Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Seputar Diabetes

Begini Cara Tubuh Bereaksi Bila Gula Darah Naik

Masih banyak yang belum mengetahui betapa pentingnya memeriksakan gula darah. Padahal, dengan mengetahui kadar gula darah dalam tubuh, seseorang bisa melakukan tindakan pencegahan agar tidak terserang penyakit mematikan misalnya diabetes dan kolesterol. Terutama penyakit diabetes, yang dikenal sebagai Silent Killer dimana tandanya sulit untuk dideteksi dan akan diketahui setelah pemeriksaan dari dokter. Padahal, bila mengetahui tanda atau gejala gula darah yang naik, penyakit mematikan ini bisa dicegah.

Tubuh manusia memiliki cara untuk merespon setiap sistem metabolism tubuh yang mengalami masalah. Pada penyakit diabetes, gula darah naik menjadi indikasi bahwa terjadi lonjakan dari batas aman. Oleh sebab itu, deteksi dini kenaikan gula darah dengan mengenal tanda-tandanya.

Reaksi Tubuh Bila Gula Darah Mengalami Kenaikan

Di bawah ini tanda atau gejala yang akan dirasakan tubuh bila kadar gula dalam darah naik. Waspadai karena kemungkinan besar bila tidak segera diobati akan memicu penyakit diabetes.

1.    Cepat merasa lelah. Rasa lelah yang dimaksud adalah rasa lelah tanpa ada sebab. Biasanya rasa lelah muncul ketika telah melakukan suatu pekerjaan, tetapi bagi yang mengalami kenaikan gula darah setiap saat tubuhnya merasa lelah seperti kekurangan tenaga. Hal ini merupakan akibat dari glukosa yang gagal diproses menjadi energy. Jadi walaupun sudah makan tetap saja rasa lemas itu muncul.

Bapak Ibu

2.    Bolak balik ke toilet. Kenaikan gula darah membuat orang tidak bisa tidur nyenyak di malam hari karena rasa ingin buang air kecil terus menerus muncul. Ini adalah tanda yang paling mudah dideteksi sebagai gejala gula darah naik. Glukosa yang tadinya tidak bisa diproses kemudian menuju ginjal untuk dikeluarkan melalui saluran urine.

3.    Selalu merasa haus. Rasa haus ini adalah pengaruh dari tubuh yang kekurangan cairan. Bagi penderita gula darah tinggi, cairan tubuhnya banyak keluar melalui urine, selain itu glukosa yang bercampur dengan air liur bila terlalu banyak membuat tenggorokan cepat kering.

4.    Penglihatan kabur. Kadar gula darah tidak hanya mempengaruhi tubuh bagian bawah, matapun bisa terganggu. Salah satu sifat glukosa adalah mengalir mengikuti air. Bila di dalam mata kandungan airnya tercampur dengan glukosa maka akan mengganggu focus lensa mata.

5.    Kaki dan tangan kesemutan. Mengapa bisa timbul kram dan kesemutan di otot tangan dan kaki? Karena gula darah yang naik mempengaruhi sistem saraf manusia akibatnya komunikasi dengan otak pun terganggu.

Cara Menormalkan Kembali Gula Darah

Bila Anda sudah merasakan gejala di atas, sebaiknya langsung melakukan tindakan penyembuhan. Konsultasi ke dokter merupakan cara terbaik dan tentu saja aman. Nah, untuk pencegahan sedini mungkin, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini agar gula darah bisa kembali normal.

1.    Sarapan pagi dengan makanan bergizi. Anggapan yang salah bila penderita gula darah tinggi harus melewatkan sarapan. Padahal sarapan sangat penting sebagai sumber energy apalagi yang memiliki aktivitas padat. Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa orang yang melewatkan sarapan justru kemungkinan besar akan lebih banyak mengkonsumsi makanan manis karena pengaruh lapar. Dengan sarapan, Anda mencegah tubuh makan makanan berlebihan dan tidak sehat.

istirahat yang cukup2.    Istirahat yang cukup. Istirahat adalah obat dari segala macam penyakit, termasuk yang menderita gula darah tinggi. Istirahat membuat tubuh rileks dan dapat menghindari stres. Stres merupakan salah satu pemicu gula darah naik.

3.    Hentikan merokok dan minuman beralkohol. Rokok sudah jelas tidak baik bagi kesehatan, begitu pula minuman beralkohol. Kebiasaan ini tidak hanya bisa memicu penyaki diabetes, melainkan juga penyakit kronis lain seperti stroke dan hipertensi. Berhentilah merokok untuk kesehatan Anda.

Pengunjung juga mencari:

  • apa yang dirasakan bila gula darah tinggi
  • reaksi tubuh seperti apa bila gula darah tinggi
  • apa efek gula kita naik
  • apa reaksi tubuh jika gula darah tinggi
  • apa yg di rasakan pada para penderita gula darah
  • gula naik lelah
  • reaksi badan bila kadar gula tinggi
  • tanda gula dara naik

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!