Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Menu Diabetes

3 Ciri Makanan Untuk Penyakit Diabetes

Makanan untuk Penyakit DiabetesMakanan untuk penyakit diabetes seringkali dianggap sebagai makanan yang membosankan. Hal ini terjadi karena pembatasan yang terlalu ketat dalam hal pemilihan makanan. Padahal sebenarnya penderita dapat mengkonsumsi semua jenis makanan asal makanan tersebut memenuhi kriteria makanan sehat untuk penyakit diabetes. Kriteria makanan untuk penderita penyakit diabetes tersebut terdiri dari 3 hal berikut ini.

Porsinya Pas

Makanan Untuk Penyakit DiabetesHal pertama yang harus diperhatikan ketika akan menyajikan makanan sehat untuk penderita penyakit diabetes adalah porsinya. Porsi makanan untuk diabetes melitus yang disajikan nantinya harus pas, dalam artian tidak berlebihan dan juga tidak kurang. Hal ini berlaku untuk penderita diabetes mellitus tipe 1 maupun tipe 2, mengingat porsi makan yang berlebihan merupakan salah satu faktor resiko diabetes yang dapat semakin meningkatkan kadar gula darah.

Pengaturan porsi tersebut nantinya dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan membagi jadwal makan menjadi enam kali sehari. Jadwal makan tersebut meliputi 3 jadwal makan utama dan 3 jadwal makan selingan. Pembagian jadwal makan tersebut terbukti mampu mengendalikan gula darah penderita sekaligus berat badannya, sehingga kemudian ia dianggap sebagai salah satu cara menanggulangi diabetes secara alami.

Kalorinya Sesuai

Selain memperhatikan porsi makanan yang akan dikonsumsi, penderita juga hendaknya lebih memperhatikan kalorinya. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat kebutuhan kalori masing-masing penderita akan berbeda. Kebutuhan tersebut nantinya harus disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, aktifitas dan parah atau tidaknya penyakit yang diderita. Karenanya jika penderita termasuk kategori usia produktif dengan segudang aktifitas harian, maka tentunya jumlah kalori yang diperlukan akan semakin besar. Hal ini juga berlaku bagi penderita dengan kondisi penyakit yang sudah sangat parah atau bahkan yang disertai komplikasi.

Bapak Ibu

Sementara itu, khusus untuk penderita yang baru menderita penyakit gula darah atau penderita dengan aktifitas harian yang tidak terlalu padat, maka jumlah kalori yang dibutuhkan nantinya akan lebih sedikit. Karenanya hal ini perlu dijadikan pedoman bagi penderita, agar  kalori yang diperoleh tidak berlebihan. Penyesuaian jumlah kalori yang diperoleh ini nantinya juga termasuk salah satu cara mengatasi diabetes melitus, mengingat kalori berlebih dapat memicu lonjakan gula darah.

Tepat Nutrisinya

Sebelum memilih makanan yang akan dikonsumsi, penderita nantinya juga perlu mempertimbangkan kandungan nutrisinya selain porsi dan jumlah kalorinya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, mengingat asupan nutrisi diperlukan tubuh untuk mendukung keseluruhan aktifitas sel. Dengan terpenuhinya nutrisi, maka tubuh akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga gangguan kesehatan yang berhubungan dengan kurang terpenuhinya nutrisi, dapat dicegah.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!