Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Mengobati DM

3 Langkah Penanganan Tepat Ketika Pengobatan DM Timbulkan Efek Samping

Pengobatan DM – Sebagian penderita diabetes mungkin ada yang sudah menyadari mengenai efek samping pengobatan DM yang dijalaninya. Namun sayangnya, sebagian besar dari mereka belum memahami bagaimana penanganan yang harus dilakukan ketika efek samping pengobatan diabetes tersebut muncul. Berikut ini akan kami bahas mengenai 3 langkah penanganan tepat yang harus dilakukan penderita ketika efek samping mulai dirasakan. Selain itu, di akhir artikel nanti juga akan kami bahas mengenai pilihan obat herbal diabetes terbaik yang mampu mengatasi permasalahan diabetes sampai tuntas. Pastikan anda menyimak semua ulasan kami tersebut agar tidak ada informasi yang terlewati.

Mengenali Gejalanya

Seperti halnya penyakit yang diderita, ketika obat DM yang digunakan menimbulkan efek samping, maka gejalanya pun akan tampak dan mudah dikenali. Namun hendaknya juga perlu diketahui bahwa efek samping yang timbul atau dirasakan tidak hanya berupa hipoglikemia, tetapi juga hiperglikemia. Oleh karenanya, perlu dipahami gejalanya untuk masing-masing efek samping yang ditimbulkan.

Ketika obat penyakit diabetes melitus yang digunakan menyebabkan hipoglikemia, maka gejalanya akan meliputi pusing, lemas, lapar, detak jantung meningkat, berkeringat, mengantuk, dan gelisah. Sedangkan ketika efek samping yang ditimbulkan berupa hiperglikemia, maka gejalanya meliputi merasa lelah, haus, sering buang air kecil, pandangan buram, dan penurunan berat badan yang terjadi tiba-tiba.

Efek samping berupa hipoglikemia, dimana gula darah turun cukup drastis merupakan efek samping yang sering dialami oleh penderita setelah pemakaian obat untuk diabetes melitus dalam bentuk obat oral. Sementara itu, efek samping berupa hiperglikemia biasanya timbul setelah pemakaian insulin akibat meningkatnya kadar insulin yang tidak diimbangi dengan kadar gula darah yang cukup.

Bapak Ibu

=> Klik Di Sini agar gula darah anda tetap stabil <=

Mengetahui Penyebab Timbulnya Efek Samping

Selain mengenali gejalanya, penderita juga perlu mengetahui penyebab timbulnya efek samping tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, maka penderita diharapkan dapat meminimalkan timbulnya efek samping tersebut dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat semakin meningkatkan resikonya. Berikut ini beberapa penyebab timbulnya efek samping berupa hipoglikemia.

–    Jenis obat diabetes militus yang digunakan

Bagi sebagian penderita diabetes, beberapa jenis obat mungkin akan dapat menyebbakan gula darahnya turun cukup drastis. Jika memang jenis obat yang digunakan merupakan penyebabnya, maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi pada dokter anda mengenai kemungkinan penggunaan obat jenis lain.

–    Lupa makan

Tidak dipatuhinya jadwal makan oleh penderita diabetes merupakan penyebab utama mengapa kemudian terjadi hipoglikemia. Karenanya akan lebih baik jika penderita tetap mematuhi jadwal makan yang sudah ditetapkan sehingga dapat meminimalkan terjadinya hipoglikemia.

–    Aktifitas fisik yang terlalu berlebihan

Aktifitas fisik yang terlalu berlebihan juga dapat memicu hipoglikemia setelah konsumsi obat tertentu. Oleh karena itu akan lebih baik jika aktifitas fisik yang dilakukan disesuaikan dengan kemampuan. Atau penderita dapat menyiasatinya dengan mematuhi jadwal makan yang sudah ditetapkan.

–    Konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol dapat menurunkan gula darah pada orang normal. Karenanya penderita diabetes kemudian dilarang untuk mengkonsumsi minuman beralkohol tersebut, mengingat dampaknya pada orang normal saja cukup negative. Selain itu, konsumsi minuman beralkohol pada penderita diabetes setelah penggunaan obat tentunya akan semakin meningkatkan resiko terjadinya hipoglikemia.

Sementara itu, untuk penyebab terjadinya hiperglikemia pada penderita diabetes terutama disebabkan oleh kelengahan penderita dalam hal mematuhi pola makan yang benar dan jadwal penggunaan obat. Karenanya, penting sekali untuk selalu memastikan bahwa penderita sudah mematuhi pola makan yang benar serta teratur minum obat, sehingga resiko hiperglikemia dapat dikurangi.

Penanganan Lebih Lanjut

Bagi penderita yang mengalami hipoglikemia setelah penggunaan obat, maka sebelum menemui dokter yang menangani, penderita dapat mencoba mengatasinya dengan mengkonsumsi tablet glukosa atau makanan manis lainnya. Jika ketika sudah mengkonsumsi tablet glukosa atau makanan manis lainnya gejala hipoglikemia tetap dirasakan, maka segera hubungi dokter anda.

Sementara itu, bagi penderita yang mengalami hiperglikemia setelah konsumsi obat (insulin), maka segeralah menghubungi dokter anda. Tujuannya untuk mengetahui apakah dosis insulin perlu dikurangi atau mungkin perlu ada perubahan mengenai jenis makanan yang anda konsumsi.

Alternatif Pengobatan Tanpa Efek Samping

Ketika berbicara mengenai pengobatan alternatif, maka yang pertama kali terpikirkan adalah pengobatan herbal. Namun sayang, untuk kasus diabetes sebagian besar obat herbal yang ada belum teruji secara klinis khasiatnya. Meski demikian, bukan berarti bahwa pengobatan diabetes dengan obat herbal akan menemui jalan buntu, mengingat baru-baru ini ditemukan sebuah terobosan mutakhir dalam hal penanganan diabetes dengan obat herbal.

Tepat sekali, obat herbal yang dimaksud adalah Tahitian Noni. Dengan zat aktif temuan dr. Neil Solomon, yang berdasarkan hasil penelitiannya dapat mengembalikan kinerja sel beta pankreas sekaligus meningkatkan kepekaan sel terhadap insulin, maka Tahitian Noni dapat menjadi solusi tepat bagi diabetes dan permasalahannya.

Klik DI SINI untuk mengalahkan diabetes anda

Incoming search terms:

  • content dm dapat menangani
  • diabet dan efek sampingnya
  • efek samping diabetes melitus
  • efek samping setelah konsumsi obat gula
  • penanganan terhadap timbulnya efek insulin
  • resiko kadar gula turun drastis

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!