Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Seputar Diabetes

Waspadai 5 Efek Samping Obat Kencing Manis Kering

Obat Kencing Manis KeringObat anti diabetes melitus atau obat kencing manis kering merupakan salah satu bentuk pengobatan medis yang digunakan untuk membantu mengatasi diabetes melitus. Khasiatnya memang terbukti efektif dalam hal menurunkan gula darah penderita. Namun hendaknya penderita juga menyadari akan efek samping obat kencing manis kering tersebut. Hal ini untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan lainnya akibat efek samping obat yang digunakan. Berikut ini beberapa efek samping yang perlu diwaspadai penderita.

Hipoglikemia

Obat Kencing Manis KeringHipoglikemia atau gula darah yang terlalu rendah merupakan efek samping obat untuk kencing manis kering yang paling sering dialami penderita. Gejalanya dapat berupa mual, pandangan kabur, keluar keringat dingin dan sebagainya. Beberapa gejala hipoglikemia tersebut hendaknya dikenali dengan baik oleh penderita, sehingga ketika gejala tersebut benar-benar muncul penderita dapat segera memperoleh pertolongan medis. Selain mengenali gejala hipoglikemia, penderita juga hendaknya mengetahui beberapa hal yang dapat memicu timbulnya hipoglikemia tersebut. Salah satunya berkaitan dengan dosis obat untuk kencing manis kering yang digunakan serta perlu atau tidaknya penderita untuk mengkonsumsi makanan terlebih dulu sebelum menggunakan obat tersebut. Hal ini perlu dipahami dengan baik guna mengurangi resiko hipoglikemia. Jika perlu, tanyakan pada dokter yang menangani mengenai hal tersebut.

Diare

Selain hipoglikemia, diare juga dapat dialami penderita setelah menggunakan obat diabetes jenis tertentu. Hal ini memang dianggap wajar secara medis. Namun jika diare terjadi terus menerus, penderita hendaknya segera berkonsultasi dengan dokter yang menangani mengenai kemungkinan pengurangan dosis obat atau bahkan penggantian obat yang memicu diare tersebut.

Disfungsi Jantung

Efek samping obat diabetes oral yang paling ditakutkan adalah disfungsi jantung. Karenanya sebelum menggunakan obat diabetes jenis apapun, penderita hendaknya menanyakan mengenai efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh obat yang digunakan. Dengan begitu, penderita dapat mengurangi resiko komplikasi berupa disfungsi jantung sekaligus komplikasi lainnya seperti retinopati diabetika. Sementara itu, untuk menjaga fungsi jantung dan organ vital lainnya secara alami, penderita dapat mengupayakannya dengan mengkonsumsi makanan sehat penderita diabetes. Makanan tersebut dapat meliputi sayuran hijau, buah-buahan, serealia dan kacang-kacangan. Jadi pastikan salah satu atau beberapa jenis makanan yang disebutkan tersebut ada dalam menu harian penderita.

Bapak Ibu

Berat Badan Naik

Efek samping obat diabetes yang juga perlu diwaspadai adalah peningkatan berat badan. Ketika peningkatan berat badan terjadi, maka ia dapat mempengaruhi fungsi tubuh secara keseluruhan, khususnya fungsi hormon. Karenanya untuk membantu mengurangi efek samping obat diabetes yang berupa peningkatan berat badan tersebut, penderita hendaknya mulai membiasakan diri untuk berolahraga dan mengkonsumsi makanan diabet. Kedua cara ini terbukti dapat mengendalikan berat badan dengan baik tanpa mempengaruhi fungsi tubuh.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!