Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pemeriksaan

Sebenarnya Berapa Nilai Gula Darah Normal Itu?

Seringkali orang masih belum mengetahui tentang berapa sebenarnya nilai gula darah normal tersebut. Mungkin beberapa dari anda memang sudah sering mendengar mengenai penyakit diabetes melitus, namun tentu tidak semua dari anda mengetahui dengan pasti mengenai berapa kadar gula darah seseorang yang dinyatakan menderita penyakit DM tersebut.

Kurang memahami mengenai berapa nilai kadar gula darah normal dan juga kadar gula darah penderita diabetes melitus adalah hal yang cukup fatal.

Karena dengan tidak mengetahui hal tersebut, maka anda akan sangat rentan untuk menderita penyakit DM. Hal tersebut disebabkan karena anda sama sekali tidak bisa melakukan tindakan pencegahan.

Untuk anda yang ingin mengetahui tentang berapa sebenarnya nilai normal kadar gula darah dalam tubuh, anda bisa membaca informasinya secara lengkap di artikel ini.

Bapak Ibu

Berapa Nilai Gula Darah Normal?

Seseorang memang baru bisa dinyatakan menderita atau tidak menderita penyakit diabetes melitus dengan melakukan cek gula darah.

Pengecekan kadar gula darah sendiri dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pengecekan pertama dilakukan setelah berpuasa selama 8 jam dan kemudian diteruskan dengan tahap kedua dengan melakukan pengecekan kadar gula darah setelah makan.

Seseorang yang dinyatakan memiliki nilai gula darah normal adalah mereka yang memiliki kadar gula darah 70 sampai 110 mg/dl setelah berpuasa selama 8 jam dan tidak lebih dari 200 mg/dl setelah 2 jam makan.

Apa yang Membuat Gula Di Dalam Darah Meningkat?

Anda sudah mengetahui mengenai berapa nilai kadar gula darah normal, selanjutnya anda juga perlu mengetahui mengenai apa yang sebenarnya membuat kadar gula di dalam darah tersebut meningkat.

nilai gula darah normalKadar gula di dalam darah bisa meningkat dikarenakan berbagai macam faktor. Namun jika mau dijelaskan secara mudahnya, peningkatan kadar gula darah terjadi akibat hormon insulin tidak dapat bekerja secara maksimal ataupun sama sekali tidak dapat bekerja untuk menyalurkan kandungan glukosa yang ada di dalam darah.

Ketika hormon insulin tidak dapat lagi menyalurkan kandungan glukosa, maka otomatis glukosa terus menerus menumpuk di dalam darah dan menyebabkan kadar gula di dalam darah meningkat.

Sebenarnya, kandungan glukosa tersebut sangatlah bermanfaat untuk tubuh kita. Kandungan glukosa di salurkan ke setiap sel yang ada di dalam tubuh untuk diolah menjadi energi. Oleh sebab itulah, ketika hormon insulin tidak dapat lagi menyalurkan kandungan glukosa, maka tubuh akan mulai mudah merasa lelah.

Lalu apa saja faktor yang dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat? Berikut adalah beberapa faktor yang umumnya menjadi pemicu meningkatnya kadar gula darah tersebut:

  • Hormon insulin sama sekali tidak diproduksi lagi karena organ pankreas mengalami kerusakan.
  • Hormon insulin masih diproduksi namun jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga tidak dapat menyalurkan kandungan glukosa di dalam darah secara maksimal.
  • Hormon insulin masih diproduksi namun tubuh mengalami masalah resistensi insulin sehingga sel-sel di dalam tubuh tidak peka dalam menerima kandungan glukosa yang disalurkan oleh hormon insulin.

Apakah Kadar Gula Darah yang Terlalu Tinggi Membahayakan Kesehatan?

Bagi anda yang memiliki nilai kadar gula darah lebih tinggi dibandingkan dengan nilai gula darah normal, maka anda perlu berhati-hati. Mengapa?

