Terapi Terbaik untuk Mengatasi Diabetes Melitus

6 Jenis Makanan Untuk Menurunkan Gula Darah

Makanan penurun kadar gula darah dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya meskipun nantinya kadar gula darah yang benar-benar stabil akan sangat susah sekali diperoleh. Hal ini mengingat tidak adanya lagi yang bertugas mengontrol masuknya gula ke dalam tubuh.

Terkait dengan hal tersebut, perlu diketahui bahwa penderita kencing manis mengalami gangguan produksi insulin dan/atau gangguan fungsi insulin. Kedua akar diabetes inilah yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah penderita. Hal ini karena dengan terjadinya gangguan produksi insulin, maka jumlah insulin yang dapat dihasilkan menjadi berkurang jumlahnya. Sementara itu, gangguan fungsi insulin menyebabkan tidak optimalnya kerja insulin dalam hal mengontrol setiap gula yang masuk.

Kedua hal tersebut di atas merupakan alasan kuat mengapa kemudian penderita kencing manis harus mempertimbangkan konsumsi makanan makanan penurun diabetes untuk menurunkan gula darahnya yang meningkat. Seperti yang telah disinggung di awal tadi bahwa tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya. Selain itu dengan mengkonsumsi makanan makanan untuk menurunkan gula darah, lonjakan kadar gula darah dapat dicegah semaksimal mungkin sehingga juga akan berdampak pada resiko munculnya komplikasi akibat diabetes. Lalu apa saja jenis makanan yang dapat membantu menurunkan gula darah?

Buah

alpukat salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita diabetesBuah kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, buah juga kaya akan serat. Serat yang terkandung dalam buah ini nantinya akan sangat bermanfaat dalam hal menstabilkan kadar gula darah. Dengan adanya serat yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang cukup, maka pelepasan glukosa ke dalam aliran darah pada saat proses pencernaan makanan akan dapat dicegah dengan baik. Dengan begitu, tidak akan terjadi lonjakan gula darah yang sangat drastis.

Bapak Ibu

Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua buah dapat dikonsumsi oleh penderita kencing manis. Hal ini mengingat kandungan gula pada jenis buah tertentu sangat tinggi, seperti halnya pada pisang, durian, sirsak, nangka dan mangga. Berbeda halnya dengan pir, apel, jeruk dan alpukat yang kandungan gulanya berbentuk fruktosa. Fruktosa atau gula buah tentu saja berbeda dengan glukosa karena fruktosa tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah ketika masuk ke dalam tubuh. inilah alasan mengapa kemudian pir, apel, jeruk dan alpukat dianggap sebagai buah penurun gula darah.

Klik Di Sini untuk Memiliki gula darah yang normal dan stabil Sekarang Juga

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang masuk ke dalam daftar makanan untuk menurunkan kadar gula darah. Seperti halnya sayuran hijau lain, brokoli mengandung lutein, semacam karotenoid yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama dalam hal menurunkan kadar gula darah. Selain itu, serat yang terkandung dalam brokoli juga terbukti mampu menjaga kestabilan kadar gula darah penderita sehingga lonjakan kadar gula darah dapat dicegah semaksimal mungkin. Karenanya anda mungkin perlu mempertimbangkan konsumsi rutin brokoli untuk menurunkan kadar gula darah anda yang meningkat.

Wortel

Wortel juga termasuk sayuran yang dapat dikategorikan sebagai makanan untuk menurunkan gula darah. Selain kandungan nutrisinya yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, wortel juga mengandung serat dan air. Air sangat diperlukan bagi tubuh penderita kencing manis mengingat meningkatnya intenistas buang air kecil nantinya akan menyebabkan dehidrasi. Sementara itu, penglihatan penderita juga akan mengalami masalah sehingga konsumsi wortel sangat dianjurkan untuk membantu memperbaiki penglihatan penderita tersebut.

Sementara itu, kandungan serat dalam wortel dapat membantu menstabilkan kadar gula darah penderita dengan terlebih dahulu menghambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah.

Labu Pahit (Karela)

karela ternyata juga termasuk makanan yang dapat menurunkan gula darahLabu pahit atau yang juga dikenal dengan nama karela ternyata juga termasuk makanan yang dapat menurunkan gula darah. Namun perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi labu pahit ini ketika anda dibawah pengaruh obat penurun gula darah. Hal ini karena konsumsi keduanya secara bersamaan akan dapat menyebabkan timbulnya reaksi hipoglikemia.

Hipoglikemia merupakan suatu kondisi dimana kadar gula darah penderita menurun dengan sangat drastis. Kondisi ini jika tidak segera ditangani dengan baik akan dapat menyebabkan koma diabetik meskipun hanya beberapa jam saja.

Bayam

Seperti halnya brokoli, bayam juga merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat baik manfaatnya bagi kesehatan. Karena itulah bayam juga termasuk ke dalam jenis makanan untuk menurunkan gula darah. Hal ini tentu saja karena kandungan nutrisinya yang cukup, lutein dan juga serat. Ketiganya kemudian berkolaborasi dalam hal menstabilkan kadar gula darah penderita sehingga lonjakan kadar gula darah dapat diminimalisir.

Mengkudu Juga Dapat Menurunkan Gula Darah

Siapa tidak kenal dengan buah yang satu ini? Seperti halnya di Indonesia, masyarakat asing juga mengenal mengkudu namun dengan nama yang berbeda. Di Tahiti, mengkudu lebih dikenal dengan sebutan Noni dan sudah sejak ratusan tahun yang lalu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk membantu menurunkan kadar gula darah mereka.

Berdasarkan khasiat ini, sebuah penelitian yang melibatkan dokter dan juga pasien penderita berbagai jenis penyakit, dilakukan guna membuktikan khasiat tersebut. Hasilnya memang terbukti mengkudu Tahiti ini dapat menurunkan kadar gula darah. Yang paling penting adalah ketika ditemukannya kandungan zat Iridoid dan 230 senyawa lainnya dalam mengkudu tersebut. Namun perlu diingat bahwa zat dan ratusan senyawa tersebut hanya ada pada Mengkudu jenis terbaik ini.

Dengan menggunakan buah mengkudu Tahiti sebagai komposisinya, Tahitian Noni kemudian hadir sebagai sebuah produk kesehatan yang telah terbukti secara klinis konsumsinya secara rutin sangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk masalah kencing manis, jus buah Noni ini pun mampu mengatasi akar penyebab kencing manis dengan mengoptimalkan kembali kerja pankreas dan juga meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin.

KLIK DI SINI untuk mengalahkan diabetes Anda Sekarang

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>