Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Menu Diabetes

4 Alasan Penderita Diabetes Harus Konsumsi Nasi Merah

Pemilihan makanan untuk penderita diabetes mengacu pada kriteria tertentu yaitu makanan yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tidak melebihi batas normal. Jangan sampai makanan yang dikonsumsi justru memperburuk kondisi tubuh. Jenis makanan yang direkomendasikan adalah makanan rendah karbohidrat misalnya daging-dagingan. Untuk lebih jelasnya mengenai pemilihan makanan ini, penderita diabetes harus mengetahui mengenai index glikemik.

Indeks glikemik (IG) adalah pengukuran mengenai seberapa lama makanan diserap menjadi gula oleh tubuh. Jadi semakin tinggi nilai IG berarti semakin cepat pula diubah menjadi glukosa. Dikatakan memiliki indeks glikemik rendah bila berada di kisaran angka <55 dan indeks glikemik tinggi bila >70 dan sedang bila berada antara 55 sampai 70. Bagaimana dengan nasi yang menjadi bahan makanan pokok sehari-hari? Ternyata nasi putih berada pada angka indeks glikemik 89 tergolong tinggi.

Bila penderita diabetes tetap mengkonsumsi makanan seperti nasi putih yang memiliki indeks glikemik tinggi, maka gula darahnya bisa naik dengan sangat cepat. Oleh sebab itu, harus diganti dengan makanan pokok sejenis yang memiliki indeks glikemik lebih rendah. Diantara makanan berkarbohidrat, nasi merah memiliki nilai indeks glikemik rendah yaitu di angka 50.

Manfaat Dalam Nasi Merah

Nasi merahWalaupun masih dalam satu keluarga padi-padian nasi merah dan nasi putih memiliki banyak perbedaan terutama kandungan gizinya. Beras merah tidak hanya bisa mengenyangkan perut, tetapi juga menyehatkan. Beras merah mengandung serat tinggi dan beberapa vitamin penting. Agar lebih memahami mengapa nasi merah sangat penting bagi penderita diabetes, berikut dijelaskan.

1.    Nasi merah mencukupi kebutuhan karbohidrat harian tetapi tidak berlebihan. Penderita diabetes bisa dikatakan bermusuhan dengan karbohidrat tetapi tubuh tetap memerlukan karbohidrat. Karbohidrat yang sesuai untuk penderita diabetes adalah yang proses dicernanya lambat sehingga tidak mempengaruhi kadar gula darah secara signifikan dan memberi rasa kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan jenis karbohidrat dalam nasi merah adalah karbohidrat kompleks dan kalorinya tidak lebih dari 320 kalori per hari.

2.    Nasi merah mengandung serat tinggi yang memperlambat tercampurnya glukosa dalam darah. Kandungan serat dalam seporsi nasi merah kurang lebih 3.5 gram, sedangkan nasi putih seratnya tidak lebih dari 1 gram.

3.    Nasi merah menghindarkan diri dari terkena komplikasi penyakit. Penderita diabetes rentan terkena komplikasi penyakit lainnya seperti kolesterol atau masalah pencernaan. Dengan mengkosumsi nasi merah secara teratur, tidak perlu khawatir akan kolesterol sebab nasi merah akan meningkatkan koesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

4.    Nasi merah membuat menjaga berat badan tetap ideal. Kebanyakan penderita diabetes memiliki bobot tubuh berlebih bisa dilihat dari kelebihan lemak di bagian perut, paha dan juga lengan. Ini disebabkan gaya hidup yang dijalankan sebelumnya mengikuti pola makan tidak sehat. Nasi merah dapat mengontrol nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga bisa menghindari kegemukan.

Pantangan Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Pola makan penderita diabetes harus sehat dan seimbang. Jadi, dengan mengkonsumsi nasi merah saja tidak menjamin bisa menekan kadar gula darah yang naik bila tetap melakukan pantangan lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya penderita diabetes menghindari minum minuman bersoda atau soft drink.

Minuman ringan yang banyak beredar di pasaran sangat tinggi kandungan gulanya. Satu kaleng minuman ringan bersoda hampir setara dengan mengkonsumsi Sembilan sendok gula. Hindarilah jenis minuman ini dan memperbanyak konsumsi air putih.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!