Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Tipe

Jenis jenis Penyakit Diabetes yang Sering Tidak Diketahui

Mayoritas orang belum mengetahui jenis jenis penyakit diabetes. Mereka hanya mengetahui bahwa penyakit diabetes melitus hanya ada satu macam jenis saja.

Namun sebenarnya, penyakit DM sendiri terdiri dari berbagai macam jenis jika dilihat dari penyebabnya. Mengetahui apa saja macam penyakit DM sangatlah penting.

Karena dengan mengetahui apa saja jenis jenis penyakit diabetes menurut penyebabnya, maka anda akan mengetahui bagaimana cara paling efektif untuk mencegah maupun mengatasi penyakit tersebut.

Masih belum jelas mengenai apa saja jenis jenis penyakit diabetes? Pelajari hal tersebut di sini. Pastikan anda memahami masing-masing jenis penyakit DM sebelum mulai mencegah atau mengatasinya.

Bapak Ibu

Jenis jenis Penyakit Diabetes Menurut Faktor Penyebabnya

Jika dilihat dari faktor penyebabnya, penyakit diabetes melitus sendiri dibagi menjadi 4 macam. Masing-masing jenis penyakit DM memiliki cara yang berbeda untuk mencegah maupun mengatasi.

Berikut adalah jenis jenis penyakit diabetes melitus menurut faktor penyebabnya tersebut:

  • Diabetes melitus tipe 1

Jenis penyakit diabetes melitus yang pertama adalah penyakit DM tipe 1. Diabetes melitus jenis ini muncul karena disebabkan kerusakan pada organ pankreas.

Jenis jenis Penyakit DiabetesKarena organ pankreas mengalami kerusakan, maka hormon insulin tidak dapat diproduksi. Karena tidak adanya hormon insulin, maka glukosapun tidak dapat disalurkan ke seluruh tubuh. Akhirnya glukosa menumpuk di dalam darah.

Penderita penyakit diabetes melitus tipe 1 ini sangat membutuhkan suntikan insulin.

Selain itu, penderita DM tipe 1 juga sangat rawan mengalami gejala hipoglikemia. Oleh sebab itu, penderita DM tipe 1 tidak bisa melakukan olahraga sembarangan. Mereka harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga.

  • Diabetes melitus tipe 2

Penyakit DM yang paling banyak diderita sebenarnya adalah penyakit DM tipe 2. Karena penyakit ini disebabkan dari gaya hidup manusia jaman sekarang.

Kurangnya olahraga dan juga terus menerus memakan makanan yang mengandung lemak adalah penyebab utama kemunculan penyakit ini.

Sebenarnya jika penderita penyakit DM tipe 2 bisa mendisiplinkan diri, mereka masih memiliki kesempatan untuk terbebas dari penyakit tersebut. Karena sebenarnya dari semua jenis penyakit DM, DM tipe 2 ini adalah yang paling mudah untuk diatasi.

  • Diabetes melitus gestasional

Wanita hamil juga beresiko menderita penyakit diabetes melitus. Semua dikarenakan di dalam tubuh seorang wanita hamil terdapat cukup banyak lemak.

Namun demikian, penyakit diabetes melitus jenis ini jarang sekali muncul. Selain itu, diabetes melitus tipe ini juga sangat mudah diatasi. Biasanya penderita bisa mengatasi penyakit ini dengan mudah setelah melewati masa persalinan.

  • Diabetes melitus sekunder

Selain penyakit diabetes melitus tipe 1, penyakit diabetes melitus sekunder juga merupakan jenis diabetes melitus yang berbahaya. Karena penyakit ini biasanya muncul dikarenakan adanya penyakit lain.

Inilah jenis penyakit diabetes melitus yang biasanya menyebabkan masalah komplikasi penyakit. Selain itu, penyakit ini juga sering muncul tanpa memperlihatkan gejala apapun.

Itulah jenis jenis penyakit diabetes yang masih sering tidak diketahui. Mulai sekarang, jagalah kesehatan anda. Karena dengan menjaga kesehatan anda bisa terbebas dari berbagai macam jenis penyakit diabetes melitus tersebut.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!