Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Menu Diabetes

3 Kriteria Makanan Penyakit Diabetes

Makanan Penyakit Diabetes – Sebagian besar penderita diabetes umumnya masih belum mengetahui kriteria makanan penyakit diabetes yang seharusnya dikonsumsi. Padahal memahami kriteria makanan penyakit diabetes tersebut nantinya dapat membantu mengendalikan gula darahnya. Selain itu, makanan untuk diabetes tersebut nantinya juga dapat membantu mengendalikan berat badan penderita, sehingga upaya untuk mencapai gula darah normal bisa berhasil maksimal. Lalu apa saja kriteria makanan untuk penderita penyakit diabetes yang perlu diketahui? Berikut ini 3 diantaranya.

Ber-GI Rendah

makanan penyakit diabetesSalah satu kriteria makanan sehat untuk penderita penyakit diabetes yang perlu dipenuhi nantinya akan sangat berkaitan dengan indeks glikemiknya. Indeks glikemik makanan yang akan dikonsumsi haruslah memiliki nilai yang relatif rendah. Makanan dengan indeks glikemik rendah tersebut nantinya akan dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah kembali, dimana lonjakan gula darah yang cukup drastis merupakan salah satu tanda diabetes.

Makanan yang ber-GI rendah tersebut dapat meliputi beras merah, beras hitam, gandum, oat, sayuran hijau dan buah. Khusus untuk buah, penderita nantinya juga perlu memilah buah yang akan dikonsumsi atau yang akan diikutsertakan dalam menu diet diabetes mellitus, mengingat beberapa buah ada yang memiliki indeks glikemik relatif tinggi. Buah tersebut meliputi pisang, nangka dan durian. Karenanya penderita diharapkan dapat mengurangi konsumsi buah tersebut, sehingga hasil pengobatan penyakit diabetes melitus yang sedang dijalani dapat lebih optimal.

Kaya Serat

Selain memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, makanan untuk penderita DM juga hendaknya kaya akan serat. Serat dalam jumlah yang cukup tersebut nantinya akan dapat mencegah pelepasan glukosa ke dalam aliran darah, sehingga kadar glukosa darah dapat terkendali dengan baik. Dengan manfaat serat tersebut, maka wajar jika kemudian asupan serat dalam jumlah yang cukup dianggap sebagai salah satu cara mengatasi penyakit diabetes.

Bapak Ibu

Sementara itu, untuk memperoleh asupan serat dalam jumlah yang cukup, konsumsi sayuran hijau sebenarnya sudah dapat memenuhi kebutuhan penderita akan serat. Namun hendaknya konsumsi sayuran hijau juga diimbangi dengan sumber serat lainnya yang meliputi buah dan serealia. Hal ini dilakukan guna mencegah rasa bosan sekaligus meningkatkan selera makan penderita.

Kadar Air Tinggi

Makanan sehat untuk diabetesi juga hendaknya mengandung kadar air yang cukup tinggi. Meski demikian, hal ini tidak mutlak harus dipenuhi, mengingat  air dalam jumlah yang cukup biasanya dapat dipenuhi dengan minum sedikitnya 8 liter dalam sehari atau mengkonsumsi buah dan sayuran. Konsumsi air ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi yang biasanya dialami oleh diabetesi, sekaligus untuk membantu mengikis kelebihan gula dalam darah.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!