Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pemeriksaan

Kenali Gejala Gula Darah Tinggi, Sebelum Terlambat!

Gejala Gula Darah Tinggi – Penyakit diabetes yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah seringkali dikenal dengan penyakit gula darah tinggi. Hal ini sangatlah wajar mengingat penderita nantinya akan selalu mempunyai kadar gula darah yang tinggi. Akibat kadar gula darah yang meningkat ini, sebagian besar orang menganggap bahwa akar permasalahan diabetes terletak pada tingginya kadar gula darah tersebut. Padahal akar permasalahan yang sebenarnya adalah karena adanya kerusakan pada sel beta pankreas dan/atau resistensi sel terhadap insulin.

Kerusakan sel beta pankreas yang merupakan kelenjar penghasil hormon insulin akan berdampak pada meningkatnya kadar gula darah. Hal ini mengingat metabolisme gula di dalam tubuh sangat memerlukan bantuan insulin. Akibat rusaknya sel beta pankreas, maka proses metabolisme gula di dalam sel menjadi terhambat sehingga nantinya gula akan tetap berada dalam aliran darah.

Seperti halnya kerusakan yang terjadi pada sel beta pankreas yang berujung pada meningkatnya kadar gula darah, resistensi sel juga berpengaruh terhadap kadar gula darah seseorang. Yang membedakan hanya ketika tubuh seseorang mengalami resistensi terhadap insulin, insulin masih dapat dihasilkan dalam jumlah yang cukup. Namun tetap saja gula darah akan meningkat akibat resistensi yang terjadi. Hal ini karena resistensi sel terhadap insulin akan menghambat kerja insulin dalam membantu proses metabolisme gula sehingga  gula pun tetap berada dalam aliran darah.

Sering buang air kecil, khususnya pada malam hari, merupakan gejala gula darah tinggiSeperti halnya penyakit lain yang mempunyai gejala awal, diabetes juga memiliki gejala awal yang harus selalu diwaspadai. Hal ini karena dengan mewaspadai gejala yang muncul maka upaya medis seperti pemeriksaan kadar gula darah dapat segera dilakukan guna mengetahui apakah gejala gula darah naik yang muncul memang benar-benar pertanda diabetes.

Bapak Ibu

Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil, khususnya pada malam hari, merupakan gejala gula darah tinggi yang paling sering ditemui. Hal ini mengingat kadar gula darah yang meningkat akan langsung mendapat respon dari tubuh. Sebagai responnya, tubuh akan mengeluarkan kelebihan gula tersebut melalui urin dengan terlebih dahulu menarik lebih banyak cairan tubuh yang dimilikinya ke dalam urin. Hal ini guna mengurangi kepekatan urin yang dikeluarkan.

Mengingat tubuh akan menarik lebih banyak cairan ke dalam urin, maka nantinya jumlah urin yang dikeluarkan penderita akan sangat banyak jumlahnya. Selain itu tingginya kadar gula darah penderita juga akan mempengaruhi intensitas penderita dalam hal buang air kecil. Dengan kata lain, semakin tinggi kadar gula darah penderita maka akan semakin banyak gula yang dibuang melalui urin. Semakin banyak gula yang dibuang melalui urin akan menuntut jumlah cairan yang cukup sehingga akan mempengaruhi intensitas buang air kecil.

Sering Lapar

Rasa lapar yang sering dikeluhkan penderita diabetes merupakan akibat dari malnutrisi yang dialami tubuh. Malnutrisi dipicu oleh tingginya kadar gula darah yang tidak disertai dengan jumlah insulin yang cukup dan/atau sensitifitas sel terhadap insulin yang ada. Hal ini akan berdampak pada penyerapan gula oleh sel.

Perlu diketahui bahwa gula yang berada dalam aliran darah dihasilkan dari makanan. Gula yang dihasilkan tersebut seharusnya dapat diserap oleh sel guna dicerna menjadi energi dan cadangan makanan. Namun akibat tidak adanya produksi insulin yang cukup dan/atau resistensi sel terhadap insulin, maka proses penyerapan gula menjadi terhambat. Akibatnya gula tetap berada dalam aliran darah.

Kelebihan gula dalam darah ini akan langsung direspon oleh tubuh dengan cara membuangnya melalui urin. Hal inilah yang menyebabkan tubuh mengalami malnutrisi karena gula yang seharusnya dicerna menjadi energi dan cadangan makanan malah dibuang bersama dengan urin. Akibat kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh maka tubuh akan mengirim sinyal ke otak yang diterjemahkan sebagai rasa lapar. Inilah alasan mengapa penderita nantinya akan sering merasa lapar.

Sering Haus

cepat haus dapat menunjukkan kadar gula darah tinggiSelain rasa lapar, penderita juga akan merasa cepat haus. Hal ini sangat berkaitan dengan banyaknya cairan tubuh yang ditarik ke dalam urin guna mengencerkan urin. Dengan kata lain, banyaknya cairan yang digunakan untuk mengurangi kepekatan urin yang dikeluarkan akan menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Sebagai akibatnya timbullah rasa haus yang biasanya akan ditanggapi penderita dengan cara meminum minuman dingin dan manis dalam jumlah yang banyak. Hal ini justru akan memperparah kadar gula darahnya.

Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan harus selalu diwaspadai sebagai salah satu gejala gula darah tinggi. Hal ini mengingat akibat tingginya kadar gula darah, tubuh akan cenderung mengalami malnutrisi dan dehidrasi. Sebagai ganti nutrisi yang terbuang melalui  urin, tubuh akan mencerna sisa cadangan makanan yang dihasilkan dari proses metabolisme sebelumnya guna memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Jika cadangan makanan tersebut terus menerus digunakan untuk memenuhi nutrisi yang hilang maka akibatnya akan berdampak pada penurunan berat badan. Hal ini karena cadangan makanan yang ada di dalam tubuh merupakan salah satu penyokong berat tubuh sehingga ketika cadangan makanan tersebut habis maka berkuranglah massa tubuh.

Di awal tadi telah disinggung bahwa perlu adanya pemahaman yang baik akan gejala diabetes yang ada. Namun pemahaman tanpa tindak lanjut tidak akan dapat membantu mengurangi resiko diabetes sekaligus resiko komplikasi. Karenanya ketika muncul salah satu gejala, segeralah periksakan kadar gula darah anda guna mengetahui apakah gejala gula darah tinggi yang muncul merupakan pertanda diabetes atau tidak.

=> Klik Di Sini agar gula darah Anda tetap stabil <=

Incoming search terms:

  • akibat gula darah tinggi
  • gejala gula darah tinggi
  • ciri gula darah tinggi
  • apa jadi pada tubuh bila gula tinggi
  • tinggi nya kadar gula darah dalam urin terjadi di
  • tanda kekurangan kadar gula
  • Reaksi gula darah tinggi
  • gula darah naik rasanya
  • gejala gula tinggi
  • akibat kelebihan gula
  • apa akibat dari gula darah tinggi
  • bila gula darah tinggi apakah sering kencing
  • tingginya gula darah dapat menyebabkan lapar?

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!