Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Menu Diabetes

Beragam Buah utk Penderita Diabetes dan Cara Mengolahnya Menjadi Jus Buah yang Benar

Sudah tahukah anda mengenai bagaimana cara membuat jus buah utk penderita diabetes yang benar? Selama ini banyak orang terutama penderita diabetes melitus belum mengetahui bahwa jus buah tidak selamanya menyehatkan.

Bisa saja jus buah menyebabkan peningkatan kadar gula darah khususnya jika diminum oleh penderita diabetes melitus. Bukankah buah sendiri aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus? Lalu mengapa jus buah bisa saja menyebabkan peningkatan gula darah?

Ya, memang buah sangatlah aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Namun ketika diolah menjadi jus buah dengan cara yang salah, jus buah justru dapat memicu peningkatan kadar gula darah. Terutama jika buah yang diolah merupakan buah yang memang memiliki indeks glikemik sedang.

Apakah anda penggemar jus buah dan juga menjadi penderita diabetes melitus? Bila memang anda suka meminum jus buah, ada baiknya anda pelajari tentang bagaimana cara mengolah jus buah utk penderita diabetes yang benar di sini.

Bapak Ibu

Cara Tepat Mengolah Jus Buah utk Penderita Diabetes

Jus buah utk penderita diabetes sebaiknya tidak menggunakan pemanis tambahan. Namun sayangnya, banyak orang belum mengetahui tentang hal tersebut. Sering kali orang masih menambahkan gula pasir ketika mengolah buah segar menjadi jus buah.

Padahal, gula pasir adalah musuh besar bagi penderita diabetes melitus. Penambahan gula pasir tersebut adalah yang membuat jus buah menjadi tidak aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Buah utk Penderita DiabetesSelain itu, jika pemilihan jenis buah yang diolah merupakan jenis buah yang dinyatakan memiliki indeks glikemik sedang, maka resiko kadar gula darah meningkat setelah meminum jus buah akan semakin tinggi. Berhati-hatilah ketika anda ingin mengolah beberapa jenis buah seperti nanas,

nangka, mangga, sawo, durian, dan juga pisang menjadi jus buah. Karena buah-buahan tersebut sudah memiliki kandungan glukosa yang tergolong tinggi dibandingkan dengan buah lainnya. Lebih baik buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, stroberi, dan juga alpukat yang diolah menjadi jus buah. Karena buah-buahan tersebut memiliki indeks glikemik yang rendah.

Selain itu, pastikan jangan menambahkan pemanis terutama gula pasir. Karena gula pasir bukannya membuat jus buah bermanfaat bagi penderita DM namun justru membuatnya menjadi sangat berbahaya dikonsumsi oleh penderita DM.

Amankah Menggunakan Gula Aren Bagi Penderita Diabetes Melitus?

Memang benar gula aren adalah jenis gula yang sangat aman digunakan bagi penderita diabetes melitus.

Jika memang anda masih belum terbiasa meminum jus buah tanpa gula, maka anda bisa menggunakan gula aren sebagai pengganti gula pasir.

Namun ingat, meskipun gula aren memang tidak berbahaya bagi penderita diabetes melitus, anda tetap harus mengontrol penggunaannya.

Selain gula aren, anda juga bisa menggunakan gula stevia. 2 macam gula tersebut bisa anda gunakan untuk membuat jus buah utk penderita diabetes sebelum anda benar-benar terbiasa meminum jus buah tanpa gula.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!