Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Seputar Diabetes

Tidur, Obat Diabetes Yang Manjur Turunkan Gula Darah

Obat Diabetes yang Manjur – Jika berbicara mengenai obat diabetes yang manjur, apa yang ada dalam benak anda? Sebagian besar dari anda pasti akan menunjuk beberapa bentuk obat diabetes yang manjur yang biasanya diresepkan dokter. Obat sakit diabetes yang manjur tersebut meliputi obat hipolikemik oral (OHO) dan insulin buatan. Keduanya memang terbukti efektif dalam hal menurunkan gula darah. Namun ternyata keduanya belum mampu menuntaskan permasalahan diabetes, sehingga lebih cenderung menyebabkan ketergantungan. Guna menghindari efek ketergantungan yang ditimbulkan, tidur bisa jadi salah satu obat untuk penyakit diabetes yang manjur turunkan gula darah tanpa efek samping. Berikut ini alasannya.

Tidur Dapat Mencegah Stres

Obat Diabetes Yang ManjurSeperti yang telah dikemukakan di awal tadi bahwa cara mengatasi diabetes melitus tidak harus selalu menggunakan obat, meski terapi diabetes melitus atau pengobatan kencing manis memang perlu diupayakan. Hal ini berhubungan efek samping obat yang seringkali tidak dapat ditoleransi dengan baik oleh penderita. Karenanya pengobatan yang dilakukan harus diimbangi cara lain, sehingga penderita tidak selalu harus bergantung pada pengobatan yang ada.

Salah cara mengatasi diabetes selain dengan menggunakan anti diabetes adalah dengan tidur cukup. Tidur cukup terbukti dapat mengurangi resistensi insulin di dalam tubuh, sehingga proses metabolisme tetap dapat berjalan dengan baik. Hal ini tentunya akan dapat menjaga kestabilan gula darah penderita.

Berkurangnya resistensi insulin dalam tubuh sendiri berkaitan dengan stres. Sementara stres akan lebih cenderung dialami oleh penderita yang kurang tidur. Karenanya sangat penting bagi penderita untuk dapat mengatur kembali jadwal tidurnya, agar jangan sampai kurang dari yang dianjurkan. Hal ini nantinya tidak akan membantu mengurangi resiko stres, tetapi juga membantu mengendalikan gula darah penderita.

Bapak Ibu

Tidur Membantu Menjaga Fungsi Tubuh

Selain membantu mencegah stres, tidur cukup ternyata dapat menjaga fungsi tubuh. hal terjadi karena ketika tidur, tubuh akan berada dalam kondisi rileks, sehingga ketika saatnya bangun nanti tubuh akan kembali segar. Berbeda halnya dengan ketika seseorang kehilangan waktu tidurnya. Tubuhnya justru akan semakin letih. Hal ini tentunya akan mengganggu fungsi tubuh lainnya. Salah satu fungsi tubuh yang nantinya dapat mengalami gangguan akibat waktu tidur yang kurang tersebut adalah sensitifitas sel terhadap insulin.

Dengan berkurangnya sensitifitas sel terhadap insulin, maka kerja insulin akan terganggu. Ia tidak lagi mampu bekerja optimal dalam hal membantu penyerapan nutrisi ke dalam sel. Akibatnya nutrisi (glukosa) tersebut akan tetap berada dalam aliran darah dan memicu terjadinya lonjakan darah. Kondisi inilah yang sebaiknya dicegah. Apalagi jika untuk mencegahnya bahkan tidak memerlukan obat untuk penyakit diabetes. Lebih mudah dan terjangkau, bukan?

Incoming search terms:

  • apa kurang tidur bisa jadi diabetes

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!