Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Seputar Diabetes

Tanda dan Gejala Penyakit Diabetes yang Sebaiknya Diketahui Sejak Dini

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat mengancam siapa saja, baik tua, muda, anak-anak maupun dewasa. Penyakit ini ditandai dengan naiknya kadar gula dalam darah yang menyebabkan tubuh kekurangan insulin. Padahal, insulin merupakan salah satu bagian dari pankreas yang berfungsi untuk mengolah gula menjadi sumber energi bagi tubuh. Jika insulin tidak berjumlah cukup, keseimbangan tubuh pun akan terganggu.

tanda diabetesMeskipun sudah banyak makan sekalipun, seseorang yang terkena diabetes akan tanpak lemas dan letih, karena ia tak memiliki energi guna melakukan aktivitas. Itulah sebabnya, diabetes cukup memabahayakan bagi tubuh, terlebih jika sudah mencapai tahap akut. Diabetes dapat menjadi penyakit kronis yang merajalela hingga ke jantung dan ginjal. Jika sudah parah seperti ini, penderita pun terancan terkena komplikasi.

Diabetes adalah penyakit keturunan dimana akan menyerang seseorang yang memiliki garis keturunan diabetes. Namun dewasa ini, makanan juga menjadi salah satu pemicu utama munculnya diabetes pada diri seseorang. Itulah sebabnya penderita yang telah dinyatakan positif terkena diabtes diwajibkan untuk Mengatasi Kencing Manis dan mengontrol gula darah agar penyakit diabetes dapat diminimalisir efeknya.

Gejala diabetes mellitus (diabetes tipe 1)

Diabetes mellitus merupakan salah satu dari jenis diabtees. Diabetes jenis ini dapat terjadi pada orang tua maupun anak-anak. Gejala penyakit ini antara lain.

Bapak Ibu

1.    Mudah lapar atau haus

Salah satu pertanda dari penyakit diabetes melitus adalah mudah lapar dan haus. Keadaan ini pun berlangsung terus menerus meskipun sudah makan sekalipun. Hal ini terjadi karena gula yang seharusnya diproduksi menjadi energi oleh tubuh tidak dapat diproses dengan baik sehingga tubuh pun lemas dan ingin makan terus menerus.

2.    Berat badan menyusut

Anehnya, meskipun sering makan dan minum lantaran mudah haus dan lapar, penderita diabetes justru mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan. Penyebabnya, tubuh tidak memperoleh energi dari makanan yang masuk, alhasil lemak pun turut diproses oleh tubuh. Lemak yang seharusnya hanya menjadi cadangan saja, terpaksa harus diambil oleh tubuh untuk sumber aktivitas. Inilah yang menyebabkan berat badan terus menerus turun.

3.    Sering kencing

Frekuensi kencing yang lebih sering dari biasanya juga bisa diwaspadai sebagai gejala dari diabetes. Ginjal akan lebih sering mengeluarkan urin lantaran ginjal penuh oleh glukosa yang terjebak dan tak bisa diproses.

4.    Mudah letih dan tidak memiliki energi

Tubuh penderita diabetes tidak berfungsi optimal dalam menghasilkan energi. Padahal, energy sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas harian. Oleh karena itu, mudah lelah dan letih menjadi slah satu gejala diabetes karena tubuh tidak mendapatkan energi. Jadi meskipun tak melakukan aktivitas berat sekalipun, penderita tetap merasakan keletihan yang luar biasa.

Gejala diabetes tipe 2

Untuk diabetes tipe 2 atau diabetes tahap lanjut hanya terjadi pada orang dewasa saja. Ciri-cirinya antara lain.

1.    Sering merasa kesemutan

Kesemutan merupakan salah satu pertanda dari penyakit diabtes tipe kedua. Kesemutan ini diakibatkan kurang lancarnya peredaran darah di ujung syaraf sehingga tubuh tak mendapatkan aliran  darah. Fungsi tubuh yang mulai berkuranglah yang menyebabkan hal ini terjadi.

2.    Luka yang sulit sembuh

Akibat peredaran darah yang kurang lancar, tubuh pun mengalami sulit sembuh jika terjadi luka pada tubuh. Penderita diabetes pun sering tak merasakan sakit ketika terjadi luka pada tubuhnya.

Pengunjung juga mencari:

  • tanda2 diabetes yg mudah di ketaui

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!