Karena jika kadar gula darah di dalam tubuh anda terlalu tinggi, maka anda sangat rentan untuk mengalami banyak sekali masalah kesehatan serius.

Selain berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus, mereka yang memiliki kadar gula darah melebihi nilai kadar gula darah normal juga sangat rentan mengalami kerusakan pada beberapa organ penting.

Umumnya penderita diabetes melitus memang seringkali terlambat menyadari kemunculan penyakit tersebut sebelum mereka mulai mengalami masalah kerusakan pada organ-organ vital di dalam tubuh.

Masalah yang bisa ditimbulkan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi bukan hanya sampai situ saja. Anda juga berpotensi untuk mengalami beberapa macam masalah kesehatan seperti:

  • nilai kadar gula darah normalMenderita penyakit jantung
  • Mengalami masalah penglihatan
  • Mengalami gangguan fungsi seksual baik pada pria maupun wanita
  • Syaraf berpotensi mengalami kerusakan
  • Organ ginjal berpotensi untuk mengalami kerusakan
  • Sangat rentan mengalami stroke
  • Juga berpotensi untuk mengalami luka di bagian kaki yang berujung pada pembusukan

Cara Mengetahui Kadar Gula Darah

Jika memang kadar gula darah yang terlalu tinggi sangat membahayakan kesehatan, maka bagaimana solusi yang terbaik untuk melakukan pengecekan darah untuk mengetahui apakah kadar gula darah anda sesuai dengan nilai gula darah normal.

Untuk mengetahui apakah kadar gula darah anda sesuai dengan nilai kadar gula darah normal atau tidak, anda bisa memilih 2 macam cara. Berikut adalah kedua macam cara untuk mengetahui berapa kadar gula dalam darah anda:

  • Alat strip

nilai normal kadar gula darah dalam tubuhCara pertama mengetahui berapa kadar gula darah anda adalah dengan menggunakan alat strip yang banyak dijual di apotik.

Cara untuk menggunakan alat ini cukup mudah. Anda hanya perlu meneteskan darah anda pada kertas strip. Pastikan kertas tersebut tidak tersentuh jari anda.

Setelah darah diteteskan pada kertas strip, anda hanya perlu menunggu perubahan warna kertas tersebut. Setelah kertas strip mengalami perubahan warna, anda hanya perlu melihat tabel yang disertakan dengan alat strip untuk mengetahui apakah kadar gula darah anda termasuk tinggi atau normal.

  • Alat pengukur gula darah digital

Alat strip memang tidak bisa menunjukkan kadar gula darah anda dalam bentuk angka. Bila anda memang merasa kurang begitu puas dengan hasil dari alat strip tersebut, maka anda lebih baik memilih menggunakan alat pengukur gula darah digital.

Dengan menggunakan alat ini, anda bisa mengetahui secara pasti apakah kadar gula darah anda sesuai dengan nilai gula darah normal atau tidak.

Penggunaan alat pengukur gula darah digital ini hampir sama dengan alat strip. Yang perlu anda lakukan hanyalah meneteskan darah pada kertas strip yang disediakan. Setelah itu, anda hanya perlu mengikuti instruksi yang ada pada buku manual alat tersebut.

Apakah Melakukan Cek Kadar Gula Darah Penting?

Cek kadar gula darah memang sangatlah penting. Hal tersebut tidak hanya sangat penting bagi mereka yang sudah dinyatakan menderita penyakit diabetes melitus.

Anda yang belum menderita penyakit DM juga perlu melakukan cek gula darah secara berkala. Karena hal tersebut jelas akan sangat membantu anda dalam melakukan tindakan pencegahan menderita penyakit DM.

Bagi anda yang menderita penyakit DM, mengetahui seberapa tinggi kadar gula darah anda dengan nilai gula darah normal jelas sangatlah penting. Karena jika sampai kadar gula darah anda meningkat, anda perlu berhati-hati dengan berbagai macam masalah kesehatan yang rawan dialami oleh penderita DM.

Pengunjung juga mencari:

  • batas nilai seseorang dinyatakan mengidap diabet

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!