Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pengobatan

3 Kunci Pengobatan Penyakit Diabetes

Pengobatan Penyakit DiabetesPengobatan penyakit diabetes biasanya memang mengandalkan obat hipoglikemik oral dan insulin buatan untuk membantu mengatasi penyakit gula darah. Namun kedua bentuk pengobatan diabetes mellitus tersebut belum cukup efektif mengatasi permasalahan diabetes. Keduanya hanya mampu menurunkan gula darah penderita, bukan mengatasi penyebabnya. Karenanya penderita hendaknya tidak terlalu bergantung pada kedua jenis pengobatan tersebut, meski keduanya tetap perlu diupayakan. Agar hasil pengobatan yang dijalani bisa lebih maksimal, maka berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan.

Pengobatan Medis

Pengobatan Penyakit DiabetesSeperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa pengobatan penyakit diabetes melalui jalan medis nantinya akan menggunakan obat hipoglikemik oral dan/atau insulin buatan untuk mengupayakan tercapainya kadar gula darah normal. Keduanya memang terbukti efektif dalam hal menurunkan gula darah penderita. Namun untuk mengatasi akar permasalahan diabetes, yang meliputi kerusakan sel beta pankreas dan resistensi insulin, kedua bentuk pengobatan untuk penyakit diabetes tersebut belum mampu menanganinya.

Dengan mengetahui bahwa pengobatan medis ternyata belum mampu mengatasi permasalahan diabetes sampai tuntas, maka penderita hendaknya tidak terlalu kecewa ketika pengobatan nantinya harus terus menerus dilakukan. Hal ini memang dapat diartikan sebagai salah satu efek samping pengobatan untuk penyakit diabetes tersebut. Efek samping yang dimaksud adalah ketergantungan.

Untuk mengurangi efek ketergantungan terhadap obat diabetes yang digunakan, maka penderita dapat melakukan upaya lain. Salah satunya dengan segera melakukan perubahan gaya hidup. Mengapa perubahan gaya hidup dianggap penting? Penelitian membuktikan bahwa penderita diabetes yang menjalani pengobatan dengan diimbangi perubahan gaya hidup, dapat memperoleh hasil pengobatan yang maksimal dibandingkan dengan mereka yang tidak. Karenanya melakukan perubahan gaya hidup perlu dipertimbangkan oleh penderita. Apalagi mengingat gaya hidup yang tidak sehat dinilai sebagai salah satu pantangan penyakit gula.

Bapak Ibu

Diet

Selain menjalani pengobatan yang diimbangi dengan perubahan gaya hidup, penderita juga hendaknya mulai memperhatikan diet yang sedang dijalani. Diet ini nantinya akan sangat erat hubungannya dengan makanan yang boleh dikonsumsi penderita dengan yang tidak. Karenanya penderita harus benar-benar mengetahui makanan apa saja yang masuk dalam kategori pantangan makanan penderita diabetes.

Sementara itu, jumlah takaran atau porsi makanan yang akan dikonsumsi serta jadwal makan juga perlu diatur oleh penderita. Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna mengendalikan gula darah penderita. Dengan begitu, hasil pengobatan medis yang sedang dijalani akan dapat diperoleh dengan maksimal.

Olahraga

Olahraga secara teratur juga perlu dilakukan penderita diabetes. Hanya saja jenis olahraga yang dilakukan memang hendaknya disesuaikan dengan kemampuan fisik penderita. Untuk lebih amannya, penderita dapat memilih senam diabetes, mengingat ritme dan jenis gerakannya sudah disesuaikan sedemikian rupa dengan kondisi fisik penderita. Dengan begitu, penderita dapat memperoleh manfaat yang maksimal dalam hal menurunkan gula darahnya.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!