Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Mengobati DM

Kenali Efek Kerja Obat Penyakit Gula Terhadap Liver Anda

Obat Penyakit Gula – Secara umum, obat penyakit gula bekerja menurunkan gula darah penderita diabetes dengan mengurangi ambilan glukosa dari liver atau hati. Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar glukosa darah agar bisa mendekati normal. Namun akibatnya justru seringkali penderita harus mengalami hipoglikemia. Lalu seperti apa mekanisme obat gula darah dalam hal menurunkan kadar glukosa darah? Disini akan kami bahas tuntas mengenai hal tersebut, terutama efeknya terhadap hati dan mengapa justru memicu hipoglikemia.

Normalnya, liver orang sehat akan memproduksi glukosa pada saat waktu makan dengan tujuan menstabilkan kadar glukosa darah. Ketika kadar glukosa darah stabil, maka nantinya akan dapat diperoleh energi yang cukup untuk melakukan aktifitas. Sementara itu, ketika makanan masuk ke dalam tubuh, insulin akan disekresikan oleh sel beta pankreas, sedangkan produksi glukosa dari hati dikurangi. Proses ini menyebabkan kestabilan glukosa darah tetap terjaga dengan baik.

Berbeda halnya dengan penderita diabetes tipe 2, dimana ketika sekresi insulin dilakukan oleh sel beta pankreas, produksi glukosa di hati tetap berlangsung. Kondisi inilah yang dinamakan dengan resistensi insulin yang kemudian menyebabkan terjadinya lonjakan gula darah. Jadi ketika obat penyakit gula darah merangsang produksi glukosa di hati agar berkurang, tujuannya adalah untuk menjaga kadar glukosa darah. meski efektif dalam hal menurunkan glukosa darah, cara kerja obat yang seperti ini tidak akan menyelesaikan permasalahan diabetes yang ada, mengingat resistensi insulinlah yang seharusnya diatasi.

Efek Kerja Masing-Masing Obat Diabetes Terhadap Hati

Secara umum, terdapat 6 golongan atau jenis obat sakit gula darah, dimana 3 diantaranya bekerja menurunkan gula darah dengan meningkatkan sekresi insulin. Sementara itu, 3 obat lainnya bekerja menurunkan gula darah dengan cara mengurangi ambilan dan produksi glukosa di hati. Berikut ini 3 obat yang dimaksud.

Bapak Ibu

–    Biguanide

Cara kerja biguanide dalam hal mengobati penyakit gula adalah dengan cara menghentikan produksi glukosa di hati dan meningkatkan kemampuan insulin dalam proses penyerapan glukosa kembali ke dalam sel. Meski efektif dalam hal menurunkan gula darah penderita, jenis obat diabetes yang satu ini dapat meningkatkan resiko hipoglikemia. Selain itu, pada pasien diabetes dengan gangguan hati, obat diabetes jenis biguanide dapat memicu lactic asidosis, dimana darah penderita menjadi terlalu asam.

–    DPP-IV Inhibitor

Mirip dengan cara kerja obat diabetes jenis biguanide, DPP-IV inhibitor juga akan merangsang hati untuk menghentikan produksi glukosa dalam jumlah yang berlebihan, sehingga kadar glukosa darah dapat kembali mendekati stabil.

–    Thiazolidinedione

Obat diabetes jenis thiazolidinedione bekerja menurunkan gula darah dengan cara mengurangi produksi glukosa di hati sekaligus meningkatkan efektifitas insulin dalam proses penyerapan glukosa ke dalam sel.

Efek Samping

Efek samping yang bisa dibilang paling berbahaya adalah efek samping yang timbul setelah penggunaan obat diabetes jenis thiazolidinedione. Dianggap paling berbahaya karena seringkali obat tersebut dapat meningkatkan kadar enzim liver. Ditambah lagi, gangguan pada hati yang lebih parah dapat terjadi, meski hal ini jarang ditemukan pada penderita. Karenanya penderita yang menggunakan obat diabetes jenis thiazolidinedione dianjurkan untuk melakukan tes darah secara teratur agar dapat terhindar dari gangguan atau bahkan kerusakan hati.

Solusi Penanganan Diabetes

Dengan mengetahui cara kerja sekaligus efek samping beberapa obat diabetes tersebut, maka penderita hendaknya dapat memilih pengobatan lain yang dapat meminimalkan timbulnya efek samping. Dalam hal ini, penderita dapat mengkonsumsi Tahitian Noni Juice secara teratur untuk menjaga kestabilan gula darahnya. Selain itu, konsumsi teratur jus buah Noni dari Tahiti ini nantinya juga dapat membantu mengatasi permasalahan diabetes sampai tuntas, sehingga penderita tidak lagi beresiko terhadap gangguan atau bahkan kerusakan hati dan masalah kesehatan lainnya, mengingat ia bekerja dengan cara mengembalikan fungsi tubuh yang sebelumnya mengalami masalah.

~>Klik di sini untuk mengalahkan diabetes anda<~

Pengunjung juga mencari:

  • akibat tidak teratur dalam mengkonsumsi obat penurun gula
  • obat tradisional liper dan diabet
  • obat liver dan kencing manis
  • obat herbal penyakit diabet dengan liver
  • obat diabetes yang aman untuk hati
  • jika orang yg sakit diabetes juga sakit lever berbahayakah?
  • efek samping obat penurun gula darah
  • efek samping gula
  • cara mengobati liver campur diabet
  • apa penderita liver tdk bolh mengkonsumsi gula tebu meskipun sudah sembuh
  • Ramuan untuk liver dan diabetes

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!