidrat pada gandum juga cenderung menjaga kestabilan kadar gula darah karena jenisnya merupakan karbohidrat kompleks.

Roti Gandum

Sebagai cemilan untuk penderita diabetes, penderita hendaknya memilih roti gandum atau makanan olahan lain yang berasal dari gandum daripada makanan yang berasal dari tepung beras. Hal ini karena makanan olahan gandum lebih sehat dalam hal menjaga kestabilan kadar gula darah.

Sementara itu, makanan olahan dari tepung beras, seperti mie akan lebih cenderung menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Alasannya karena karbohidrat yang ada pada beras merupakan karbohidrat sederhana yang tidak memerlukan proses pencernaan yang lama. Dengan begitu, pelepasan gula ke dalam aliran darah akan lebih cenderung terjadi.

Klik Di Sini untuk Memiliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

Sayuran Hijau

sayuran hijau dapat menjaga kestabilan kadar gula darahSayuran hijau juga kaya akan serat. Serat dalam jumlah yang cukup, seperti yang telah anda ketahui sebelumnya, dapat menjaga kestabilan kadar gula darah. Selain itu, serat juga mampu membakar lemak berlebih sehingga cenderung dapat membantu meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin.

Selain kandungan seratnya yang tinggi, sayuran hijau juga memiliki klorofil. Klorofil pada sayuran hijau ini bukan hanya berfungsi sebagai zat hijau daun, melainkan juga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan kata lain, klorofil dapat menjadi zat anti-oksidan bagi tubuh.

Zat lainnya yang ditemukan pada sayuran hijau juga termasuk lutein yang fungsinya mirip dengan karotenoid. Dalam hal ini, lutein akan dapat membantu memperbaiki gangguan penglihatan yang dialami penderita diabetes sehingga kerusakan yang lebih parah dapat dihindari.

Cuka

Satu setengah sendok teh cuka setiap hari yang ditambahkan pada masakan ternyata dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian terhadap pasien diabetes yang menggunakan cuka dalam makanannya. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan cuka mampu menurunkan kadar gula darah penderita. Meskipun fungsi cuka dalam hal menurunkan kadar gula darah belum sampai menyentuh akar penyebab kencing manis, cuka tetap perlu dipertimbangkan penggunaannya.

Berbicara tentang menurunkan kadar gula darah, selain cuka mengkudu juga dapat menjadi solusi bagi anda. Hal ini karena mengkudu telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus mengatasi akar penyebab diabetes. Namun perlu diingat bahwa hanya mengkudu terbaiklah yang mampu menurunkan kadar gula darah secara efektif.

Khasiat mengkudu tersebut kemudian dijadikan komposisi sebuah obat herbal berlabel Tahitian Noni yang sudah teruji secara klinis khasiatnya. Jus buah mengkudu ini bukan hanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah, melainkan juga mampu mengoptimalkan kembali fungsi pankreas serta meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin.

Klik DI SINI untuk mencabut akar penyebab diabetes Anda Sekarang Juga

Incoming search terms:

  • jenis kangkung

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!