Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Tips DM

Menu Sehat Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

lagi berpuasaSetiap orang pasti menginginkan bisa beribadah maksimal di bulan puasa ini bukan? Tak terkecuali bagi penderita diabetes, mereka pun ingin bisa menjalankan ibadah puasa dengan aman dan lancar. Sayangnya, banyak anggapan yang menyatakan bahwa puasa bagi penderita diabetes cukup berbahaya sehingga menimbulkan kebingungan bagi penderita apakah ia benar-benar diperbolehkan berpuasa atau tidak.

Pada dasarnya, penderita diabetes diperbolehkan untuk tetap berpuasa asalkan atas ijin dari dokter yang sebelumnya telah melakukan pemeriksaan. Jika penderita dinyatakan aman, maka tak ada masalah jika ia tetap ingin menjalankan puasa.

Makanan harus diperhatikan oleh penderita diabetes saat puasa

Menu makanan menjadi perhatian khusus bagi penderita diabetes, ia tak diperbolehkan sembarangan mengkonsumsi makanan saat buka dan sahur seperti kebanyakan orang. Dalam hal ini, diet sehat perlu dilakukan dengan mempertimbangkan menu-menu yang sekiranya tidak membahayakan penderita.

Makanan manis dan berpengawet menjadi pantangan terbesar bagi penderita karena makanan ini menjadi pemicu utama naiknya kadar gula dalam darah. Jika kadar gula tak terkontrol, maka ibadah puasa terpaksa harus segera dihentikan.

Bapak Ibu

Apa saja menu makanan sehat untuk sahur dan buka bagi penderita diabetes?

Seperti yang telah diungkap diatas, bahwa makanan harus diperhatikan oleh penderita sehingga saat sahur dan buka pun penderita diabetes harus mengkonsumsi makanan sehat agar aman berpuasa.

Inilah menu makanan sehat untuk sahur dan buka yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1.    Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu menu buka puasa dan sahur yang cukup tepat bagi penderita diabetes. Oatmeal tidak mengandung gula yang bisa menyebabkan naiknya gula darah. Tak hanya itu, oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung si penderita.

Oatmeal banyak mengandung magnesium yang berguna untuk mempecepat sekresi insulin dan membantu mengolah glukosa. Untuk kesehatan yang lebih baik lagi, penderita dapat memilih steel cuts oats karena mengalami pemrosesan pabik yang minimal.

2.    Cokelat hitam

Selain oatmeal, makanan yang bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes saat buka dan sahur adalah cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung gula yang rendah dan flavonoid yang dapat mempercepat pengolahan glukosa dan mencegah keinginan makan lebih besar.

Cokelat hitam ini baik dimakan sebagai camilan pengganti makanan manis saat berbuka yang berguna mengembalikan stamina tubuh. Bedanya, kadar gula di dalam coklat ini tak membahayakan penderita.

3.    Ikan laut

Rupanya ikan laut yang mengandung omega 3 serta asam lemak juga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ikan dapat dimasak sedemikian rupa sebagai hidangan buka maupun sahur.
Omega 3 yang terdapat pada ikan dapat menetralkan kadar gula dalam darah serta mencegah timbulnya penyakit komplikasi.

4.    Brokoli

Brokoli juga dapat dijadiakn menu sayuran untuk melengkapi sahur dan buka bagi penderita. Senyawa sulforaphane pada brokoli berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah meningkatkan mekanisme detoksifikasi dalam tubuh, serta mencegah penyakit kanker. Selain itu, brokoli / obat diabet herbal juga memiliki zat kromium yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

5.    Ubi

Umbi-umbian seperti ubi dan singkong juga bisa disantap menjadi sajian buka dan sahur untuk penderita diabetes. Kolak ubi minim gula atau campuran kue ubi bisa dijadikan santapan istimewa. Ubi tak mengandung gula sehingga aman bagi penderita. Ubi justru memiliki efek kenyang sehingga dapat menekan keinginan untuk makan dalam jumlah yang berlebihan.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!