Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Tips DM

Tips Agar tetap Lancar Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit dimana terjadi peningkatan kadar gula dalam darah, penyakit ini termasuk penyakit berbahaya dan tidak dapat disembuhkan. Alternatif penyembuhannya hanya bisa dilakukan dengan terus menerus mengkonsumsi obat herbal penyakit gula kering atau suntik insulin. Dan apabila telah kronis, penyakit ini pun bisa mengakibatkan munculnya penyakit berbahaya lain seperti jantung, gagal ginjal, atau bahkan komplikasi.

Meskipun demikian, banyak penderita diabetes yang ingin tetap berpuasa di bulan Ramadhan ini. Banyak pakar yang mengatakan bahwa diabetes bukan penghalang untuk berpuasa, namun juga tak bisa dibiarkan begitu saja. Pasien diabetes pun perlu perhatian khusus jika tetap ingin menjalankan puasa di Bulan Ramdhan.

Makanan Harus Diperhatikan oleh Penderita Saat Berpuasa

no-junk-foodMakanan menjadi salah satu elemen yang cukup berdampak pada penderita diabetes. Selain keturunan, diabetes bisa juga dipengaruhi oleh faktor makanan, jadi salah satu cara untuk tetap aman saat puasa adalah dengan memperhatikan menu makanan serta jumlah makanan yang masuk pada penderita.

Penderita diabetes tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi makanan manis, berpengawet serta bersoda. Makanan yang manis dapat memicu naiknya kadar gula dalam darah yang berbahaya bagi penderita. Begitu pula dengan soda dan makanan pengawet yang tak berdampak baik bagi penderita diabetes.

Bapak Ibu

Oleh karena itu, faktor makanan harus diperhatikan betul. Salah satu caranya adalah dengan mengganti makanan manis saat berbuka dengan buah-buahan atau sayuran segar. Makanan kaya karrbohidrat saat sahur pun juga sebaiknya diganti dengan makanan berprotein tinggi rendah lemak.

Cara Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Selain menjaga pola makan, terdapat juga beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh penderita diabetes agar tetap aman menjalakan ibadah puasa.

1.    Cek kesehatan terlebih dahulu

Sebelum Anda memutuskan untuk berpuasa, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan untuk mengetahui apakah kondisi Anda memungkinkan untuk berpuasa. Cek kadar gula dalam darah perlu dilakukan saat ini untuk mengetahui berapa kadar gula dalam darah periode terakhir.
Pastikan dalam 3 bulan terakhir ini kadar gula dalam darah Anda aman agar Anda bisa tenang berpuasa tanpa takut dan was-was. Dokter pun akan memberikan saran mengenai hal ini.

2.    Mengatur asupan kalori

Anda pun harus bisa mengatur asupan kalori yang masuk ke tubuh selama berpuasa. Yang terpenting adalah jumlah kalori yang masuk tidak kurang dan tidak berlebihan. Diet ketat dan seimbang sepertinya perlu Anda lakukan dengan mengatur menu sahur dan berbuka sedemikian rupa.

3.    Memperbanyak serat

Serat akan membantu Anda mencegah naiknya gula dalam darah karena rendahnya kadar glukosa yang terdapat pada buah-buahan. Konsumsi buah dan sayuran segar serta air putih saat sahur dan buka akan membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar selama puasa.

4.    Melakukan terapi insulin

Anda yang diwajibkan oleh dokter untuk terapi insulin pun masih bisa tetap berpuasa. Atur penyuntikan insulin sedemikian rupa agar tak mengganggu puasa. Anda bisa menyuntikkan insulin pada waktu sahur dan berbuka puasa.

5.    Sering mengecek kadar gula dalam darah

Anda pun harus mengecek kadar gula dalam darah lebih sering dari biasanya agar Anda dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh. Pakailah alat khusus untuk mengukur kadar gula agar Anda tak kerepotan bolak balik laboratorium untuk mengecek kadar gula dalam darah.

Pengunjung juga mencari:

  • tips bagi penderita diabetes millitus yang ingin berpuasa

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

error: Content is protected !!