Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pemeriksaan

Pahami Gejala Penyakit Diabetes, Sebelum Anda Berobat

Gejala Penyakit Diabetes – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang dipicu oleh rusaknya sel beta pankreas dan/atau adanya resistensi sel terhadap insulin yang mengakibatkan terhambatnya proses metabolisme gula sehingga kadar gula darah pun meningkat. Kadar gula darah yang meningkat seringkali tidak disadari. Umumnya penderita baru mengetahui bahwa dirinya terkena diabetes setelah melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

Karena umumnya penderita baru menyadari dirinya menderita diabetes setelah melakukan pemeriksaan kadar gula darah, maka alangkah baiknya jika sebelum terkena diabetes ia mengenali gejala diabetes melitus. Dengan begitu apabila muncul salah satu gejala diabetes mellitus maka pemeriksaan kadar gula darah dapat segera dilakukan untuk mengetahui apakah benar-benar menderita diabetes atau tidak. Hal ini tentunya akan lebih efektif untuk mengurangi resiko diabetes.

cepat haus bagi penderita diabetesGejala penyakit diabetes melitus sebenarnya dapat dibagi menjadi dua. Yang umumnya melekat pada penderita biasanya merupakan gejala awal. Sementara itu gejala lanjutan biasanya akan timbul setelah menderita diabetes dalam jangka waktu yang lama. Mengenali kedua jenis gejala dm tersebut sangatlah penting karena dapat mengurangi resiko diabetes jika yang muncul adalah gejala awal. Sebaliknya jika sudah terlanjur didiagnosa diabetes, maka mengenali gejala lanjutan akan berimbas pada menurunnya resiko terkait komplikasi diabetes.

Gejala Diabetes

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa gejala awal diabetes merupakan gejala yang biasanya melekat pada penderita sebelum adanya diagnosa dokter. Munculnya gejala diabetes militus awal ini seharusnya dijadikan acuan bagi seseorang untuk segera melakukan pemeriksaan kadar gula darah sehingga dapat diketahui apakah ia menderita diabetes atau tidak. Berikut uraian mengenai masing-masing gejala diabetis.

Bapak Ibu
  • Sering buang air kecil

Ketika anda merasakan bahwa intensitas anda dalam buang air kecil terlalu sering, pemeriksaan kadar gula darah seharusnya segera dilakukan untuk mengetahui apakah seringnya anda buang air kecil tersebut merupakan pertanda meningkatnya kadar gula darah. Hal ini mengingat gejala dibetes yang satu ini sangat umum ditemui pada penderita diabetes.

Perlu diketahui bahwa kadar gula darah yang meningkat drastis tanpa disertai dengan jumlah insulin yang cukup untuk menstabilkannya akan memaksa tubuh untuk mengeluarkan kelebihan gula dalam darah melalui urin. Dengan adanya gula di dalam urin seharusnya urin menjadi pekat. Namun kenyataannya urin penderita tetap encer dan jumlahnya banyak. Hal ini terjadi akibat tubuh menarik lebih banyak cairan tubuh ke dalam urin guna mengencerkan urin. Dengan semakin tingginya kadar gula dalam darah maka otomatis penderita akan sering sekali buang air kecil.

  • Sering merasa haus

Penderita diabetes akan sering merasa haus. Jadi ketika anda menemui gejala diabetes yang satu ini sebelum mengetahui dengan pasti apakah anda menderita diabetes atau tidak, maka pemeriksaan kadar gula darah dapat dilakukan. Sama halnya seperti buang air kecil, intensitas penderita dalam hal merasa haus ini sangat melekat dengan penderita diabetes. Hal ini mengingat seringnya buang air kecil akan berdampak pada berkurangnya cairan tubuh yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Penyebab dehidrasi adalah karena tubuh menarik lebih banyak cairan yang dimilikinya ke dalam urin guna mengencerkan urin yang akan dikeluarkan. Inilah alasan utama mengapa tubuh nantinya akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan penderita akan sering merasa haus.

  • Sering merasa lapar

Sering merasa lapar dapat dikategorikan salah satu gejala diabetesSelain mengalami dehidrasi, tubuh juga akan mengalami malnutrisi akibat dibuangnya gula bersama dengan urin. Hal ini mengingat gula yang dibuang tersebut seharusnya dapat diolah menjadi energi yang dapat digunakan tubuh untuk beraktifitas serta sisa metabolisme gula akan disimpan sebagai cadangan makanan yang sewaktu-waktu dapat digunakan.

Akibat dibuangnya gula berasma dengan urin karena tidak adanya insulin yang cukup untuk membantu proses metabolisme gula maka tubuh pun kehilangan nutrisi penting yang seharusnya dapat diperolehnya. Inilah yang menyebabkan rasa lapar pada penderita diabetes karena kurangnya nutrisi yang diperoleh tubuh akan memaksanya mengirimkan pesan lapar ke otak.

Mengingat secara umum penderita baru menyadari bahwa ia menderita diabetes setelah dilakukan pemeriksaan kadar gula darah, maka sudah seharusnya anda tidak menganggap remeh gejala diabetes yang timbul. Meskipun nantinya gejala tersebut belum tentu berakhir dengan vonis diabetes, mengenali gejala diabetes tetap perlu dilakukan.

Paling tidak dengan mengenali gejala yang muncul, maka anda akan termotivasi untuk segera melakukan perubahan gaya hidup dan menambah aktifitas fisik guna mengurangi resiko diabetes. Apalagi jika anda mempunyai riwayat penderita diabetes dalam keluarga anda. Perubahan gaya hidup, pengaturan pola makan dan olahraga teratur tentunya akan dapat menjauhkan anda dari diabetes.

Klik Di Sini Sekarang, Dapatkan gula darah yang normal dan stabil dalam waktu singkat

Incoming search terms:

  • resiko diabetes
  • bagaimana mengatasi rasa lapar pada penderita diabetes
  • Resiko Dari penyakit Diabetes
  • mengapa penderita diabetes sering merasa lapar
  • pahami penyakit diabetes
  • penyakit diabetes ngerasa lapar
  • apa yg dilakukan jika baru mengetahui dirinya penderita diabetes
  • resiko diabetes melitus
  • resiko penyakit gula
  • risiko penderita deabet
  • mengapa orang terkena dm sering lapar
  • kenapa pasien dm sering lapar haus dan sering krncing
  • dampak dan resiko pengidap
  • dehidrasi kerana kencing manis
  • dehidrasi pada penyakit diabetes
  • diabet dan resikonya
  • diabetes seharusnya
  • efek kelanjutan penyakit diabetes
  • kapan ponis diabetes
  • kenapa klien diabetes cepat lapar
  • untuk mngatasi rasa lapar pada penyakit gula

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!