Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pemeriksaan

4 Perilaku Gejala Diabetes Yang Perlu Anda Waspadai

Gejala Diabetes – Tingginya kadar gula darah seseorang merupakan penanda bahwa orang tersebut menderita diabetes. Namun pada suatu kondisi yang dikenal dengan pradiabetes, kadar gula darah belum cukup tinggi untuk dikategorikan diabetes. Kadar gula darah normal seharusnya berada pada rentang 100 mg/dL – 200 mg/dL. Lebih dari itu, kadar gula darah dianggap tinggi dan dapat dikategorikan sebagai diabetes.

Yang perlu diketahui ketika kadar gula darah meningkat adalah bahwa jika dibiarkan maka akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Hal ini mengingat adanya gula yang ikut bersama aliran darah ini akan menghambat aliran darah. Akibatnya nanti akan terjadi penyumbatan pada pembuluh darah. Jika penyumbatan tersebut terjadi pada pembuluh darah yang menuju ke organ-organ vital maka akan dapat menyebabkan disfungsi yang mengarah pada kerusakan organ.

Sering Buang Air Kecil Dengan Jumlah Urin Melebihi Batas NormalMengingat bahaya yang ditimbulkan oleh kadar gula darah yang meningkat maka sudah seharusnya kestabilan gula darah dijaga. Guna menjaga kestabilan kadar gula darah perlu dilakukan beberapa upaya seperti perubahan gaya hidup, pengendalian berat badan, pengaturan pola makan dan olahraga teratur. Lalu bagaimana dengan resiko diabetes? Apa yang perlu dilakukan untuk mengurangi resiko diabetes?

Selain beberapa upaya pencegahan yang disebutkan sebelumnya, pemahaman akan gejala diabetes juga dianggap perlu sehingga nantinya orang akan lebih waspada. Dengan kewaspadaan ini diharapkan resiko diabetes dan laju pertambahan penderita diabetes setiap tahunnya dapat ditekan. Berikut gejala diabetes yang biasanya muncul.

Bapak Ibu

Sering Buang Air Kecil Dengan Jumlah Urin Melebihi Batas Normal

Kadar gula darah yang tinggi akan direspon dengan sangat baik oleh tubuh mengingat kadar gula darah harus segera distabilkan kembali. Untuk itu tubuh terpaksa mengeluarkan kelebihan gula dalam darah tersebut melalui urin. Sebelumnya tubuh juga telah menarik banyak cairan tubuh guna mengurangi kepekatan urin yang akan dikeluarkan. Inilah alasan utama mengapa penderita diabetes nantinya akan sering sekali buang air kecil.

Karena sering buang air kecil maka kadar gula darahpun menjadi stabil. Namun jika terus menerus terjadi poliuri (sering buang air kecil) maka akibatnya tidak akan bagus bagi ginjal. Ketahuilah bahwa ginjal merupakan organ yang berfungsi dalam pembuangan zat-zat sisa ke luar tubuh. Sebelum membuang zat sisa ke luar tubuh, ginjal akan menyaring dan memisahkannya dari zat-zat makanan.

Akibat tingginya kadar gula dalam darah, tugas ginjal menjadi bertambah berat. Ginjal juga harus menyaring kelebihan gula dalam darah agar dapat dikeluarkan bersama dengan urin nantinya. Dengan tugas berat yang dibebankan kepadanya maka lama kelamaan ginjal akan mengalami disfungsi yang dapat berujung pada gagal ginjal.

Banyak Makan

Penderita diabetes akan merasa cepat lapar karena tingginya kadar gula dalam darah

Penderita diabetes akan merasa cepat lapar karena tingginya kadar gula dalam darah

Penderita diabetes akan merasa cepat lapar karena tingginya kadar gula dalam darah. Sebagai reaksi terhadap rasa lapar tersebut maka penderita cenderung akan makan dalam jumlah yang banyak. Hal ini justru berdampak negatif bagi kadar gula darahnya mengingat asupan makanan yang terlalu berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darahnya. Namun inilah yang terjadi karena tubuh kekurangan nutrisi.

Tubuh yang kekurangan nutrisi akan segera mengirim pesan lapar ke otak sehingga nantinya penderita akan merasa lapar. Sebagian dari anda mungkin bertanya mengapa tubuh mengalami malnutrisi. Ingatlah bahwa kadar gula yang terlampaui tinggi memaksa tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gula dalam darah tersebut bersama dengan urin. Padahal jika kadar gula dalam darah stabil, tubuh akan dapat mencernanya menjadi energi dan cadangan makanan.

Karena tingginya kadar gula dalam darah yang tidak disertai dengan jumlah insulin yang cukup dan/atau terjadinya reaksi penolakan sel terhadap insulin yang ada maka tubuh tidak dapat mencerna gula dan terpaksa membuangnya guna menstabilkan kembali kadar gula dalam darah. Inilah yang menyebabkan malnutrisi yang mengakibatkan penderita merasa cepat lapar.

Banyak Minum

Selain malnutrisi, tubuh juga mengalami dehidrasi akibat banyaknya cairan tubuh yang ditarik ke dalam urin guna mengurangi kepekatan urin yang dikeluarkan. Guna mendapatkan cairan pengganti maka tubuh pun mengirimkan pesan rasa haus ke otak. Inilah yang menyebabkan penderita merasa cepat haus dan sebagai efek dari rasa haus tersebut, penderita akan cenderung untuk lebih banyak minum.

Lemas

Penderita diabetes seringkali mengeluh tubuhnya lemah dan tidak bertenaga. Mengapa hal ini bisa terjadi? Penyebab utamanya adalah karena tingginya kadar gula darah yang berakibat pada malnutrisi dan dehidrasi. Akibat keduanya, tubuh pun menjadi lemas dan tidak bertenaga akibat kurangnya energi yang diperoleh tubuh serta banyaknya cairan tubuh yang hilang.

Yang perlu dilakukan ketika anda menemui salah satu gejala diabetes di atas ialah segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah untuk mengetahui dengan pasti apakah anda menderita diabetes atau tidak. Jika memang hasilnya positif diabetes maka penanganan medis dapat segera diupayakan guna mencegah masalah lain yang dapat timbul akibat diabetes. Inilah pentingnya mengenali gejala diabetes sejak dini.

Klik Di Sini untuk Memiliki gula darah yang normal dan stabil

Incoming search terms:

  • Gula darah normal tapi sering kencing
  • sering kencing tapi gula darah normal
  • gula darah sering kencing
  • merasa/haus tapi gula darah normal
  • penanda diabetes
  • sering kencing gula darah normal

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!