Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pengobatan

3 Tahapan Pengobatan Diabet yang Wajib Anda Tahu

Pengobatan Diabet – Sebagian besar penderita diabetes umumnya masih meyakini bahwa pengobatan diabet harus dilakukan dengan menggunakan obat diabetes oral dan/atau insulin buatan. Padahal faktanya pengobatan untuk diabet tidak langsung menggunakan kedua jenis obat dibetes manjur tersebut. Terdapat beberapa tahap pengobatan penyakit diabetes mellitus yang nantinya perlu dilalui, sebelum akhirnya mengupayakan pengobatan medis. Berikut ini beberapa tahapan pengobatan yang dimaksud.

Perubahan Gaya Hidup

Pengobatan DiabetTahapan pengobatan untuk penyakit diabet yang pertama adalah perubahan gaya hidup. Jadi ketika penderita baru didiagnosa menderita penyakit gula darah tersebut, dokter nantinya akan menyarankan penderita untuk melakukan perubahan gaya hidup. Perubahan gaya hidup yang dimaksud disini dapat meliputi penerapan pola makan sehat, pengendalian berat badan, olahraga dan juga termasuk menghindari pantangan penyakit diabetes.

Khusus untuk penerapan pola makan sehat nantinya akan berhubungan dengan pengendalian berat badan penderita, mengingat pengendalian berat badan akan lebih mudah untuk diupayakan ketika mengkonsumsi makanan, yang masuk dalam kategori makanan penderita diabetes. Hal ini nantinya akan dapat semakin mengoptimalkan upaya pengobatan diabet secara alami yang sedang dilakukan, sehingga penderita dapat terhindar dari bahaya penyakit diabetes melitus atau yang biasa disebut dengan komplikasi diabetes.

Sementara itu untuk olahraga, penderita dapat memilih senam diabetes yang gerakannya sudah disesuaikan dengan kondisi fisik penderita. Dengan demikian, hasil olahraga atau aktifitas fisik yang dilakukan bisa lebih maksimal, sehingga penderita tidak hanya dapat mengendalikan gula darahnya, tetapi juga dapat terhindar dari hipoglikemia.

Bapak Ibu

Pemberian Obat Hipoglikemik Oral (OHO)

Tahap pengobatan DM selanjutnya adalah dengan menggunakan obat hipoglikemik oral. Cara ini ditempuh ketika perubahan gaya hidup yang dilakukan oleh penderita ternyata belum mampu mengendalikan gula darahnya. Hal ini biasanya terjadi karena penderita gagal mengupayakan perubahan gaya hidup sesuai yang dianjurkan. Karenanya kemudian diberikan obat hipoglikemik oral dengan tujuan meningkatkan sekresi insulin, meski obat tersebut nantinya akan lebih sering digunakan untuk pengobatan diabetes melitus tipe 2.

Penggunaan obat DM oral memang nantinya dapat membantu meningkatkan sekresi insulin, baik pada penderita DM tipe 1 maupun tipe 2, sehingga kadar gula darah penderita dapat kembali mendekati normal. Meski demikian, penderita hendaknya juga mewaspadai dampak negatif dari penggunaan obat diabetes oral jenis tertentu yang ternyata dapat memicu kerusakan sel beta pankreas.

Pemberian Insulin Buatan

Tahap terakhir dari pengobatan DM adalah dengan memberikan insulin buatan. Cara ini ditempuh ketika kadar gula darah penderita tidak kunjung terkendali, meski telah diberi obat penurun gula darah. Hal ini hendaknya dipahami penderita sebagai salah satu bentuk pengobatan, bukan petunjuk bahwa penyakit yang diderita sudah semakin parah. Dengan pemahaman tersebut, maka diharapkan penderita dapat menjalani pengobatan dengan insulin secara rutin.

Incoming search terms:

  • tahap pemberian obat diabetes
  • tahap penyakit diabetes
  • tahapan pengobatan dm tipe 2
  • tahapan penyakit diabetes

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!