Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Mengobati DM

Pengobatan Diabetes Melitus dengan Transplantasi Sel Beta Pankreas

Pengobatan Diabetes Melitus – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang menurut para ahli medis tidak bisa diatasi. Meski demikian, para ahli menyatakan bahwa penyakit diabetes tipe 1 merupakan jenis penyakit diabetes yang paling susah diatasi dibandingkan dengan jenis diabetes lainnya. Anggapan ini memang benar adanya, mengingat kerusakan sel beta pankreas yang dialami penderita DM tipe 1 akan sulit diperbaiki. Namun baru-baru ini para ahli medis berhasil mengembangkan sebuah metode pengobatan diabetes melitus baru. Metode pengobatan ini dilakukan dengan jalan transplantasi sel beta pankreas. Seperti apa efektifitasnya? Simak saja ulasan berikut ini.

Sekilas tentang Sel Beta Pankreas

Sel beta pankreas berada di pankreas. Sel ini sebenarnya merupakan kumpulan sel yang salah satunya berfungsi untuk mensekreasikan insulin dalam jumlah yang cukup. Sel atau kelenjar inilah yang nantinya berperan dalam proses metabolisme glukosa, dimana insulin yang disekresikan akan membantu terserapnya kembali gula dalam darah ke dalam sel. Jadi ketika kadar insulin diperoleh dalam jumlah yang cukup, maka proses metabolisme glukosa akan dapat berjalan dengan baik.

Lalu bagaimana ketika insulin tidak diperoleh dalam jumlah yang cukup? Normalnya, sel beta pankreas mampu mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup. Namun pada suatu kondisi, ia tidak bisa mensekresikan insulin sebanyak yang dibutuhkan tubuh. Banyak faktor yang memicu hal ini terjadi yang nantinya berkontribusi memicu kerusakan pada sel beta pankreas.

Ketika kerusakan sel beta pankreas terjadi, maka ia tidak akan mampu mensekresikan insulin dalam jumlah yang cukup atau bahkan tidak mampu mensekresikan insulin sama sekali. Akibatnya proses metabolisme glukosapun menjadi terhambat, sehingga kadar gula darah meningkat. Kondisi ini disebut dengan diabetes tipe 1, dimana penderitanya diharuskan memperoleh suplai insulin buatan dari luar tubuh.

Bapak Ibu

Guna membantu penderita mengatasi permasalahan diabetes sekaligus mengurangi frekuensi suntik insulin, maka kemudian mulai dikembangkan metode pengobatan diabetes dengan cara transplantasi sel beta pankreas. Metode ini nantinya akan dapat menggantikan fungsi sel beta pankreas yang mengalami kerusakan dalam hal mensekresikan insulin.

Prosedur Transplantasi

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa transplantasi sel beta pankreas dilakukan guna menggantikan sel beta pankreas asli yang mengalami kerusakan. Dengan begitu, insulin nantinya dapat disekresikan kembali ke dalam tubuh melalui sel beta pankreas buatan. Sel beta pankreas buatan tersebut juga akan dibekali kemampuan dalam memonitor kadar gula darah penderita dan mengatur kadar insulin yang akan disekresikan, sehingga nantinya kadar gula darah dapat kembali mendekati stabil.

Efektifitasnya

Meski terbukti efektif dalam hal mengontrol gula darah penderita, transplantasi sel beta pankreas yang dilakukan tersebut bisa saja gagal. Hal ini dapat terjadi mengingat tubuh memiliki sistem kekebalan yang akan secara otomatis menolak kehadiran benda asing. Karenanya guna mengurangi kemungkinan terjadinya penolakan terhadap sel beta pankreas buatan, penderita kemudian akan diberikan obat jenis tertentu seumur hidupnya. Pemberian obat inilah yang masih dikhawatirkan menimbulkan efek samping. Selain itu, para ahli juga masih belum yakin bahwa operasi transplantasi sel beta pankreas tersebut merupakan metode pengobatan yang benar-benar mampu menuntaskan permasalahan diabetes.

Solusi Lain

Solusi tepat bagi penderita yang ingin segera terbebas dari penyakit diabetes hanyalah dengan mengkonsumsi Tahitian Noni secara teratur. Kandungan bioaktifnya, dalam hal ini, akan membantu proses detoksifikasi racun-racun yang ada di dalam tubuh sekaligus meningkatkan proses penyerapan nutrisi, sehingga sel-sel di dalam tubuh akan menjadi lebih sehat dan dapat kembali berfungsi dengan baik.

Klik di sini sekarang juga untuk mengalahkan diabetes anda

Incoming search terms:

  • cara menyembuhkan sel beta pankreas
  • pengobatan diabetes dengan menanam sel pankreas menjadi pankreas baru
  • pengobatan sel beta pankreas
  • penyembuhan sel beta pankreas
  • teknik transplantasi penyakit diabetes melitus
  • transpalansi pangkreas pada diabetes melitus

2 Comments

  1. Mama saya terkena diabetes dan sudah mengkonsumsi noni sebanyak 20botol tapi sampai sekarang tidak ada perubahan apapun!!!!!

    • Halo. Apa kabar?

      Produk Noni di indonesia, ada banyak sekali jenisnya. Kalau boleh tahu Noni yang di konsumsi orang tua Anda ini jenis yang mana serta cara minumnya bagaimana ? Dan untuk pola makannya sendiri apakah sudah melakukan pola hidup sehat? Mohon Informasinya. Terima kasih.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!