Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Seputar Diabetes

Obat Sakit Diabetes Saja Belum Cukup untuk Bantu Cegah Komplikasi

Obat Sakit Diabetes – Penyakit diabetes merupakan penyakit yang selalu ditandai dengan adanya lonjakan gula darah. Lonjakan gula darah tersebut harus segera ditangani dengan baik. Biasanya akan digunakan obat sakit diabetes untuk menurunkan gula darah tersebut. Penggunaan obat sakit diabetes tersebut bertujuan untuk mencegah komplikasi. Namun ternyata penggunaan obat untuk sakit diabetes saja belum cukup untuk menjauhkan penderita dari komplikasi. Masih ada beberapa hal yang perlu diupayakan penderita untuk dapat benar-benar terbebas dari komplikasi diabetes. Berikut ini diantaranya.

Kontrol Gula Darah

Obat Sakit DiabetesKontrol gula darah merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan penderita diabetes. Hal ini dilakukan untuk mengetahui nilai gula darahnya, sekaligus mengetahui sejauh mana efektifitas obat untuk penyakit diabetes atau anti diabet yang digunakan. Kontrol gula darah tersebut dapat dilakukan dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat, meningkatkan aktifitas fisik dan menghentikan kebiasaan merokok. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, maka penderita akan lebih mudah mengendalikan gula darahnya. Dengan begitu, ia tidak akan terlalu bergantung pada obat anti diabetes. Hal ini tentunya akan dapat mengurangi efek samping obat tersebut.

Cek Tekanan Darah

Selain melakukan kontrol gula darah, penderita juga perlu memeriksa tekanan darahnya. Hal ini dilakukan guna mengetahui seberapa besar resiko penderita untuk terkena hipertensi, mengingat penderita diabetes memang lebih beresiko. Paling tidak, penderita harus berupaya menjaga tekanan darahnya agar tidak lebih dari angka 130/80 mmHg. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan jika kadar gula darah penderita juga terkendali, mengingat penyebab meningkatnya tekanan darah adalah lonjakan gula darah.

Kendalikan Kadar Kolesterol

Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa diabetes obat (obat diabetes) bukanlah satu-satunya cara mengatasi penyakit gula darah, sehingga nantinya penderita dapat terhindar dari komplikasi. Untuk mengurangi resiko komplikasi tersebut, penderita nantinya tidak hanya perlu mengendalikan gula darahnya, tetapi juga perlu mengendalikan kadar kolesterolnya. Hal ini dilakukan mengingat kadar kolesterol yang tidak terkendali merupakan salah satu pemicu gangguan kardiovaskuler. Usahakan kadar kolesterol berada di kisaran 160-200 mg/dl agar dapat terhindar dari gangguan kardiovaskuler tersebut.

Bapak Ibu

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Selain ketiga hal tersebut di atas, menjaga berat badan tetap ideal juga merupakan solusi diabetes, khususnya yang berhubungan dengan upaya mencegah komplikasi. Karenanya penderita tidak lantas enggan untuk melakukan olahraga ringan secara teratur dan menjaga pola makannya, mengingat kedua hal tersebut dapat membantu menjaga berat badannya tetap ideal. Dengan begitu, komplikasi akibat diabetes dapat dicegah dengan baik.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!